87 views | 1 Likes

Sunrise Gunung Batur Yang Memikat Hati

4 star (from 1 people)
Bangli, Bali, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 14 March 2019, 14:10:05

Siapa bilang pulau Bali hanya terkenal akan surga baharinya ni guys , disisi lain Paulau ini juga memiliki keindahan alam yang bakal membuat anda jatuh hati dengan suasana alam pegunungannya yaitu Gunung Batur.

How to Get There

Gunung Batur adalah salah satu Gunung berapi aktif yang terletak di kecamatan Kintamani , kabupaten Bangli , Bali. Gunung Batur ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati panorama sunrise di pulau dewata dengan view danau kintamani yang eksotis beserta view gunung agung yang sangat megah di depannya. Gunung Batur ini memiliki ketinggian 1717 Mdpl dan sangat cocok untuk para pendaki pemula ni guys. Oh ya ni guys Gunung Batur ini merupakan salah satu gunung yang memiliki kaldera terbesar di dunia. Hal ini dikarenakan Gunung ini pernah meletus hebat pada tahun 1926 yang memusnahkan pura ulun danu Batur beserta Desa Batur sehingga membentuk kaldera yang berukuran 13.8 km X 10 km. Di sini juga terdapat danau cantik yang bernama Danau Batur dengan memiliki luas 16 km persegi dan terdapat pada ketinggian 1050 Mdpl serta memiliki kedalaman hingga 88 meter ni guys.


Lalu bagaimana cara untuk menuju ke Gunung Batur ini ???

 

Secara administratif gunung Batur ini berada di Kintamani dan berjarak 68 km dari pusat kota Denpasar serta dapat di tempuh selama 2 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi ataupun motor. Kondisi jalan yang sangat bagus hingga sampai di parkiran area pendakian gunung batur ni guys. Sesampai di loket Kita akan di kenakan retribusi masuk sebesar Rp.15.000/org ( turis lokal ) dan Rp.30.000/org ( turis mancanegara ) serta Biaya parkir kendaraan sebesar Rp.5000 ni guys. Nah dari loket tersebut kita akan melanjutkan tracking untuk menuju ke gunung Batur selama kurang lebih 1.5 hingga 2 jam ni guys. Untuk bisa menikmati sunrise anda harus datang pada dini hari dan memulai tracking pada pukul 03.00 pagi hingga 05.00 untuk mendapatkan view sunrise di atas gunung batur yang sangat indah. Nah bagi yang belum pernah tracking ke gunung Batur anda akan di sarankan untuk menyewa guide local dengan biaya Rp.300.00 – 400.000/guide ni guys. Kondisi jalurnya terbilang agak susah karena terdapat kerikil dan pasir di sepanjang jalan menuju ke post 1 , jadi anda harus berhati-hati saat melangkah. Apalagi untuk menuju ke post 1 ini jalurnya menanjak dan anda harus ekstra waspada saat trcacking dini hari guys. Setelah sampai di Pos 1 , kita masih melanjutkan tracking ke puncak dan memerlukan waktu sekitar 40 menit dengan kondisi jalan berpasir yang lumayan licin dan sempit ni guys.

What to Do

Lalu apa saja yang bisa kita lakukan disini ???

Lelah iyah , dan Sesampai di puncak sekitar pukul 05.00 pagi kita akan disuguhkan oleh view kintamani yang sangat indah , terlebih lagi saatnya kita menikmati indahnya sunrise yang siap membuat anda jatuh hati saat berada di puncak gunung Batur ini guys. Disini anda akan merasakan saat sang surya mulai menampakkan dirinya dengan awan yang mulai berwarna keemasan dan menyapu udara dingin menjadi hangat hingga terasa di tubuh , serta view danau batur dan desa disekitar yang mulai tampak membuat anda akan merasa bersyukur saat berada di atas puncak gunung Batur pada pagi hari ini guys.


Mengabadikan moment dengan bidikan kamera andalan kalian adalah hal wajib , karena setiap moment mulai dari sang surya saat menampakkan diri memiliki moment keindahan yang pastinya akan membuat anda mencari angle foto yang sangat keren dan kece ni guys. Apalagi kita berada pada ketinggian dengan view pegunungan  serta danau Batur yang mempesona akan menghasilkan jepretan yang sangat epic dan instagramble ni guys. Oh ya ni guys disini kita juga bisa melakukan camping jika anda ingin merasakan nikmatnya berlama di gunung Batur yang indah ini guys. Namun sayangnya di sekitar Gunung Batur ini tak terdapat pepohonan jadi jika siang hari udara disini sangatlah panas serta saat malam hari jika anda camping disini bersiaplah untuk merasakan udara dingin yang siap menemani malammu disini guys.

Puas menikmati Indahnya panorama sunrise yang memukau , kita bisa menikmati salah sati keunikan yang dimiliki oleh gunung Batur ini guys yaitu sebuah asap panas yang keluar dari celah puncak dan dapat kita gunakan untuk memasak seperti telur guys. Cara memasaknya pun begitu gampang hanya tinggal mencari celah yang mengeluarkan asap dan kita taru telur tersebut hingga matang. Oh ya ni guys asap ini berasal dari panas bumi yang diperoleh dari pemanasan bebatuan dan air yang berasal dari kerak bumi ni guys. Nah dengan itu,  jika  anda ingin merasakan sensasi tersebut jangan lupa saat tracking menuju ke gunung Batur membawa Telur mentah ni guys.


Tips and Trick

Tips dan Trick saat berkunjung ke Gunung Batur :

1.       Sewa guide local jika anda pertama kali datang kesini.

2.       Pakailah alas kaki yang nyaman saat tracking

3.       Bawalah alat penerangan seperti senter saat anda tracking dini hari

4.       Bawa air mineral serta makanan karena tenaga anda akan di kuras saat menuju ke puncak

5.       Bawa kamera andalan kalian guys

6.       Jangan lupa memakai jacket tebal karena udara dinihari sangtalah dingin

7.       Bawa jas hujan untuk berjaga-jaga hujan saat berada di puncak karena tidak ada tempat untuk berteduh disini

8.   Jagalah tempat ini dari sampahmu agar selalu terjaga kealamiannya.

Gallery (11)

Comments (0)