270 views | 0 Likes

Perkebunan Teh Wonosari : Wisata Agro Berhawa Sejuk di Lereng Gunung Arjuno

5 star (from 1 people)
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 02 April 2019, 14:20:29
illaariyanti
Sightseeing

Kebun Teh Wonosari ini adalah wisata agro yang terletak di Lereng Gunung Arjuno, udaranya yang sejuk khas pegunungan serta luasnya hamparan perkebunan teh yang hijau dapat memanjakan mata siapa saja yang melihatnya.

How to Get There

Wisata Agro Kebun Teh Wonosari ini merupakan salah satu tempat wisata yang yang berlokasi di Kabupaten Malang, sekitar 20 Km dari Kota Malang. Alamatnya di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari dan berada di lereng Gunung Arjuno.

Untuk menuju ke Kebun Teh Wonosari, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi, angkutan umum maupun travel bagi yang berasal dari luar kota. Jika menggunakan kendaraan pribadi dari arah Surabaya sekitar 80 Km atau kurang lebih 2 jam perjalanan. Dan jika menggunakan angkutan umum, dari arah Terminal Arjosari Malang naik angkutan LA (Lawang-Arjosari) menuju arah surabaya, turun di depan Pasar Lawang dan dilanjutkan naik angkutan SLKW (Sumber Porong-Lawang-Ketindan-Wonosari) yang khusus menuju Kebun Teh Wonosari. Selain itu, bila beramai-ramai/rombongan bisa juga sewa kendaraan umum di pasar lawang agar lebih hemat.

Jalan menuju Kebun Teh Wonosari cukup menanjak dan berkelok-kelok karena merupakan dataran tinggi, dengan pemandangan yang indah, sejuk dan hijau membuat perjalanan semakin mengasyikan dan tidak terasa membosankan. 

What to Do

Setelah sampai di Kebun Teh Wonosari, wisatawan harus membayar tiket masuk Rp 8.000/orang saat weekday dan Rp 12.000/orang saat weekend. Buka setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 07.00-17.00

Agrowisata Kebun Teh Wonosari ini dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII). Perkebunan ini memiliki sejarah yang panjang, awalnya perkebunan ini dibangun pada masa kolonial Belanda sekitar tahun 1910 dan merupakan kebun teh pertama di Jawa Timur, setelah terbebas dari penjajahan Belanda, kebun teh ini diambil alih oleh PTPN XII.

Foto Taman Depan Kebun Teh Wonosari

perkebunan teh wonosari

perkebunan teh wonosari

Didepan pintu masuk tempat wisata, juga terdapat pabrik teh yang memproduksi teh dengan merk Rollaas. Hal yang menarik disini yaitu pengunjung bisa melihat langsung proses pembuatan bubuk teh dan mendapat informasi tentang penanaman, perawatan, memanen teh serta memproduksi teh hingga siap konsumsi.

Foto Pabrik Teh Wonosari

perkebunan teh wonosariperkebunan teh wonosari

Begitu masuk di area perkebunan, pengunjung akan di suguhkan indahnya hamparan perkebunan teh yang luas, hijau dan sejuk, dengan luas sekitar 1100 hektar dan ketinggian 1000 mdpl di kawasan lereng Gunung Arjuno

Foto Perkebunan Teh Wonosari

perkebunan teh wonosari

perkebunan teh wonosari
perkebunan teh wonosari

Banyak wahana yang disediakan oleh Kebun Teh Wonosari seperti playground, wall climbing, flying fox, kolam renang hangat, sepeda air dan masih banyak lagi yang lainnya. Bagi yang membawa anak-anak, sarana permainan ini sangat cocok untuk edukasi dan hiburan.

Foto Wall Climbing                                                                            Foto Play Ground

perkebunan teh wonosari  perkebunan teh wonosari

Selain itu, ada juga wahana wisata baru yang masih dalam satu kawasan Kebun Teh Wonosari ini yaitu Bukit Kuneer. Tempat ini selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, khususnya buat yang suka berfoto kekinian dengan spot alam yang mempesona.

Foto Bukit Kuneer
perkebunan teh wonosari

Setelah berjalan mengelilingi kebun teh yang luas, pastinya pengunjung merasa lapar dan haus. Tapi tenang saja, ada banyak restoran dan warung-warung penjual makanan dan minuman lezat di sini seperti Tea House dan Joglo Kuliner, tentunya dengan harga yang terjangkau.

Foto Joglo Kuliner

perkebunan teh wonosari

 

Foto Tea Houseperkebunan teh wonosariperkebunan teh wonosari

Di Agrowisata Kebun Teh Wonosari ini juga menyediakan fasilitas seperti swalayan atau mini market. Bagi yang ingin membeli berbagai oleh-oleh khas Malang dan souvenir semuanya ada di sini. Selain itu, ada juga Rollaas Mart yang menjual berbagai macam minuman teh, kopi dan coklat dengan merk Rollaas. Di sekitar area wisata juga disediakan fasilitas masjid dan toilet yang bersih dan nyaman.

Foto Mini Market

perkebunan teh wonosari

 

Foto Rollaas Mart

perkebunan teh wonosari

 

Foto Masjid An-Nur

perkebunan teh wonosari




 

 

 

 

Tips and Trick

1. Jagalah kebersihan tempat wisata, buanglah sampah di tempat yang telah disediakan

2. Gunakan alas kaki yang nyaman, agar kaki tidak sakit dan capek saat berjalan mengelilingi area wisata

3. Bawa peralatan foto seperti kamera, tripod atau tongsis

4. Datang pagi hari, karena udara masih sangat segar dan sejuk

 

Where to Stay

Bagi pengunjung yang ingin menginap tidak perlu bingung dan khawatir, karena ada banyak sekali penginapan di sekitar Kebun Teh Wonosari seperti hotel, villa dan homestay dengan fasilitas bagus dan harga yang dapat disesuaikan dengan budget kita. Hotel yang paling dekat dan masih dalam area Kebun Teh Wonosari yaitu Rollaas Hotel and Resort. Homestay yang masih berada di area kebun teh juga beraneka ragam, seperti Coffe Cottage, Camelia Cottage, Kakao Cottage, Tea Cottage dan masih banyak lagi lainnya.

Gallery (16)

Comments (0)