89 views | 1 Likes

Intip Cantiknya 3 Curug di Purowkerto, Pemandangannya Bikin Teduh

4 star (from 1 people)
Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 25 March 2019, 11:31:03
lalacempala
Sightseeing

As you guys know, Kota Purwokerto lokasinya ada di bawah kaki Gunung Slamet, jadi wajar aja kalo punya banyak wisata air terjun atau curug. Katanya...

How to Get There

Mumpung tugas kuliah ngga terlalu banyak dan aku mulai rindu jalan-jalan, akhirnya aku bikin review Throwback lagi ya. Hehehe.. Ulasan ini masih tentang perjalanan aku ke Purwokerto dan Banjarnegara beberapa waktu lalu, selain pergi ke Small World, aku juga sempet explore wisata alam Purwokerto guys yang ternyata keren-keren, apalagi di daerah Baturraden. Nah, salah satu wisata yang aku kunjungi adalah Curug Telu.

Menuju ke Curug Telu ini lokasinya ngga terlalu susah kok guys. Dari pusat kota Purwokerto langsung menuju arah Baturraden, sebelum Gerbang Mandala ada pertigaan lalu belok kanan dan ikuti aja terus jalan ini sampe ketemu pertigaan SD Kemutug Kidul, lalu belok kanan dan ikuti penunjuk arah ke Kotayasa/Sumbang. Sampe ketemu pertigaan Karangsalam, ikuti jalan sampe ketemu pertigaan masjid, ikuti arah Munggansari/Lok. Sampe di Baturraden dan ikuti aja jalan ini sampe ketemu Gerbang Curug Telu.

Jalanan sebelumnya sih udah cukup mulus dan beraspal, tapi pas udah masuk lokasi wisata curug, jalannya berubah menjadi tanah berbatu, apalagi kalo musim hujan gini jadi berlumpur. Disamping kanan kirinya terlihat hamparan sawah yang lumayan menyejukkan mata. Jalanan ini ngga terlalu jauh kok guys, tapi kalian harus extra hati-hati karena jalannya ngga terlalu lebar. 

Sampe di parkiran, kami langsung parkir kendaraan dengan biaya Rp 2.000 untuk motor. Kemudian kami langsung diarahkan menuju loket masuk dan harus bayar tiket masuk sebesar Rp 3.000 aja per orangnya. Harga yang bisa dibilang cukup terjangkau dibandingkan dengan pemandangan yang bakal kami dapat nantinya.




What to Do

As you guys know, Kota Purwokerto lokasinya ada di bawah kaki Gunung Slamet, jadi wajar aja kalo punya banyak wisata air terjun atau curug. Katanya nih, saking banyaknya sampe belum terexplore karena kendala aksesnya yang susah untuk masyarakat umum. Kalo kalian tahu, Curug punya arti air terjun dan Telu adalah tiga dalam Bahasa Jawanya, artinya Air Terjun Tiga. Hal ini dikarenakan di lokasi air terjun ini terlihat ada tiga air terjun.

Curug Telu adalah air terjun alami yang punya panorama cantik. Lokasinya yang tersembunyi di tengah hijaunya alam pegunungan Baturraden membuat udara di lokasi curug ini jadi lebih sejuk dan segar. Air terjun ini emang ngga terlalu tinggi guys, mungkin sekitar 10 meteran aja dan saat kami dateng kesana debit airnya ngga terlalu deras juga sungainya ngga terlalu tinggi.

Kegiatan yang bisa dilakukan di sekitaran air terjun ini adalah bermain air pastinya. Apalagi aku tipikal anak yang ngga bakal tahan kalo liat air jernih, jadi bawaannya langsung pengen menceburkan diri aja. Air disini dingin dan seger banget guys, asyik lah pokoknya dibuat berenang. Untung jg debit airnya ngga terlalu deres, jadi kita bisa berenang di kedungnya, tapi kalian tetep jangan deket-deket ke air terjunnya ya guys. 

Video by NEWS MNCTV

Puas bermain air, jangan lupa buat mengabadikan moment ya guys soalnya pemandangan disekitar air terjun ini indah banget. Lelah foto-foto, kami pun beristirahat sambil menikmati bekal yang udah kami bawa tadi. Sebenernya disini juga udah aada beberapa penjual makanan dan minuman, tapi kami prefer buat bawa bekal sendiri. Selain warung makanan, fasilitas lain disini yang udah ada seperti toilet umum dan parkiran yang lumayan luas.

Overall, aku bener-bener menikmati perjalanan ke Curug Telu ini. Pemandangannya yang indah dan masih alami ini membuatku pengen pergi kesana lagi. Nah, buat kalian yang berencana liburan ke Purwokerto, baiknya untuk ngga melewatkan pergi ke Curug Telu ini ya.

Tips and Trick

  • Bawa kamera waterproof.
  • Bawa bekal.
  • Pakai baju dan alas kaki yang nyaman.
  • Jaga selalu kebersihan.

Gallery (5)

Comments (2)