120 views | 1 Likes

Air Terjun Mananggar, Niagara Borneo Ada Disini!

3 star (from 1 people)
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 02 April 2019, 13:32:10
redjo
Tourist

keindaha air terjun mananggar ini membuat saya kagum....

How to Get There

Kalimantan Barat memang selalu bikin aku jatuh hati kalau kesana. Tempatnya yang masih alami dan banyak sekali tempat wisata selalu bikin aku betah sih. Yah meskipiun untuk menuju ke lokasi wisata bisa dibilang nggak ada yang mudah, tapi aku ketagihan lo explore Borneo ini. 

kali ini aku ada di Kalimantan Barat, tepatnya ada di kawasan Sungai Landak, Kecamatan Air Besar, Pontianak. Banyak wisata yang bisa dikunjungi di kawasan ini salahsatunya adalah Air Terjun Mananggar. Bentuk air terjunnya yang unik menjadikan aku dan team penasaran dan langsung pengen dateng ke lokasi. 

Kami menempuh perjalanan darat dan perahu dengan waktu tempuh sekitar 6 jam perjalanan dari Kota Pontianak. Lokasi Air Terjun Mananggar berada di hulu Sungai Landak. Sengaja berangkat dari pagi buta biar nggak panas panas banget cuacanya pas udah nyampe di lokasi wisata Air Terjun Mananggar. 

air terjun mananggar

Perjalanan yang membutuhkan waktu lama memang cukup membosankan, tetapi kalau kalian datang menggunakan roda 4, tentunya bisa tidur di jalan ya hehe. Buat kalian yang dateng dengan menggunakan kendaraan roda 2 tenang, kalian bisa menikmati keidahan sepanjang jalan menuju Air Terjun Mananggar ini kok. 

What to Do

Finally sampai juga di Air Terjun Mananggar. Ets, kalau kalian pernah denger sebutan Air Terjun Melanggar, Air Terjun Menanggar, atau Air Terjun Bananggar, itu semua sama ya. Air Terjun Mananggar memang memiliki banyak sekali sebutan yang mirip mirip gitu, tapi sebutan Niagara Borneo tetep jadi sebutan terkeren sih. 

Iya, banyak orang yang menyebut Air Terjun Mananggar sebagai Niagara Borneo. Hal itu dikarenakan Air Terjun Mananggar memiliki kemiripan dengan Niagara Waterfalls. Bentuknya yang lebar menjadikan Air Terjun Mananggar ini cantik dipandang. Air Terjun Mananggar memiliki tinggi sekitar 60 meter dan lebar kurang lebih 60 meter juga.

air terjun mananggar

air terjun mananggar

Ada 2 pilihan nih buat kalain yang dateng ke Air Terjun Mananggar. Pengunjung bisa menikmati cantiknya Air Terjun Mananggar daari 2 sisi, yakni dari atas dan dari bawah atau dari dasar air terjun. Kalau kalian pengen menikmati pemandangan dari bawah, tentu perjuangannya harus semakin ekstra ya. Jalanan menuju ke dasar air terjun masih tertutup semak belukar. Cocok banget nih buat traveler yang suka tantangan kayak aku, kalian wajib coba turun ke dasar air terjun! Jalanan yang dilalui memang nggak mudah.

Jalanan yang panjang, berliku, dan berbagai halangan harus dilalui haha. Tapi kalau kalian udah nyampe dasar air terjun, pegelnya bakal ilang deh. Pengunjung bisa menikmati pemandangan yang lebih indah kalo udah nyampe dibawah. Makin terlihat jelas kenapa kok Air Terjun Mananggar dibari julukan Niagara Borneo, emang mirip sob bentuknya hehe. 

air terjun mananggar

air terjun mananggar

air terjun mananggar

Airnya yang jernih juga menjadikan kami tidak enggan untuk berenang disini. Waspada dan tetap berhati hati saat main air ya. Suasana yang ada di Air Terjun Mananggar juga sangat mendukung, sejuk dan asri banget. Lokasinya yang masih jauh dari kota menjadikan Air Terjun Mananggar masih cantik dan belum tercemar. Makin pensaran kan akan keindahan Niagara Borneo? Mampir deh kalau ke Kalimantan Barat. 

Tips and Trick

  • Bawa baju ganti ya guys
  • Jangan lupa bawa camera, kalau bisa yang anti air hihi
  • Pastikan kalian fit untuk melewati jalanan menuju ke air terjun ini
  • Kalau membawa makanan kemasan atau apapun, jangan lupa buang sampah di tempatnya ya
  • Youtube : Bombastic Borneo

Gallery (6)

Comments (2)