78 views | 1 Likes

Danau Tolire Besar, Danau Indah Penuh Kisah Mistis

3 star (from 1 people)
Ternate, Maluku Utara, Indonesia
Category: lake

Posted on 02 April 2019, 11:13:10
tedy
Tourist

Maluku emang ngga cuka terkenal karena rempah-rempahnya aja, tapi juga wisatanya yang menawan. Danau Tolire ini salah satunya. Emang sih danau ini...

How to Get There

Kalo ngomongin soal traveling ke Maluku, rasanya ngga lengkap kalo ngga berkunjung ke Danau Tolire Besar. Emang sih Maluku ini sebuah pulau kecil, tapi siapa sangka kalo pulau ini punya banyak wisata yang bener-bener menghipnotis siapapun yang datang. Sejenak pengen throwback ke perjalanan di Maluku beberapa waktu lalu. Emang sih belum semua trip aku ceirtain disini, soalnya ngga sempet terus. Jadinya malah share soal perjalanan lainnya. Anyway, di Maluku kemaren aku pergi Banda Neira dan Danau Laguna Ngade. Nah, kali ini aku mau share perjalananku di Ternate, yaitu ke Danau Tolire Besar.

Menuju Danau Tolire ini ngga susah kok guys. Dari pusat kota Ternate jaraknya sekitar 10 kilometer. Kalian bisa naik motor atau mobil yang bisa disewa dari pusat kota Ternate. Perjalanan ini butuh waktu sekitar 1 jam aja.




What to Do

Maluku emang ngga cuka terkenal karena rempah-rempahnya aja, tapi juga wisatanya yang menawan. Danau Tolire ini salah satunya. Emang sih danau ini ngga se-hits Danau Ngade tapi ngga ada salahnya buat kalian masukkan kedalam itinerary perjalanan kalian ke Maluku. Nah, sebelum aku bahas soal keindahan danau ini, aku mau sedikit cerita soal asal usul dari danau ini.

Jadi guys, Danau Tolire ini ada dua, yaitu Tolire Besar dan Tolire Kecil yang mana hanya terpisah jarak sejauh 200 meter aja. Jadi emang lokasinya berdekatan sekali kedua danau ini. Ceritanya nih, dulunya ada sebuah desa di kaki Gunung Gamalama yang dipimpin oleh seorang pemimpin desa yang juga seorang ayah. Ayah ini kemudian melakukan hubungan intim dengan putrinya sendiri hingga putrinya mengandung. Hal ini kemudian diketahui oleh penduduk desa sehingga mereka berdua mendapat sanksi sosial dengan cara diusir dari desa tersebut.

Sayangnya, sebelum mereka sempat pergi dari desa, ada sebuah gempa dahsyat yang melanda desa itu. Warga desa pun meyakini kalo gempa ini adalah hukuman dari Yang Maha Kuasa karena perbuatan antara ayah dan putrinya itu. Desa itu pun terguncang dengan tanah yang retak hingga muncul air yang menenggelamkan seluruh desa beserta penduduknya. Desa ini akhirnya berubah menjadi Danau Tolire Besar.

Ternyata nih guys, Putrinya tadi sempet melarikan diri sata tahu adanya bencana itu. Tapi sayangnya, kutukan gempa ini tetap terjadi dan melanda tanah tempat putri itu berpijak. Musibah kemudian terjadi kembali sehingga menciptakan danau lainnya yang lebih kecil dan dikenal sebagai Danau Tolire Kecil.

Hingga saat ini, masyarakat Ternate masih percaya dengan legenda ini. Dan ternyata ngga cuma itu guys, kutukan ternyata juga terjadi pada seluruh penduduk desa. Mereka terkena imbas dan dikutuk menjadi buaya putih yang menjaga Danau Tolire Besar, desa mereka.

Ini semua emang hanya legenda yang beredar di masyarakat Ternate guys, tapi percaya ngga percaya sih ya. Beberapa pengunjung memang pernah melihat langsung buaya putih yang kerap muncul ke permukaan Danau Tolire Besar. Serem ya guys!

Video by KANTOR BERITA .CO. ID

Tapi, dibalik legenda tersebut, Danau Tolire tetaplah sebuah danau yang memesona. Hamparan danau seluas 5 hektar ini punya kedalaman hingga 50 meter sehingga menarik perhatian wisatawan. Disekeliling danau ini terdapat pepohonan hijau yang sangat menyejukkan mata. Aktivitas yang biasanya wisatawan lakukan disini selain foto-foto adalah tradisi melempar batu. Katanya sih, kita ngga akan bisa bisa melempar batu hingga ke tengah danau. Penasaran juga nih, akhirnya aku pun mencoba dan ternyata ngga bisa guys. Aku membeli 10 buah batu kepada penjual disana dengan harga Rp 5.000 dan ternyata gagal semua. 

Well, ada yang berpendapat karena adanya gravitasi yang begitu kuat di area ini. Tapi ada juga yang berpendapat karena adanya pengaruh mistis dari buaya putih ini. Who knows ya guys..

Kalo berkunjung kesini, jangan lewatkan juga buat menikmati keindahan matahari terbenam karena pemandangannya keren banget guys. Apalagi dengan background Gunung Gamalama yang megah. Syahdu banget rasanya.



Tips and Trick

  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Pakai alas kaki yang nyaman.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Gallery (6)

Comments (1)