Indahnya Gunung Plawangan Nongkojajar

Gunung Plawangan NongkoJajar

fandyachmad | Tourist
Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia | Hiking & Trekking
22 Jun 2020


Indahnya Gunung Plawangan Nongkojajar
kali ini saya akan memberi info tempat kece yang pastinya memiliki keindahan yang tiada duanya dan letaknya berada di kaki gunung bromo yaitu gunung plawangan

How to Get There

Gunung plawangan ( lawangan ) adalah sebuah gunung kecil yang memiliki ketinggian di atas 1000 Mdpl yang terletak di Dusun Manggungan Desa Blarang Kecamatan Tutur Kabupaten pasuruan. Gunung plawangan ini menawarkan keindahan panorama alam dari ketinggian yang sangat menakjubkan , seperti halnya dari atas puncak plawangn kita bisa melihat indahnya panorama pegunungan Tengger beserta bebukitan indah di sekelilingnya dan gunung ini menjadi salah satu spot  terbaik untuk menikmati sunrise juga ni gaes.

Gunung Plawangan NongkoJajar
lalu bagaimana cara untuk menuju ke gunung plawangan ini ?

 

sebenrnya untuk menuju ke gunung plawangn ini bisa di akses dari 2 jalur ni gaes yaitu bisa dari kabupaten malang via Jabung dan dari kabupaten pasuruan via nongkojajar. nah kali ini saya mengambil via nongkojajar , untuk rutenya dari arah pertigaan Purwodadi anda bisa meneruskan menuju ke arah penanjakan gunung bromo melalui plakat yang terdapat di pertigaan tersebut , nah anda terus saja hingga sampai di pasar nongkojajar sejauh 20 km dengan kondisi jalan yang beraspal bagus namun berliku-liku karena dalam kawasan pegunungan ni gaes , setelah sampai di pertigaan pasar nongkojajar belok kanan dan lanjutkan sejauh 2 km lalu anda akan menemukan pertigaan pertama lalu belok ke kiri menuju ke Desa Blarang. Awal memasuki pertigaan tersebut jalanan tergolong susah karena jalan sudah rusak hingga 500 meter namun masih bisa di lalui motor bahkan mobil juga . Namun setelah 500 meter jalan sudah mulai bagus dan anda ikuti saja jalan tersebut menujuke  arah Dusun manggungan yang akses jalannya merupakan salah satu jalan penghubung antara Jabung ( kab. malang ) dan manggungan ini. sepanjang perjalanan kita akan di suguhkan view keren mulai dari perkebunan apel warga setempat hingga bebukitan yang sangat keren di sekeliling serta sejuknya udara yang akan membuat siapapun akan terpesona saat berkunjung kesini.

Gunung Plawangan NongkoJajarGunung Plawangan

nah saat mendekati bukit tertinggi disini jalan berubah menjadi paving dan menanjak pertanda kita akan sampai di lokasi dan disini terdapat lokasi parkir kendaraan  di pinggir jalan yang telah di kelola oleh warga setempat. Untuk biaya parkir kita akan di kenakan Rp. 10.000/motor dan Rp.20.000/mobil namun karena disini baru di buka jadi untuk retribusi masuk tak di kenakan biaya hanya saja kita perlu pemandu / guide untuk memandu kita sampai di puncak plawangan.

wisata pandaan Gunung Plawangan NongkoJajarWisata sekitar bromo



What to Do

lalu apa saja yang bisa kita lakukan disini ???

 

nah dari parkiran kita akan melakukan tracking sejauh 1 km untuk menuju ke puncak plawangan. jalurnya berupa jalan setapak kecil yang biasanya warga lokal gunakan untuk meneju ke kebun di sekitar plawangan ni gaes. jalannya tak begitu lebar dan di kanan kiri sudah berupa jurang yang lumayan dalam namun disini kita akan di suguhkan indahnya view gunung semeru ,view desda Taji malang serta view pedesaan sekitar yang sangat indah. pastinya anda tak akan melewatkan moment ini dengan cara berfoto karena beckground yang sangat indah dan menakjubkan akan membuat lelahnya tracking karena jalan yang lumayan menanjak akan sedikit hilang.

wisata malangGunung Plawangan NongkoJajar

Nah saat sampai di track terakhir menuju puncak , jalannya semakin menanjak hingga kemiringan 70 derajat yang pastinya akan menguras semua tenaga anda disini , apalagi di kanan kirinya berupa jurang yang sangat dalam kita harus selalu waspada dan hati-hati sat melangkah. setelah kurang lebih 10 menit melewati track tadi kita akan sampai di puncak yang tak memiliki tempat luas untuk beristirahat , namun disini semua lelah dan energy yang terkuras barusan akan hilang seketika saat kita di suguhkan oleh pemandangan yang sangat indah dari ketinggian sini . hembusan angin yang menyejukkan jiwa , hijaunya pemandangan di sekeliling serta megahnya bukit kecil di depan kita akan membuat takjup serta kagum saat berada disini. namun saat di atas kita juga harus waspada karena mengingat tempat yang tak terlalu lebar dengan jurang di kanan kiri kita , harus selalu waspada dan jangan salah pijak. kegiatan wajib dengan view yang sangat kece ini adalah mengabadikan moment dengan camera andalan kita ni gaes. Karena setiap sudut di kanan kiri depan belakang kita akan di suguhkan oleh pemandangan alam yang pastinya akan membuat hasil karya foto kita sangat menakjupkan dan pastinya instragamable. selain berfoto , kita juga bisa menikmati sambil duduk memandangi karya tuhan sambil makan ataupun minum  untuk melepas penat dan lelah. Oh ya ni gaes di sini kita juga bisa camping namun bukan di puncaknya melainkan di dekat jalur awal saat kita akan memulai tracking tadi.

Wisata sekitar BromoGunung Plawangan NongkoJajar

Wisata di nongkojajarwisata Gunung Plawangan NongkoJajar


Wisata pasuruanGunung Plawangan NongkoJajar

Wisata di sekitar Malang

Gunung di Malang





 

Tips and Trick

                 Tips dan Trick saat berkunjung ke gunung plawangan :

1.      Bawa makanan dan minuman karena tak ada orang yang berjualan disini

2.      pakai alas kaki yang nyaman di kaki dan anti selip

3.      bawa guide lokal untuk memandu kita disana jika tak pernah kesana sebelumnya

4.      datang saat musim kemarau karena jika musim hujan jalan bisa licin dan bahaya

5.      Tidak di sarankan untuk yang fobia akan ketinggian

6.      patuhi peraturan disana seperti tidak berfoto di tempat yang berbahaya

7.      bawa jas hujan kresek karena terkadang cuaca bisa saja hujan  tiba-tiba

8.      bawa camera andalan kalian untuk mengabadikan moment disini

 

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY