121 views | 1 Likes

Megahnya Pura Lempuyang Luhur Bali

4 star (from 1 people)
Karangasem, Bali, Indonesia
Category: Culture & Art

Posted on 25 March 2019, 13:06:09

Pulau Bali memang menjadi primadona wisatawan sebagai destinasi liburan mereka , dan salah satunya yang kini menjadi daftar list wajib kunjungan mereka karena memiliki keindahan serta menjadi spot yang intagramable adalah Pura lempuyang.

How to Get There

Pura lempuyang adalah sebuah pura yang merupakan sebuah pura tertinggi di pulau Bali ini guys. Pura Lempuyang ini berada pada ketinggian 1100 Mdpl dan terletak di atas bukit Birbis . Pura lempuyang ini merupakan tempat peribadatan warga hindu yang berhadapan langsung dengan gunung Agung dan di percayai sebagai tempat Sang Hyang menempatkan Dewa-Dewi untuk menjaga Pulau Bali ini guys.

Lalu bagaimana cara untuk menuju ke Pura Lempuyang ini guys ???

Dari pusat kota Denpasar berjarak  84 km dan dapat di tempuh selama 2.5 jam perjalnan dengan mobil ataupun motor ni guys. Dari Pusat kota Denpasar arahkan kendaraan anda menuju ke By Pass Ngurah Rai hingga menuju ke Karangasem dan memasuki Candi Dasa Amlapura  dan disitu anda tinggal mencari papan petunjuk ke Pura lempuyang luhur ni guys. Oh ya ni guys sepanjang perjalanan menuju ke pura lempuyang anda akan memasuki wilayah pegunungan jadi anda harus siap motor kalian ni guys termasuk bahan bakarnya , apalagi saat memasuki Bukit Bribis anda harus siap tenaga karena jalannya sangat menanjak hingga sampai di parkiran ni guys. Meskipun begitu disini kita akan di suguhkan oleh pemandangan yang akan memanjakan anda disini , hijaunya pepohonan serta view karangasem yang sangat indah akan membuat perjalanan anda tak akan sia-sia ni guys meski menanjak.

What to Do

Lalu apa saja yang bisa kita lakukan disini guys ???

Setelah sampai di parkiran kita akan di kenakan biaya parkir Rp.5000 ni guys dan saat menuju ke loket kita mengisi daftar tamu dengan membayar uang donation seikhlasnya. Nah setelah itu kita wajib menyewa sarung yang wajib kita gunakan saat memasuki kawasan pura dengan biaya sewa sebesar Rp.10.000/orang ni guys. Selanjutnya anda tinggal tracking menuju ke pura tersebut melalui sebuah jalan beraspal sejauh kurang lebih 200 meter ni guys. Sesampai di spot yang sangat instagramable ni guys , kalain akan di sambut oleh seorang Bli yang menyambut anda dengan memberikan siraman air dari cawan kecil ke kepala sebagai tanda penyambutan kita disini.

Karena tempatnya sangat instagramable maka kalian jangan heran akan menjumpai antrian yang sangat panjang disini hanya untuk berfoto di gerbang pura lempuyang dengan latar belakang gunung agung yang sangat megah di depannya ni guys. Sembari menunggu antrian , disini anda juga bisa berfoto di spot lainnya yang gak kalah kerennya juga ni guys. Bangunan Pura lempuyang ini sangatlah klasik dan unik , terdapat sebuah bangunan utama yang sangat megah pada lahan yang sangat luas. Karena letaknya di atas pegunungan maka udara disini sangatlah sejuk dan akan membuat anda merasa nyaman saat berada disini guys.

 

 

 

 

 

 

 

 

 



 

Karena pura ini sangat indah dan instagramable maka hal wajib yang anda lakukan disini adalah berfoto dengan camera andalan kalian ni guys , mulai dari smartphone , DSLR , Action Camp atau kamera lainnya, karena pura lempuyang luhur ini memiliki keindahan serta kemegahan yang menghasilkan jepretean foto yang sangat Epic dan pastinya kece ni guys. Setiap sudut pura lempuyang ini memiliki keindahan yang bakal membuat anda kebingungan untuk mendapatkan jepretan yang sangat instagenic.

Oh ya ni guys karena Pura lempuyang ini merupakan tempat peribadatan warga Hindu , maka saat berada disni anda harus menjaga Etika serta Sikap kalian ni guys . banyak pantangan yang di larang saat kita berada disini , mulai dari berbicara kotor , berbuat keburukan serta harus turut menjaga kelestariannya karena Pura ini merupakan sebuah tempat untuk beribadah ni guys. Selain itu larangan untuk berkunjung ke pura lempuyang luhur ini bagi wanita Haid , bayi serta Ibu yang menyusui untuk memasuki area pura ini guys. Semua itu di berlakukan demi menjaga agar pura lempuyang ini selalu terjaga akan kelestarian serta kesuciannya.



Tips and Trick

Tips dan Trick saat berkunjung ke pura lempuyang luhur :

1.       Pakailah baju yang sopan ni guys karena ini tempat beribadah

2.       Jaga sikap dan sopan santun anda disini

3.       Datang di pagi hari jika tak angin antri saat berfoto

4.       Bawa camera terbaik kalian karena tempat ini sangtlah intagenic

5.       Datang saat musim kemarau jika anda ingin mendapatkan view gunung agung tanpa kabut

6.       Bawa mantel jika anda berkunjung di musim hujan

7.       Taati semua peraturan yang berlaku disini.

Gallery (7)

Comments (2)