140 views | 1 Likes

Indahnya Air Terjun Gumandar Di Lereng Gunung Arjuna

4 star (from 1 people)
Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 28 March 2019, 15:33:12

Musim hujan memang menjadi momok bagai para traveller karena bisa merusak planing perjalanan , namun disisi lain musim hujan bisa menciptakan sebuah surga tersembunyi yang terletak di lereng gunung arjuna yaitu Air terjun Gumandar yang mempesona.

How to Get There

Air terjun Gumandar merupakan sebuah air terjun yang terletak di lereng gunung Arjuna dengan memilki tingkatan air terjun yang berundak-undak dan hanya ada saat musim hujan saja ni guys. Air tejrun Gumandar ini berada pada ketinggian 1200 hingga 1500 Mdpl sehingga anda bisa membayangkan betapa segar dan sejuk airnya ni guys. Air terjun Gumandar ini sangatlah unik dan berbeda dengan air tejrun lainnya ni guys , selain hanya ada saat musim hujan saja  , air terjun gumandar ini berada di sebuah lembah yang menurun sehingga air terjun ini memiliki banyak sekali tingkatan air terjun dengan ketinggian yang berbeda-beda , mulai dari 1 meter hingga yang paling tinggi bisa mencapai 80 meter ni guys.


Lalu bagaiamana cara untuk sampai di air air terjun Gumandar ini guys ???

Air terjun Gumandar ini terletak di Desa Dayurejo , Prigen , Pasuruan. Dari pusat kota Pandaan berjarak 17 km dan dapat di tempuh selama 40 menit ni guys. Sebenarnya ada 2 jalur untuk menuju ke sana ni guys , dari prigen ataupun dari via jalan taman safari ni guys. Jika Via jalan taman safari dari pusat kota pandaan arahkan kendaraan anda ke kecamatan sukorejo tepatnya ke Gading Taman safri di pinggir jalan , nah setelah sampai disitu ikuti saja arah menuju ke taman safari ni guys , namun saat hendak memasuki kawasan taman safari disitu ada pertigaan maka anda tinggal belok ke kanan menuju ke Resort Kaliandra ni guys di desa Dayurejo. Setelah sampai di kaliandra lurus sedikit terdapat pertigaan ke dua dekatnya sekolah dasar Dayurejo anda tinggal belok ke kiri dengan jalan yang naik hingga sampai di Pamitra Bike Park ( Gumandar Camp ). Nah sesampai disitu jalan berubah menjadi paving batako sejauh 1 km dan setelah itu berubah menjadi makadam bebatuan ni guys sepanjang 3 km. Anda harus extra waspada dengan kondisi jalan yang seperti itu dan yang pasti motornya harus dalam keadaan yang sangat fit karena jalan menanjak bebatuan. Sesampai di atas disini tidak ada area parkir motor ni guys jadi kita harus menitipkan motor kita kepada warga yang mempunyai kandang ternak dengan biaya seikhlasnya ni guys. Orang tersebut sangat ramah dan tak segan untuk menerima penitipan motor kita disitu guys. Nah setelah menitipkan motor , perjalanan di lanjutkan tracking menuju ke atas sejauh 3 km melalui jalan setapak yang menanjak ni guys. Dari area parkir terlihat betapa megah dan indahnya air tejrun gumandar yang bertingka ini guys dengan di selimuti oleh kabut. Untuk retribusi masuk masih gratis ni guys.

What to Do

Lalu apa saja yang bisa kita lakukan di air tejrun gumandar ini guys ???

Yang namnya tracking memang sangat lelah ni guys apalagi jalur track menuju ke air terjun gumandar ini sangat menanjak mulai dari bawah kita parkir motor. Tapi lelahnya perjalanan kita akan selalu di temanai indahnya view lereng gunung arjuna yang di selimuti ilalang hijau serta beberapa pohon yang menghiasi tempat ini guys. Terlebih lagi saat kita berada pada ketinggian 1000 Mdpl kita bisa menimkati viw kabupaten pasuruan dan jika cuaca bersahabat kita bisa melihat pantai utara pasuruan ni guys. Jadi lehanya perjalanan seolah terbayar dengan apa yang disajikan disini guys. Yang pasti disini kalian akan melakukan hal wajib jika menemukan view yang sangat kece seperti ini yaitu dengan mengabadikan moment ni guys yang menjadi salah satu penghilang lelah kita.



