500 views | 1 Likes

Explore Pulau Paniki, Desa Kulu, Minahasa Utara

5 star (from 3 people)
Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 18 March 2019, 20:32:08
Ferdy13
Sightseeing

Ok, Kali ini kita akan explore pantai di Minahasa Utara yang terkenal karena pasir putih dan air laut yang jernih

How to Get There

Perjalanan kita di mulai dari Pusat Kota Manado, untuk jarak tempuh dari Manado ke  desa kulu menggunakan mobil dapat ditempuh selama kurang lebih 1,5 jam (tentunya sudah di hitung dengan macetnya..:D).

Tiba di desa kulu, langsung bisa tanya ke warga setempat arah menuju ke dermaga, tidak usah khawatir tersesat karena didesa ini hanya memiliki satu dermaga dan jarak dari Jalan raya ke dermaga sekitar -/+ 500 meter. Setiba di dermaga langsung bisa di temui spot untuk foto yang keren, karena di dermaga ini terdapat jalan masuk untuk perahu yang akan masuk ke dermaga yang di apit oleh hutan bakau di sekitarnya.



Untuk ke pulau paniki harus menggunakan perahu yang bisa di sewa ke nelayan sekitar dermaga. dan karena tempat ini cukup terkenal saat ini, jadi sudah ada beberapa warga yang stay di dermaga untuk menawarkan tumpangan ke pulau paniki denga harga kisaran Rp. 100rb untuk satu perahu yang bisa antar jemput. Kalau perginya sendiri atau berdua tentunya bisa bareng dengan kelompok lain yang akan ke pulau, dengan patungan tentunya.

 



Perjalanan ke pulau paniki bisa ditempuh selama 15 menit dari dermaga, yang tentunya di suguhi pemandangan yang cukup menyegarkan mata. di kanan kiri terdapat hutan bakau dengan mangrove nya yang menghijau, perbukitan hijau yang juga menarik untuk di foto dengan air yang jernih yang tentunya ikan dan rerumputan di bawah air bisa di lihat dengan jelas.










What to Do

Sesampai di pulau paniki langsung disuguhi pasir putih yang sangat indah dan air laut yang sangat jernih. dan sebagai informasi, pulau ini akan muncul dari pukul 10.00 pagi sd 14.00, setelah itu akan kembali tertutup air sampai dengan sore. di tahun 2015 sebenarnya pulau ini pernah di bangun jalan dermaga dari kayu dan ada rumah kayu dengan pondasi beton yang di bangun di pulau ini, karena tidak terawat jadi di rusak ombak. dan saat ini tinggal tersisa rangka-rangka nya.





Air nya sangat-sangat menggoda untuk menggoda untuk berenang, jadi sesampai di pulau kita makan siang dulu setelah itu langsung berenang di pantai sekitar pulau, dan aman untuk anak kecil karena airnya tidak dalam disekitar pulau. Berenang di Air yang jernih dengan ikan-ikan kecil berwarna-warni yang juga ikut berenang.


















Tips and Trick

- Jangan Lupa Bawa Sunblock karena sinar matahari yang sangat terik, apalagi tidak ada pohon yang cukup rindang untuk berteduh. bawa tenda sangat-sangat disarankan untuk berteduh.

- Bawa kamera DSLR/Mirrorless dan untuk underwater (gopro, dll)

- Bawa makanan dan air minum yang cukup (Enak juga kalo bisa barbeque di pantai)

- Disarankan Pukul 04.00 paling lambat sudah bisa balik ke dermaga, karena air di pulau sudah mulai tinggi.

- Harga sewa mobil type avanza dan sejenisnya bisa dapat 350rb - 400rb yang bisa digunakan seharian penuh (tanpa sopir)

Where to Stay

Di desa kulu hanya ada rumah warga, tidak ada homestay apalagi hotel. Untuk backpacker dari luar daerah manado bisa disarankan untuk mengambil penginapan di hotel terdekat yang cukup keren juga seperti cocotinous resort, Grand luley, La merry resort, Kinaari resort dengan kisaran harga 800rb atau hotel vina, hotel mel's inn yang dekat dengan bandara dengan kisaran harga 250rb-an.

Gallery (10)

Comments (7)