80 views | 1 Likes

Solo Traveler to Penang

4 star (from 2 people)
Penang, Penang, Malaysia
Category: City Trip

Posted on 26 March 2019, 16:44:08
LyLele
Sightseeing

Pijakan pertama di Penang, #soloTraveler

How to Get There

Penang, sebuah pulau kecil bagian dari Negara Malaysia. Tak pernah terbesit untuk menginjakan kaki melangkah di Pulau ini. Namun liburan yang dadakan ini ternyata cukup mendebarkan. Dengan bermodal izin cuti ala kadarnya sekitar 5 hari dan tiket pesawat PP hasil searching dadakan, saya berangkat.

Sesampainya di Penang, saya ikut antrian untuk beli kartu perdana untuk saya pakai selama 5 hari berada di Penang. Ikuti saja orang-orang dan mereka akan menuntunmu menuju counter Provider Internet. Harganya cukup murah walau memang hanya mendapatkan kuota sekitar 2GB, tapi seharusnya cukup untuk dipakai selama seminggu.

wisata di penang

Dengan bermodalkan informasi hasil Googling, saya menuju penginapan yang terletak di Georgetown salah satu kota destinasi yang ditunjukan Google. 

Tentu saja untuk betul-betul bereksplorasi, saya gunakan bus, Rapid Penang. Harga tiketnya bervariasi tergantung jaraknya.

wisata di penang
Tidak lupa foto rute busway walaupun sebenarnya Google Maps sudah menyediakannya secara lengkap dan lumayan akurat. Untuk naik bus ini siapkan uang pas ya, karna Dirver tidak akan memberikan uang kembalian. 

wisata di penang
Busnya cukup nyaman kurang lebih sama dengan Trans Jakarta, hanya saja tidak menggunakan halte shelter tapi halte di pinggir jalan. Pintu samping Driver digunakan untuk masuk, dan pintu tengah digunakan untuk keluar, hampir sama dengan Bus Gratis GR1 milik Trans Jakarta. Uang dibayarkan langsung saat masuk, tersedia box untuk menaruh uang dan sobekan tiket atau tiket printed.

Cam inilah penampakan dalam busnya. 

wisata di penang
Ada kursi prioritas, ada tempat khusus difable, ada standing, dan ada tap untuk bayar bus dengan kartu, serta ada monitor untuk menginformasikan tujuan halte berikutnya. 

Dan tadaa saya tiba di Stasiun Komtar dari Bandara kurang lebih 1 jam perjalanan dengan membayar kurang dari Rp 10.000,-

wisata di penang

Sampai di sini, saya mencoba berjalan kaki menuju penginapan untuk sekedar menghafalkan jalan-jalan sekitar karna Terminal bus ini akan saya gunakan tiap harinya untuk menuju tempat-tempat wisata di Penang.

wisata di penang

Ini penginapan yang saya gunakan. Cukup murah hanya sekitar Rp 300.000++ untuk 4 malam dan kalau search sekarang entah kenapa harganya melonjak jauh. 

Sampai di sini dulu ya, destinasi berikutnya akan segera dipost. Salam.

What to Do

Siapkan uang pecahan agar mudah menggunakan bus Rapid Penang.

Beli kartu perdana atau gunakan Wifi Traveler jika ada.

Tips and Trick

Uang pecahan saya dapatkan dengan membeli minuman di dalam Bandara.

Pastikan memberikan uang pas karna tidak akan mendapatkan kembalian dari Driver Bus.

Gallery (6)

Comments (2)