72 views | 1 Likes

prau tidak pernah mengingkari janjinya

4 star (from 2 people)
Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 16 March 2019, 21:59:49
daffaarinki
Sightseeing

hallo , ini adalah first time gua bikin tulisan untuk sedikit bercerita pengalaman gua dalam dunia pendakian , jadi gua bakal cerita tentang pengalaman mendaki gunung prau di daerah wonosobo , jawa tengah. nah gunung prau itu memiliki ketinggian 2565mdpl

How to Get There

di akhir tahun 2018 kemarin gua dan temen gua berencanakan untuk mendaki gunung prau . yaa sekitar di akhir november . dan pada pendakiannya gua hanya ditemani 1temen gua alias duo hiking ke prau . karena temen temen gua yg lain banyak yang harkos (harapan kosong)


. gua berangkat dari bandung sesudah magrib , berkumpul dari terminal cicaheum gua membeli tiket bis sinar jaya seharga 70rb an jurusan bandung - wonosobo , perjalanan menuju wonosobo itu lumayan menguras tenaga juga sob karena lamanya perjalanan sekitar 9 jam an.  nah gua sampai di terminal wonosobo tuh sekitar jam set 4an subuh. dan gua akhirnya memustukan untuk istirahat di alfamart di dekat terminal tersebut  sambil membeli kebutuhan logistik juga yang kurang . karena untuk mencapai dieng kita perlu make bus kecil lagi jurusan wonosobo - dieng dan biasanya bis tayo itu baru beroperasi jam 6 pagi . nah waktu perjalanan itu sendiri sekitar 1,5-2 jam an . soalnya lumayan jauh juga dan jalannya itu naik turun gitu kaya lagi naik rollercoaster hehehehe . oh iya fyi buat bis tayo jurusan wonosobo-dieng itu harganya 20rb .

What to Do

perjalanan dari terminal wonosobo ke kawasan dieng itu butuh waktu sekitar 1,5-2 jam an,  dan jalur pendakian gunung prau itu ada 4-5jalur gitu , nah tapi yang terkenal jalur pendakiannya di gunung prau itu jalur pendakian dieng dan patak banteng . waktu itu ketika gua naik gunung prau gua memutuskan gua naik lewat dieng dan turun lewat jalur patak banteng . sekitar jam 8 pagi gua udah sampai di basecamp dieng , dan pas sampe basecamp gitu udh seneng aja soalnya liat pemandangan nya udah keren banget dan sejuk udaranya yg sangat khas dengan wangi sayuran dari perkebunan warga . nah di basecamp gua istirahat dulu santai santai dulu sambil ngobrol dengan pendaki lain . dan di setiap basecamp itu juga tersedia wc,  musola dan rmh istirahat buat pendaki gitu jadi fasilitasnya udah mendukung lah . tiket masuk gunung prau itu murah harganya cuma 10 rb , sekitar jam 10 pagi gua pun mulai mendaki gunung prau,  trek awal yg dilewati itu adalah perkebunan warga karena mayoritas warga disana adalah petani . treknya pun ga terlalu curam , normalnya tuh dari basecamp dieng ke puncak tuh sekitar 3-4jam perjalanan buat sampai puncak . cuman kebanyakan yg mendaki prau itu untuk mendirikan tendanya itu bukan di puncak tapi ada namanya di bukit teletabis , waktu dari puncak ke bukit teletabis itu perlu sekitar 1,5jam an karena kita harus naik turun beberapa bukit dulu hingga sampai ke bukit teletabis,  pemandangan di bukit teletabis itu sangat keren banget.  kalo cuacanya mendukukung kalian bisa melihat gunung kembar sindoro sumbing dan merapi merbabu dengan jelas .





Tips and Trick

tips nya buat kalian yg mau naik ke prau , selain kalian memakai bis untuk menuju ke dieng kalian bisa menggunakan mobil carteran . untuk sekali jalannya sekitar 350rb tapi bisa di tawar jadi ya jago jago aja kalian nego nya . terus buat yg nyewa tenda , kompor , sb , matras dan peralatan gunung yg lainnya . di deket terminal sobo ada ko tempat rental alat gunung jaraknya ga jauh sekitar 300m dari terminal wonosobo . jadi lumayan bisa mengiritkan budget juga . terus kalo kalian pingin dapet view yang kece badai saya saranin kalian hiking di musim kemarau , tapi usahain jgn pas longweekend atau libur juga soalnya pasti penuh banget kaya pasar pas disananya . sekian dan terima kasih

 

nb : jangan lupa membawa sampahmu kembali,  jaga kelestarian gunung jangan melakukan vandalisme yaa 

Gallery (3)

Comments (1)