262 views | 1 Likes

Air Terjun Mandin Damar, Surga di Tengah Hutan Borneo

3 star (from 1 people)
Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 11 March 2019, 15:10:20
sisil
Traveler

Setelah melalui beberapa jam perjalanan, tibalah kami di Air Terjun Mandin Damar. Kalau dilihat sekilas, Air Terjun Mandin Damar memiliki kecantikan...

How to Get There

Belusukan ke Kalimantan Selatan, Saranya ada yang kurang kalau pulang nggak membawa oleh oleh cerita yang berkesan. Borneo ini memang selalu punya cara untuk bikin aku betah dengan menikmati keindahannya. Meskipun kebanyakan disini adalah hutan, tapi banyak juga lho destinasi di Borneo khususnya di Kalimantan Selatan.

Perjalanan pertama, aku menuju ke Air Terjun Mandin Damar. Lokasi dari air terjun yang satu ini ada di Desa Gunung Raya, Kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Jalan termudah untuk sampai di Air Terjun Mandin Damar adalah melalui jalur Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Jalanan yang dilalui memang tidaklah mudah, tapi dari situlah sensasi traveling terasa hehe.

What to Do

Setelah melalui beberapa jam perjalanan, tibalah kami di Air Terjun Mandin Damar. Kalau dilihat sekilas, Air Terjun Mandin Damar memiliki kecantikan yang jarang dimiliki oleh air terjun lain. Yakni bentuknya yang melebar. Tinggi Air Terjun Mandin Damar ini hanya berkisar 10 meter. Tapi, dengan lebar 15 hingga 18 meter. Kebayang kan gimana kerennya Air Terjun Mandin Damar ini?

Banyak yang memberikan sebutan air terjun ini dengan sebutan Air Terjun Perawan. Hal itu dikarenakan air terjun ini masih sangat bersih dan indah. Kalau soal kebersihan air jangan ditanya lagi, jernih banget, nggak heran kalau banyak yang masih menyebutnya Air Terjun Perawan. Air Terjun Mandin Damar juga masih dikelilingi dengan hutan, itu juga yang menyebabkan Air Terjun Mandin Damar belum terkenal dan melejit namanya.

air terjun mandin damar

Berkunjung ke Air Terjun Mandin Damar ini emang bener bener bikin fresh. Bagaimana tidak? Kalau mau foto disini spotnya keren banget, ditambah lagi dengan suasananya yang mendukung. Buat kalian yang stress dan penat bisa lah dateng kesini, dijamin langsung beban pikiran ilang hehe. Jangan lupa bawa camera juga karena indahnya Air Terjun Mandin Damar wajib diabadikan dan dijadikan cerita pas pulang nanti hehe.

Saking bersih dan jernihnya, warga setempat percaya kalau air aliran dari Air Terjun Mandin Damar bisa langsung diminum tanpa dimasak lho. Tapi kalau mau cari aman, jangan lupa bawa air mineral dari rumah ya hehe.

air terjun mandin damar

Karena lokasinya yang cukup terpencil, nggak banyak fasilitas yang tersedia di Air Terjun Mandin Damar ini. kalau kalian mau datang dan membawa makanan, tentunya sanagt diperbolehkan. Ets tapi jangan lupa bawa sampahnya pulang ya, jangan mengotori area Air Terjun Mandin Damar yang indah ini.

Pengunjung bisa menikmati indahnya Air Terjun Mandin Damar dari 2 sisi lho. Yakni dari bawah atau dari atas air terjun. Buat kalian yang suka menantang adrenalin nih, bisa banget cobain ke atas guys. Lompat dari atas untuk berenang di sungai Air Terjun Mandin Damar juga bisa. Yang jelas, tetap dan selalu waspada ya!

air terjun mandin damar

Air Terjun Mandin Damar masih dikelilingi oleh hutan dan tebing. Nggak heran kalau hawanya masih alam banget. Kalau di kawasan Kalimantan masih cukup mudah ya menemukan tempat semacam ini. Jadi, kapan nih kalian liburan ke Air Terjun Mandin Damar? Jangan lupa bikin reviewnya di GoTravelly ya, biat aku bisa baca pas kangen sama air terjun yang satu ini. selamat mencoba!

Tips and Trick

  • Gunakan kendaraan yang memadai
  • Bawalah baju ganti
  • Jangan lupa bawa alat dokumentasi
  • Jangan mengotori area air terjun
  • Patuhi aturan yang ada
  • Jagalah kebersihan
  • Youtube : Andry Yan

Gallery (3)

Comments (1)