137 views | 1 Likes

Menyingkap Pesona Danau Singkarak, Danau Terindah di Sumatera Barat

3 star (from 1 people)
Solok, Sumatera Barat, Indonesia
Category: lake

Posted on 27 March 2019, 11:09:28

indahnya pemandangan di Danau Singkarak yang ada di Sumatera Barat.

How to Get There

Akhirnya, setelah sekian lama gue pergi liburan juga. Sekitar tahun lalu, gue sempet jalan-jalan ke Bangka. Liburan kemaren, gue diajakin nih sama cowok gue buat pergi ke Padang. Aslinya, gue sama sekali belum pernah ke Padang dan udah excited banget buat pergi kesana. Salah satu wisata yang paling gue pengen kunjungi di Padang adalah Danau Singkarak.

Danau Singkarak ini berada diantara Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Dari Kota Padang jaraknya sekitar 70 km. Kalian bisa memilih rute Solok yang butuh waktu tempuh sekitar 2 jam atau lewat Padang Panjang yang waktu tempuhnya sekitar 3 jam. Rute ini bisa diambil jika kalian mau ke Bukit tinggi dulu.

Kalo gue sih kemaren dari Padang langsung naik mini bus dari pool mobil Jasa Malindo menuju Solok. Kemudian disambung dengan naik angkot ke arah Singkarak Tembok dan Tikakak. Kalo kalian ngga mau ribet, kalian bisa langsung naik mobil travel atau sewa mobil dari kota Padang.




What to Do

Danau Singkarak dikenal sebagai danau terluas kedua di Sumatera, setelah Danau Toba. Danau ini punya keindahan yang luar biasa guys. Landscape airnya yang luas plus background perbukitan hijau ditepian danau bener-bener bikin mata seger. Rasanya bener-bener fresh daripada liatin gedung-gedung tinggi di Jakarta terus.

wisata di sumatera barat

Danau Singkarak ini termasuk jenis danau tektonik yang terbentuk karena aktivitas lempeng bumi. Letaknya memang ada di bagian atas sesar Sumatera, tepatnya dicekungan Singkarak-Solok. Danau ini punya luas sekitar 11.200 hektar dengan panjang sekitar 20 km. Dalamnya danau ini pernah diukur yang paling dalam itu sekitar 268 meter dan lebarnya sekitar 6.5 km.

wisata di sumatera barat

Sekitar tahun 1992, pemerintah membangun PLTA Singkarak dan terowongan air sepanjang 19 KM. Terowongan ini menembus bukit barisan dan digunakan sebagai sumber daya PLTA. Kalo biasanya PLTA adanya di pinggir danau atau bendungan, nah disini air danaunya dialirkan lewat terowongan panjang yang menembus bukit barisan hingga sampai di lokasi PLTA. Keren kan?

Selain digunakan sebagai sumber tenaga PLTA, Danau Singkarak ini juga menjadi objek wisata yang cukup terkenal lho di kalangan wisatawan domestik hingga mancanegara. Pemandangan alam yang ada di sekitar danau ini bakal bikin kalian betah berlama-lama disini. Bentang air danaunya yang luas ditambah dengan barisan bukit hijau yang ada dipinggir danau ini bener-bener memanjakan mata. Apalagi udara khas danau yang sejuk ini bener-bener bikin rasa lelah kita selama perjalanan langsung hilang. 

Video by Indra Cahaya

Danau ini juga mudah dijangkau guys karena pengunjung bisa mengelilingi danau ini dengan mudah. Lokasinya yang ada di jalan raya membuat wisatawan bisa langsung menemukan danau ini dengan mudahnya.

Danau Singkarak

Meskipun sejauh ini masih belum ada spot khusus buat pusat wisata di Danau Singkarak, tapi menurut gue banyak banget tempat-tempat indah disepanjang danau ini yang bisa jadi spot foto kece. Ngga rugi deh, beneran kalo kalian menyempatkan buat dateng kesini. Kalian bisa berkeliling danau dengan sampan atau berenang di danau, memancing atau sekedar duduk santai sambil menikmati indahnya danau ini. Di sekitar danau ini juga banyak sekali ditemukan warung-warung kecil yang bisa kalian kunjungi untuk sekedar mencicipi kuliner khas setempat.

Danau Singkarak
wisata di sumatera barat

Buat kalian yang pengen banget main ke Padang, ngga ada salahnya buat masukin Danau Singkarak ini dalam list destinasi kalian. Happy traveling :)

wisata di sumatera barat


Tips and Trick

  • Bawa kamera.
  • Jangan mengotori danau.
  • Ajak temen atau keluarga kalian.
  • Cobain explore danau dengan sampan.

Gallery (6)

Comments (2)