Setelah kurang lebih 1 jam perjalanan menuju ke air terjun  gumandar tepatnya pada ketinggian 1200 Mdpl , disini hanya terdapat ilalang-ilalang yang sangat luas serta megahnya bebukitan di kanan kiri dan pastinya suara gemericik air yang tak lain asal dari air terjun gumandar ini guys. Suasana disini sangatlah sepi guys seolah tempat ii merasa miliki kita sendiri. Apalagi suasana disini sangatlah sejuk dan asri sehingga membuat lelahnya perjalanan tadi hilang seketika jika sampai disini guys.


Nah mendekati ke aliran air sungai , kita akan disambut oleh gemericik air yang sangat deras yang terletak di lembah yang menurun.  Saat langkah kaki ini mulai menyentuh air , anda jangan  heran ni guys karena airnya begitu dingin seperti air es. Wowww anda bisa menbayangkan betapa nikmatnya setelah tracking yang menguras tenaga lalu anda akan di sambut oleh air yang bisa menyejukkan badan kita disini. Tanpa basah basih ni guys hal wajib yang kita lakukan disini adalah mencuci muka ataupun mandi di aliran air terjun gumandar ini guys. Tubuh langsung relax saat air mulai memasuki pori-pori tubuh kita ni guys. Disini terdapat kolam yang terbentuk secara alami di setiap bawah aliran air terjun dengan memiliki lebar yang berbeda serta kedalaman yang hanya sampai 1.5 meter , sehingga anda bisa menggunakan untuk berenang sembari menikmati nuansa yang sangat asri dan alami di sekeliling kita. Selain berenang kegiatan wajib yang bisa kita lakukan disini adalah mengabadikan moment dengan bidikan kamera andalan kalian ni guys. Siapkan senjata andalan kalian untuk mendapatkan hasil jepretan yang sangat epic dengan latar belakang air terjun bertingkat dan megahnya bebukitan di sekeliling yang berwarna hijau siap menghasilkan jepretan yang sangat kece dan keren ni guys. Oh ya ni guys ada keunikan tersendiri di area air terjun Gumandar ini, dimana terdapat aliran air terjun yang bisa kita gunakan untuk bermain seluncuran ni guys dan sangat aman , bentuknya pun mirip dengan seperti seluncuran di kolam renang umum ,namun hanya terbuat dari batu alami dan hanya memiliki panjang sekitar 5 meter saja ni guys. Satu lagi ni guys jika anda berkunjung keisni jangan lupa membawa perbekalan makanan , karena disini tak ada satupun orang yang berjualan makanan ni guys. Menikmati makanan sederhana di sekitar air terjun sembari di suguhi pula suasana yang sangat menyejukkan jiwa berasa kita seolah makan di tempat yang berkelas dan mahal ni guys. Mahal bukan berarti rasa makanan namun suasana yang sangat mahal dan tak ternilai. Oh ya ni guys jika kalain ingin mengeksplore semua air terjun disini, mungkin sehari tak akan cukup uintuk menikmati semua tingkatan air terjunnya karena anda harus tracking menuju ke air tejrun tingkatan lainnya ni guys.  






Tips and Trick

Tips dan trick saat berkunjung ke air tejrun Gumandar :

1.       Pakailah alas kaki yang nyaman saat tracking

2.       Bawa mantel

3.       Datanglah di pagi hari karena saat siang tempat ini bisa berkabut

4.       Bawa makanan dan minuman

5.       Siapkan motor kalian yang fit mengingat jalur yang lumayan ekstreem

6.       Bawa baju ganti karena disini kita pastinya akan basah – basahan

7.       Kunjungi saat bulan Januari hingga April karena bulan itu aliran airnya mulai ada ( air terjun musiman )

8.       Berhati-hatilah saat berada di sekitar aliran sungai karena bebatuan sangat licin

9.       Jika hujan datang jangan berada di dekat aliran sungai karena banjir bisa datang tiba-tiba

 

Gallery (14)

Comments (2)