148 views | 1 Likes

Ketentraman Di Desa Adat Panglipuran Bali

3 star (from 1 people)
Bangli, Bali, Indonesia
Category: Culture & Art

Posted on 23 March 2019, 21:09:51

Siapa bilang Pulau Bali hanya terkenal dengan pesona baharinya yang mempesona , disisi lain pulau ini juga memiliki kebudayaan yang sangat tinggi dan menjadi daya tarik para wisatawan dan salah satunya adalah Desa Adat Panglipuran

How to Get There

Desa adat panglipuran berada di Desa Kubu , kabupaten Bangli , Bali. Desa adat Panglipuran ini merupakan salah satu wisata Budaya yang masih kental dengan nuansa Bali asli dan belum terpengaruh oleh gaya modern. Mulai dari bangunan rumah , Cara berpakaian hingga pekerjaan meraka yang berprofesi sebagai petani ataupun pengrajin ni guys. Cuaca di sisni tergolong sangatlah sejuk karena Desa adat Panglipiuran ini berada pada ketinggian hingga 700 Mdpl , jadi anda akan merasa nyaman saat menjelajahi area desa adat ini guys. Desa adat panglipuran ini memiliki luas sekitar 112 hektar dan di huni oleh 226 kepala keluarga ni guys. sebagian besar wilayahnya digunakan untuk ladang dan kebun mereka ni guys.

Lalu bagaimana cara untuk menuju ke desa adat panglipuran ini ???

Dari pusat kota Denpasar berjarak 43 km dan dapat di tempuh selama 1.5 jam dengan kendaraan pribadi ataupun motor dengan kondisi jalan yang sangat bagus ni guys. Dari kota Denpasar arahkan kendaraan abda menuju ke Jl. bay pass Ngurah Rai – Sanur – Gianyar Hingga sampai ada Rambu arah ke Bangli ni guys. Saat memasuki Bangli kita akan di suguhkan oleh pemandangan khas desa Bali yang sangat tentram dan nyaman apalagi kita akan melewati sebuah bukit yang siap menyejukkan mata kita ni guys. Nah sesampai di kawasan Panglipuran kita akan di kenakan Ratribusi masuk sebesar Rp.15.000/orang ni guys dan Rp.5000 untuk biaya parkir

wisata di bali


What to Do

Lalu apa saja yang bisa kita lakukan disini guys ???

Setelah membayar Retribusi masuk , kita akan memasuki Desa adat ini melalui sebuah gerbang dan kita akan di sambut oleh sebuah lingkungan yang sangat nyaman dan bersih ni guys. Area rumah penduduk disini tergolong rapi dan tertata ni guys , terdapat sebuah jalan yang memiliki lebar sekitar 3 meter yang bisa kita gunakan untuk menyusuri keindahan Desa adat Panglipuran ini guys. jalan Desanya menanjak dan berundak-undak ni guys dan yang paling tinggi terdapat sebuah pura yang biasanya di gunakan sebagai tempat untuk beribadah ni guys. Meskipun begitu selama menyusuri area ini kita tak akan merasa capek , karena selain suasana yang nyaman dan bersih , disini kita akan di manjakan oleh keunikan rumah penduduk yang semuah hampir mirip ni guys, mulai dari arsitektur bangunan , pintu gerbang yang hanya bisa di masuki oleh satu orang , atap rumah , cat rumah bahkan tata ruang mulai dari kamarpun hampir sama juga ni guys. Masyarakatnya begitu ramah dan wellcome kepada setiap para wisatawa yang berkunjung kesini guys , meraka tak segan untuk menunjukkan area sekitar desanya dan terkadang ada pula yang berjualan makanan bahkan oleh-oleh khas bali yang di buat oleh mereka sendiri sebagai pengrajin ni guys.

wisata di baliwisata di bali
Nah karena tempatnya sangat unik dan indah , maka hal wajib yang bisa kita lakukan disini adalah mengabadikan moment dengan bidikan kamera andalan kalian ni guys , baik dengan smartphone atupun kamera lainnya. Spot disini sangat unik dan indah dan pastinya akan membuat anda kebingungan untuk mengambil gambar dengan latar belakang yang sangat indah. Tapi ingat ni guys saat berfoto anda juga harus menjaga sikap dan tata krama kalian disini , karena ingat ni guys kita harus menghormati setiap budaya dan warganya ni guys. Satu lagi ni guys , terdapat sebuah spot foto yang sangat epic dan indah , letaknya berada di paling atas tepatnya di sebuah pura de3sa ni guys. Disini kita bisa melihat megahnya pura yang biasanya di gunakan warga untuk bersembahyang dan disini pula kita bisa melihat megahnya serta indahnya desa panglipuran ini dari atas sini guys yang tertata rapi.

Oh ya ni guys Desa adat panglipuran ini selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan bahkansat wekend tiba tempat ini tak pernah sepi oleh kunjungan wisatawan ni guys. Disini , selain bisa menikmati suasana bali yang masih alami , kita juga bisa membeli oleh-oleh khas seperti minuman loloh cemcem yang terbuat dari perasan daun cemcem dan berwarna hijau serta rasanya seperti tape ataupun minuman loloh teleng yang terbuat dari bunga teleng. Selain kedua minuman khas tersebut disini kita juga bisa membeli berbagi macam souvenir cantik yang merupakan hasil ataupun karya meraka sendiri ni guys dengan harga yang sangat terjangkau.

wisata di baliwisata di baliwisata di bali
wisata di bali

Tips and Trick

Tips dan Trick saat berkunjung ke Dasa Adat panglipuran :

1. Pakailah baju yang sopan

2. Taati peraturan di Desa tersebut

3. Jagalah sikap dan sopan santun anda disini guys

4. Pakailah jaket ataupun baju panjang karena udaranya bisa sangat dingin

5. Jangan pernah mengambil ataupun mengotori tempat ini guys

Gallery (7)

Comments (0)