Eksotisme Pantai Kelelawar di Kolaka

pantai kelelawar

pribadiganda | Tourist
Kolaka, Sulawesi Tenggara, Indonesia | Beach Exploring
06 Apr 2020


Eksotisme Pantai Kelelawar di Kolaka
Pantai Fotura alias Pantai Kelelawar di Kabupaten Kolaka menyimpan daya tarik bagi wisatawan, khususnya dengan adanya ribuan satwa kelelawar yang hidup di sekitar kawasan pantai.

How to Get There

Ciri khusus suatu tempat wisata selalu menjadi daya tarik besar terhadap wisatawan yang akan mengunjunginya. Tanpa daya tarik, suasana dan pengalaman yang didapatkan dengan mengunjungi tempat wisata tersebut hanya akan terasa biasa dan kurang berkesan.

Mengunjungi daerah Kabupaten Kolaka, wisatawan akan ditawarkan beberapa pilihan tempat wisata. Untuk wisata pemandian pantai sendiri, salah satu yang paling terkenal adalah Pantai Fotura atau disebut juga Pantai Kelelawar.

Disebut demikian karena kawasan pantai dan sekitarnya memang dihuni oleh ribuan kelelawar atau kalong dari berbagai jenis. Sehingga selain menjadi ciri bagi pantai tersebut, pemandangan ini juga mampu memberikan kesan yang menarik bagi para wisatawan.

pantai kelelawar
Satwa kelelawar tersebut biasanya tinggal di daerah pepohonan dekat kawasan pantai dan baru akan tampak menjelang senja atau malam hari. Namun, tanpa daya tarik itu juga, pantai kelelawar ini tetap layak untuk masuk daftar destinasi bagi para wisatawan.

Pasalnya, pantai ini sangat indah karena dihiasi dengan hamparan pasir putih bersih di sepanjang pesisirnya. Belum lagi riak pantai yang tenang, cocok menjadi tempat pemandian untuk keluarga.

pantai kelelawar
pantai kelelawar
Ditambah lagi di sekitar pantai tersedia beberapa titik berfoto yang menarik. Disediakan juga beberapa tempat berteduh yang nyaman bagi wisatawan. Karena itu, untuk mengunjungi tempat ini tidak akan cukup hanya sekali ataudua kali.

Pantai Fotura ini terletak di Desa Poturua, Kecamatan Watubangga, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Lokasinya yang berada di jalur lintas provinsi, sekitar 15 kilometer dari Bandara Sangia Nibandera atau 75 kilometer dari ibukota Kabupaten Kolaka, sehingga mudah dijangkau.

What to Do

Tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga maupun pasangan. Suasananya yang tenang dan bersih pasti membuat betah saat berkunjung. Bila ingin berenang di pantainya, wisatawan juga disediakan tempat untuk mandi air bersih selepas berenang.

pantai kelelawar
Biaya karcis untuk masuk ke pantai ini dihitung berdasarkan jumlah kendaraan. Satu sepeda motor dikenakan biaya lima ribu rupiah, sedangkan satu mobil cukup sepuluh ribu rupiah saja.

Tips and Trick
  1. Bawalah keluarga atau pasangan bila berkunjung ke tempat ini, karena momen seru terasa kurang bila hanya dilakukan sendirian

  2. Sediakan bekal yang cukup agar bisa sedikit berlama-lama menikmati keindahan suasananya tanpa khawatir rasa lapar melanda

  3. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen yang dilewati dengan kamera

  4. Selalu menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan

  5. Bila ingin menikmati pemandangan satwa kelelawar yang beterbangan, datanglah pada waktu sore hari menjelang senja, karena kelelawar tidak akan keluar dari sarang di saat pagi hari
Where to Stay
Tempat penginapan khusus untuk wisatawan belum tersedia di sekitar Pantai Fotura ini. Namun wisatawan bisa memesan penginapan kecil di sekitar Bandara Sangia Nibandera yang tidak cukup jauh dari lokasi pantai.
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY