136 views | 2 Likes

EXPLORE GUNUNGKIDUL - Puncak Kosakora, surga tersembunyi di Gunungkidul Yogyakarta

4 star (from 2 people)
Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 30 March 2019, 09:53:49
illy_nadia
Sightseeing

Puncak Kosakara adalah salah satu wisata tersembunyi yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Puncak Kosakora sangat cocok untuk para traveler yang menyukai tantangan terutama trekking.

How to Get There

BERIKUT ADALAH QUICK HELPFUL GUIDE TENTANG RUTE DAN PERJALANAN MENUJU KOSAKORA:

https://youtu.be/c-vDh0neqFk

Jika anda berangkat dari Yogyakarta kota (arah tugu & malioboro), anda akan menempuh jarak kurang lebih 2 jam perjalanan untuk sampai di Puncak Kosakora ini. Lokasinya dekat dengan Pantai Ngrumput Gunungkidul. Setelah tiba di lokasi, anda akan diarahkan untuk memarkirkan kendaraan di tempat parkir, lalu anda harus berjalan kaki sekitar 15 menit untuk sampai ke Pantai Ngrumput.

Puncak Kosakora gunung kidul

Setelah sampai di Pantai Ngrumput, akan ada plang/petunjuk arah bertuliskan Puncak Kosakora. Rute menuju Kosakora cukup menantang/trekking, maka dari itu gunakan sandal gunung atau sepatu hiking agar memudahkan sampai menuju lokasi dan menghindari cedera atau lecet saat berjalan menuju lokasi. Nah, jarak tempuh dari Pantai Ngrumput menuju Puncak Kosakora kira-kira sekitar 15 menitan.

What to Do

Setelah sampai di Puncak Kosakora, anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat menawan dari atas bukit dengan view Pantai Ngrumput tentunya. Karena Puncak Kosakora merupakan bukit diatas pantai yang cukup luas, maka setelah sampai kesana, anda bisa duduk duduk atau berfoto dengan view yang menawan. Untuk harga tiketnya sendiri adalah Parkir Motor Rp. 2000, Mobil Rp 5000, dan dikenakan retribusi wisata sebesar Rp 5000/orang.

Puncak Kosakora gunung kidul

Indah sekali, kan? Apalagi ditemani oleh angin semilir dan suara ombak dari pantai Ngrumput. Disini anda juga bisa memesan makanan dan minuman karena ada warung makan yang buka disini dari pagi. Penjualnya sangat ramah dan harganya juga pas di kantong.

Puncak Kosakora gunung kidul

Sewaktu saya disini, saya memesan satu porsi Nasi Goreng dan Kopi hitam. Rasanya sedap dan pas untuk mengembalikan energi yang hilang setelah berjalan kaki cukup lama dan harus trekking.

Tips and Trick

Yang paling utama dan tidak boleh terlupakan adalah membawa kamera! boleh kamera hp atau kamera apapun pokoknya dokumentasi hukumnya wajib :D

Lain-lainnya:

1. Pakai sendal gunung/sepatu hiking, atau apapun yang dirasa awet, ya. sebisa mungkin hindari memakai sendal jepit biasa (karena pengalaman saya sendal jepitnya putus karena rute cukup trekking)

2. Stamina harus dijaga, jangan lupa membawa air mineral yang cukup

3. sebaiknya sampai lokasi di pagi hari sekitar jam 6 pagi jika tidak ingin kepanasan karena harus berjalan kaki

4. jika kesana bersama teman-teman, camping disana adalah pilihan tepat. Sebaiknya tiba di lokasi sebelum sore (sekitar jam 4 sore) agar bisa menikmati indahnya senja.

Gallery (5)

Comments (2)