192 views | 1 Likes

Hutan Pinus Pengger, Destinasi Hits Jogjakarta Bikin Seger

5 star (from 2 people)
Bantul, Yogyakarta, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 18 March 2019, 11:32:37

wisata yang hits satu ini memang menjadi spot foto kekinian!

How to Get There

Setelah sekian lama ngga traveling, akhirnya Minggu lalu aku traveling juga nih. Terakhir aku traveling ke Madura buat pergi ke Wisata Toron Samalem dan cicipi kuliner Rujak Madura nya, kali ini aku mau share pengalaman traveling aku ke Jogja Minggu lalu nih. Aku berangkat ke Jogja sendirian dengan naik kereta, soalnya disana udah ada temen aku yang bakal ngajakin jalan-jalan.

Hari pertama di Jogja, aku pergi ke Kabupaten Bantul dan mengunjungi salah satu wisata yang cukup hits disana, yaitu Hutan Pinus Pengger. Hutan Pinus Pengger ini berada di kawasan Hutan Mangunan yanga ada di Dusun Sendangsari, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Untuk menuju kesana, aku ditemani salah satu teman naik motor.

Rute menuju Hutan Pinus ini cukup mudah. Dari pusat kota Jogja, arahkan kendaraan menuju Jalan Wonosari untuk menuju ke Bukit Bintang, trus kalo udah sampe di perempatan Pathuk, arahkan kendaraan ke Dlingo yang jaraknya sekitar 4,5 km. Ikuti aja terus jalannya sampe ketemu Hutan Pinus Pengger di kanan jalan.

What to Do

Tiba di Hutan Pinus Pengger, kami langsung parkir motor dan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3000 per motor. Nah, ternyata kita ngga dikenakan biaya tiket masuk lagi nih guys ke dalam hutannya. Jadi cukup bayar Rp 3000 untuk parkit motor dan Rp 5000 buat kalian yang bawa mobil. Murah banget kan?

hutan pinus pengger

Topografi Hutan Pinus Pengger ini lumayan berbukit, jadi untuk sampe ke tengah area hutan pinus, kami harus berjalan kaki melewati anak tangga yang terbuat dari tanah. Kalo pas musim hujan seperti saat ini, tangga ini berasa licin. Jadi kudu pake alas kaki yang bener-bener nyaman dan extra hati-hati.

hutan pinus pengger

Hutan Pinus Pengger ini cukup luas tempatnya guys. Lokasinya yang ada diketinggian membuat udaranya terasa sejuk, meskipun saat itu kami datangnya pas siang hari. Apalagi banyaknya pohon pinus yang tumbuh berjejer membuat suasana makin terasa sejuk. Karena pohon-pohon ini cukup tinggi dan rapat, jadi suasananya pun berasa teduh. Pohon-pohon Pinus ini juga menjadi spot foto yang cukup instagramable lho guys.

hutan pinus pengger

Selain menikmati kesegaran udara dan keindahan hutan pinus, pengunjung yang datang juga bisa foto-foto di beragam spot foto menarik yang udah disediakan disini. Lokasi foto-foto ini adalah rumah pohon, jembatan kayu yang menghubungkan antara pepohonan, instalasi seni dari jalinan kayu dan juga lubang yang menghadap ke kota Jogja. Coba kami kemaren datengnya malem, kami bisa melihat cahaya lampu dari ketinggian ini bagaikan bintang. Keren banget pastinya!

hutan pinus pengger

hutan pinus pengger

hutan pinus pengger

Anyway, fasilitas yang disediakan pihak pengelola untuk pengunjung ini lumayan lengkap kok guys. Disini udah ada toilet, mushola, gazebo untuk bersantai dan juga warun kecil yang menjual makanan. Jadi kalo kalian ngga bawa bekal, ngga usah kawatir bakal kelaparan disini.

Gimana? Keren banget kan Hutan Pinus Pengger ini? So, kalo kalian main ke Jogja, jangan lupa buat mampir kesini ya, apalagi kalo kalian suka foto-foto. Hutan Pinus Pengger ini punya banyak banget spot foto yang keren buat feed Instagram kamu. Selamat traveling!

Video by TRANS7 OFFICIAL

 

Tips and Trick

  • Untuk menuju kesini, aku saranin buat naik kendaraan pribadi atau kalian bisa sewa dari pusat kota Jogja.
  • Bawa kamera buat foto-foto.
  • Ajak temen-temen dan keluarga kalian.
  • Pakai alas kaki yang nyaman.
  • Waktu terbaik buat berkunjung adalah sore hari sampe malam hari.
  • Jaga kebersihan tempat wisata ini.

Gallery (6)

Comments (4)