96 views | 1 Likes

Museum Puri Lukisan: Museum Tertua di Bali yang Menawan

4 star (from 1 people)
Gianyar, Bali, Indonesia
Category: Culture & Art

Posted on 26 March 2019, 11:26:25
mirio
Tourist

Museum puri lukisan ini, merupakan museum tertua di bali.

How to Get There

Kembali ke Bali dan rasanya happy banget. Beberapa waktu lalu aku memang sempet pergi jalan-jalan ke Semarang dan mengunjungi Kopeng Treetop Adventure Park, nah kembali ke Bali rasanya pengen banget jalan-jalan lagi. Akhirnya aku ngajakin cewek aku buat jalan-jalan ke daerah Ubud, sekalian kencan soalnya udah lumayan lama juga kita ngga pergi berdua. Hehehe.. Cewekku ini anaknya suka seni banget jadinya aku ngajakin dia buat pergi ke Museum Puri Lukisan.

Museum Puri Lukisan ini berada di Jalan Raya Ubud yang ngga jauh-jauh amat dari puri Ubud dan pasar seni Ubud, mungkin jaraknya sekitar 300 meter ke arah barat. Lokasinya gampang banget sih buat ditemuinnya, tapi di Ubud jalannya emang agak sedikit berliku, jadi kalo kalian yang baru pertama kali, harus hati-hati banget supaya ngga tersesat.

wisata di bali

What to Do

Museum Puri Lukisan ini dikenal sebagai museum seni tertua di Bali yang menyimpan berbagai koleksi lukisan Bali bertema tradisional hingga modern. Ubud memang terkenal sebagai pusatnya perkembangan seni dan budaya masyarakat Bali dan museum ini lah yang menjadi tempat untuk memperlihatkan berbagai karya seni seniman Bali kepada khalayak umum. Pengunjung yang datang dikenakan tiket masuk sebesar Rp 75.000 per orangnya. Mahal? Ngga sih, karena dengan harga segini kalian bakal dapet welcome drink dan snack, apalagi kalian bisa explore museum tertua di Bali ini. 

wisata di bali

Sedikit cerita soal sejarahnya, museum ini mulanya didirikan karena adanya kekhawatiran dari para seniman Bali terhadap khasanah dan ketermiskinan budaya seni di Bali. Untuk itu mereka bersatu dan membentuk organisasi bernama Pita Maha pada tahun 1936. Kemudian mereka membuat museum seni ini dan baru diresmikan pada tahun 1954 oleh Gubernur Bali saat itu. Puri Lukisan sendiri bermakna “Istana Lukisan”.

wisata di bali

Museum Puri Lukisan ini ngga cuma berisikan lukisan lho ternyata, tapi juga ada ukiran kayu dan beragam karya seni Bali kontemporer yang tak kalah menawan. Sebagian besar karya di museum ini difokuskan pada seni budaya dan sejarah Bali. Tak hanya hasil karya seniman Bali, museum ini juga memamerkan karya para ekspatriat Eropa seperti Walter Spies dari Jerman dan Rudolf Bonnet dari Belanda.

wisata di bali

wisata di bali

Koleksi lukisan di museum ini dipamerkan di tiga bangunan utama, yaitu Pitamaha Galery yang menyimpan lukisan tradisional modern Bali. Lukisan-lukisan disini berasal dari jaman sebelum kemerdekaan Indonesia, sekitar tahun 1930 hingga 1945. Selain itu juga ada koleksi karya I Gusti Nyoman Lempad yang berasal dari tahun 1862 hingga 1978. Ruangan ini berada di sebelah utara.

wisata di bali

Di sebelah barat terdapat bangunan bernama Ida Bagus Made Gallery, disini tersimpan koleksi lukisan karya beliau. Lalu disebelah timur ada Wayang Gallery dengan koleksi lukisan wayang. Gedung ini juga sering digunakan sebagai pameran temporer lho guys.

wisata di bali

Selain bisa melihat-lihat beragam karya seni, disini pengunjung juga bisa sekalian belajar lho. Ngga heran kalo museum ini juga sering menjadi jujugan wisatawan untuk berwisata edukasi bareng anak-anak. Beberapa kelas yang bisa diikuti oleh pengunjung antara lain, kelas melukis, kelas gamelan dan kelas melukis klasik. Untuk anak-anak juga bisa mengikuti beberapa kelas seperti belajar melukis batik, belajar wayang, belajar suling, belajar melukis topeng, belajar menari hingga belajar membuat ukiran kayu. 

wisata di bali
Harga yang dipatok setiap kelasnya juga beda-beda guys, tergantung dari berapa lama kelasnya juga. Kalo ngga salah sih kisaran Rp 125.000 sampe Rp 500.000. Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa hubungi (0361) 971159 atau info@museumpurilukisan.com.

Nah, buat kalian yang pengen banget berwisata budaya atau berwisata edukasi, ngga ada salahnya buat dateng ke Museum Puri Lukisan ini.

Video by MKP A 2017 STP BALI

 

Tips and Trick

  • Museum ini buka setiap hari mulai jam 09.00 - 18.00 WITA.
  • Jangan lupa bawa kamera buat foto-foto.
  • Ajak keluarga dan temen-temen.
  • Jaga kebersihan museum ini.
  • Jangan rusak koleksi-koleksi disini.

Gallery (8)

Comments (2)