323 views | 1 Likes

Indahnya Sunset di Pantai Sembilan Gili Genting: Secuil Surga di Pulau Madura

4 star (from 1 people)
Sumenep, Jawa Timur, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 01 April 2019, 12:43:31

menikmati sunset di pantai sembilan gili genting

How to Get There

Pulau Madura memang dikenal sebagai pulau garam karena memang menjadi pulau penghasil garam yang cukup banyak. Karena menghasilkan banyak garam, udah pasti dong kalo pulau ini punya banyak laut. Setelah beberapa waktu lalu aku pergi ke Wisata Toron Samalem di Pamekasan, kali ini aku mau explore pantai di Sumenep nih, yaitu Pantai Sembilan yang lokasinya ada di Pulau Gili Genting.

Pulau Gili Genting ini adalah pulau kecil yang ada didekat Kabupaten Sumenep. Jadi dari Jembatan Suramadu, kalian bisa langsung naik kendaraan menuju Pelabuhan Tanjung Saronggi untuk menyebrang menuju Pulau Gili Genting. Untuk menyebrang ini tiket kapalnya dikenakan Rp 10.000 per orang untuk sekali perjalanan, jadi kalo pp Rp 20.000. Anyway, kalian jangan berharap bakal naik kapal ferry yang gede ya guys, soalnya kapal yang digunakan adalah kapal motor milik nelayan yang muat beberapa orang dan juga barang. 

Perjalanan yang dibutuhkan dari Pelabuhan Tanjung Saronggi menuju Pulau Gili Genting ini butuh waktu sekitar 30 menitan. Di perjalanan, kalian bisa menikmati keindahan laut Madura yang luas membiru.

What to Do

Sekitar jam 2 siang, kapal yang aku tumpangi tadi akhirnya bersandar di sebuah dermaga kecil di pulau Gili Genting. Sebenernya kalo kalian bawa motor, bisa diangkut dengan kapal tadi, tapi karena aku bawa mobil jadi ngga bisa diangkut. Dari dermaga ini menuju Pantai Sembilan bisa jalan kaki sekitar 5 menit aja.

pantai sembilan gili genting

Aku sengaja dateng di siang hari menjelang sore karena emang pengen menikmati sunset di pantai ini. Ohya, pengunjung yang masuk ke pantai ini diwajibkan membayar retribusi sebesar Rp 5.000 per orangnya. Harganya yang cukup terjangkau untuk menikmati sebuah keindahan alam.

Video by Explore Madura

Sebenernya aku udah sering denger soal pantai ini dari beberapa temenku yang udah pernah kesini, tapi ternyata aslinya lebih indah lho guys. Bisa dibilang pantai ini masih bersih dan tertata rapi. Fasilitasnya pun cukup lengkap, ada penginapan, warung makan, toilet hingga mushola. Paling menarik sih, di pantai ini terdapat beberapa spot selfie yang cukup instaramable. Ngga heran kalo pengunjung pantai ini adalah anak muda yang suka foto-foto. Wajib banget buat kalian yang suka foto-foto buat bawa kamera dengan kualitas bagus, soalnya pemandangannya keren banget.

pantai sembilan gili genting

Ombak di pantai ini bisa dibilang cukup tenang sehingga aman buat pengunjung yang bawa anak kecil untuk bermain di laut atau berenang. Sayangnya, kemaren aku ngga bawa baju ganti dan peralatan mandi jadinya aku mengurungkan niat untuk berenang, jadinya cuma main air dipinggiran pantai gitu guys.

pantai sembilan gili genting

pantai sembilan gili genting

Akhirnya, perlahan matahari mulai kembali ke peraduannya sehingga langit berubah warna menjadi jingga yang indah. Langsung deh aku siapin kamera buat mengabadikan moment ini. Seriusan deh, sunset di Pantai ini keren banget. Ngga kalah sama di Bali atau Lombok. Karena semakin malam pantai ini mulai sepi dan lengang, jadinya aku bisa menikmati senja kali ini dengan santai sambil mendengarkan suara ombak yang syahdu. Jadi betah berlama-lama di pulau ini.

pantai sembilan gili genting

pantai sembilan gili genting
Akhirnya, saat matahari benar-benar terbenam, pantai ini jadi gelap dengan diterangi oleh cahaya lampu yang remang-remang. Aku pun langsung segera bergegas pulang, biar ngga ketinggalan kapal. 

pantai sembilan gili genting


Tips and Trick

Gimana? Pasti pengan dong ya buat main ke Pantai Sembilan yang cantik ini? Buat kalian yang mau main kesini, aku punya beberapa tips nih buat kalian:

  • Gunakan kendaraan pribadi, soalnya lumayan susah kendaraan umum disini guys.
  • Bawa cash yang cukup, soalnya disini ngga ada atm.
  • Bawa kamera waterproof.
  • Baju baju ganti dan peralatan mandi.
  • Kalo datengnya siang-siang, jangan lupa pake topi dan sunscreen.
  • Pake alas kaki yang nyaman.
  • Jangan kotori pantai ini.

Gallery (7)

Comments (4)