108 views | 0 Likes

Mengintip Jejak Perjuangan Arek-Arek Suroboyo di Tugu Pahlawan & Museum 10 November Surabaya

0 star (from 0 people)
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Category: Historical Places

Posted on 14 March 2019, 10:50:37
gizeline
Tourist

Sampai di depan Tugu Pahlawan, kami disambut dengan patung Soekarno dan Hatta yang sedang membacakan teks proklamasi. Dibelakangnya terdapat lapangan...

How to Get There

Surabaya memang punya sejuta wisata sejarah yang bisa kita explore. Beberapa waktu lalu, aku pergi mengunjungi Museum HOS Tjokroaminoto, kemarin aku wisata sejarah lagi nih guys ke salah satu ikon kota Surabaya, yaitu Tugu Pahlawan.

Kebetulan Minggu lalu aku janjian sama salah satu temen kuliahku buat jalan-jalan di sekitar kota Surabaya, akhirnya kamipun mutusin buat ke Tugu Pahlawan dan Museum 10 Nopember yang ada di dalamnya. Kami berangkat sekitar jam 9 pagi menuju ke Tugu Pahlawan yang ada di Jalan Pahlawan, Surabaya.




What to Do

Sampai di depan Tugu Pahlawan, kami disambut dengan patung Soekarno dan Hatta yang sedang membacakan teks proklamasi. Dibelakangnya terdapat lapangan yang cukup luas dimana lapangan ini biasanya digunakan untuk beragam kegiatan, seperti upacara, olahraga hingga acara drama kolosal yang menjadi agenda tahunan kota Surabaya. Diujung lapangan terdapat sebuah monumen yang tinggi menjulang, nah monumen ini yang dinamakan Tugu Pahlawan.

Tugu Pahlawan memiliki tinggi sekitar 41,15 meter dan memiliki bentuk lingga atau paku terbalik. Tubuh dari tugu ini berbentuk lengkungan-lengkungan sebanyak 10 lengkungan yang terbagi atas 11 ruas. Ternyata, tinggi, ruas dan lengkungan tadi punya makna yang berarti tanggal 10, bulan 11, tahun 1945. Pada tahu donk ya tanggal itu adalah hari apa? Yups, Hari Pahlawan.

Tanggal ini ngga cuma bersejarah bagi penduduk Indonesia aja, tapi juga seluruh Rakyat Indonesia. Tugu Pahlawan ini dibangun dengan tujuan untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya dimana arek-arek Suroboyo berjuang melawan sekutu yang akan menjajah Indonesia lagi. Tugu ini dibangun untuk menghormati arek-arek Suroboyo yang tewas selama pertempuran.

Beralih dari Tugu Pahlawan, ternyata didalam sini ada sebuah museum yang ngga kalah menarik, yaitu Museum 10 Nopember. Harga tiket masuk museum ini cukup terjangkau, yaitu cuma Rp 5.000 aja, tapi kalo kalian pelajar atau mahasiswa, kalian bisa masuk sini gratis hanya dengan menunjukkan kartu pelajar atau kartu mahasiswa kalian.


Museum 10 Nopember ini diresmikan pada tahun 2000 dan menyimpan benda-benda bersejarah pada pertempuran 10 Nopember 1945. Disini terdapat beberapa benda peninggalan Bung Tomo juga rekaman asli pidato Bung Tomo yang berapi-api membangkitkan gelora dan semangat rakyat akan kemerdekaan bisa didengarkan dari sebuah radio kuno.

Museum ini terdiri dari 2 lantai dimana lantai 1 berisi pameran 10 patung yang melambangkan semangat perjuangan arek-arek Suroboyo dan orasi Bung Tomo, juga ada ruang auditorium.


Sementara di lantai 2 adalah ruang pameran senjata, foto-foto dokumenter dan pameran koleksi peninggalan Bung Tomo. Selain itu, disini juga ada duang riorama yang menyajikan delapan peristiwa yang terjadi sekitar 10 Nopember 1945 lengkap dengan narasinya dalam berbagai bahasa. Sayangnya kemaren aku ngga bisa ambil foto didalam dioramanya soalnya gelap banget.



Overall, penempatan museum ini bagus banget ditambah lagi interiornya yang cantik membuat pengunjung betah berada di dalam museum. Ngga cuma interiornya yang cantik tapi eksteriornya juga menarik. Museum ini lokasinya ada di bagian bawah tanah lahan Tugu Pahlawan sedalam 7 meter sehingga museum ini terlihat menyembul dari tanah. 

Komplek Tugu Pahlawan ini memang cocok banget dijadikan objek wisata, pasalnya selain kita bisa napaktilas, disini juga banyak spot yang cukup instagramable buat kalian yang suka selfie. So, kalo main ke Surabaya, jangan lupa mampir ke Tugu Pahlawan dan Museum 10 Nopember ya guys.

Video by Sapto McSapi

Tips and Trick

  • Museum ini buka setiap hari Selasa - Jumat mulai jam 8 pagi sampe jam 4 sore. Sabtu - Minggu mulai jam 7 pagi sampe jam 3 sore.
  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Ajak keluarga dan teman.
  • Jaga kebersihan.

 

Gallery (15)

Comments (2)