172 views | 0 Likes

Danau Taman Hidup Argopuro, Si Cantik yang Penuh Misteri

5 star (from 1 people)
Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 13 March 2019, 11:17:49

Danau Taman Hidup di Gunung Argopuro ini memang cukup terkenal. Keindahannya memang bener-bener menyejukkan mata. Rasanya perjuangan untuk mencapi ke...

How to Get There

Gunung Argopuro memang terkenal sebagai salah satu gunung yang memiliki keindahan tersembunyi di Jawa Timur. Ngga cuma keindahannya aja yang menarik banyak pendaki, tapi juga ada juga cerita-cerita mistis yang sering membuat bulu kuduk bergidik. Dibalik semua cerita itu, ada salah satu spot yang menarik banyak perhatian setiap pendaki yaitu adanya Danau Taman Hidup yang indah. 

Beberapa waktu lalu, aku ditemani 5 orang teman lainnya memutuskan untuk mendaki Gunung Argopuro. Dari kota Probolinggo, kami berangkat menuju Bremi dengan mobil. Sesampainya disana kami harus mendaftar dulu ke Polsek Bremi atau Pos Penjagaan Bremi. Dalam proses perijinan ini pendaki dikenakan retribusi sebesar Rp 30.000 per orang. Dari pos penjagaan ini, kami harus trekking menuju Danau Taman Hidup sekitar 6 jam. Perjalannya emang panjang banget guys, tapi sepanjang jalan kami disuguhi hamparan perkebunan kopi dan teh yang menyejukkan mata.




What to Do

Danau Taman Hidup di Gunung Argopuro ini memang cukup terkenal. Keindahannya memang bener-bener menyejukkan mata. Rasanya perjuangan untuk mencapi ke danau ini bener-bener terbayar setelah sampai disini. Rasa lelah langsung hilang seketika. Danau ini punya sebuah dermaga kecil yang biasa dijadikan spot foto oleh pendaki ataupun untuk sekedar duduk-duduk sambil bersantai menikmati danau. Ditepian danau ini terdapat padang ilalang yang cukup luas. Ilalang inilah yang membuat danau ini terlihat lebih indah, jadi cocok banget buat foto-foto. 

Kami pun segera mendirikan tenda di sekitar danau ini, karena hari udah hampir gelap. Beberapa temen-temen sibuk mengabadikan momen di sekitaran danau yang perlahan mulai tertutup kabut. Kabut ini malah menjadikan foto-foto makin terlihat epik.

Sedikit cerita tentang dibalik keindahan danau ini, konon Gunung Argopuro dihuni oleh Dewi Rengganis yang sangat cantik. Pendaki yang hendak mendaki di gunung ini pun dilarang berkata kasar ataupun berteriak-teriak, bahkan pendaki harus bener-bener jaga tingkah laku. Soalnya, kalo ngga Dewi Rengganis bakal marah dan membuat kabut turun disertai hujan badai. Beberapa cerita juga menyebutkan sering kali ada pendaki yang hilang juga ada yang bilang kalo dayang-dayang Dewi Rengganis suka menggoda para pendaki untuk menceburkan diri ke dalam danau. Nah lho, makanya pas hari udah mulai gelap kita ngga ada yang berani buat mendekat ke danau.

Kami pun melewatkan malam disekitar tenda sambil bernyanyi dan menghangatkan diri disekitar api unggun. Untungnya rombongan kami ketemu dama beberapa pendaki lain, jadinya ngga sepi-sepi amat. Kemudian besok paginya kami kembali menikmati pemandangan di sekitar danau dan ternyata kereeennnn bangeett guys! Aku pun berjalan menuju dermaga, terlihat sedikit kabut yang perlahan mulai menghilang. Suasananya tenang banget, bener-bener tempat yang cocok buat melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Udara sejuk khas pegunungan bener-bener membiusku dan sejauh mata memandang hanya ada hijaunya hutan dan sesekali terdengar gemericik suara air dari danau. Rasanya ngga pengen pulang.


Sebenernya kami pengen banget buat melanjutkan perjalanan menuju puncak, tapi apa daya perbekalan dan timingnya kurang pas. Mungkin next time kami akan bener-bener prepare buat mendaki sampu puncak. Siangnya, kami beberes dan langsung turun lagi ke Bremi dan laporan lagi di pos penjagaan sebelum melanjutkan perjalanan kembali pulang ke Probolinggo.

Pendakian ke Danau Taman Hidup ini akhirnya berakhir dan sampe ketemu di perjalanan selanjutnya...

Video by yusuf rodeheaver

Tips and Trick

  • Sebelum berangkat, pastikan kondisi badan kalian cukup fit untuk mendaki.
  • Aku saranin buat mendaki di pagi hari.
  • Jangan lupa pakai baju hangat.
  • Bawa perbekalan yang cukup karena track cukup panjang dan melelahkan.
  • Bawa kamera.
  • Pakai alas kaki yang nyaman.
  • Ngga disarankan mendaki saat musim hujan.
  • Bawa obat-obatan.
  • Bawa turun lagi sampah kalian.

Gallery (6)

Comments (1)