Menengok Indahnya Pantai Bajul Mati, Pantai Cantik yang Legendaris

pantai bajul mati malang

gizeline | Traveler
Malang, Jawa Timur, Indonesia | Beach Exploring
20 Apr 2020


Menengok Indahnya Pantai Bajul Mati, Pantai Cantik yang Legendaris
Pantai Bajul Mati menjadi salah satu pantai yang cukup populer di Malang selatan. Tak hanya indah, pantai ini juga menyimpan legenda dibalik penamaannya..

How to Get There

Perjalanan menyusuri pantai-pantai cantik di Malang berlanjut nih guys. Setelah dari Pantai Sendangbiru dan Pantai Ungapan, perjalanan kita terhenti di sebuah pantai yang tak kalah indah nih yaitu Pantai Bajul Mati.

Pantai Bajul Mati ini berada di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Dari pusat kota Malang jaraknya sekitar 61 kilometer dan bisa ditempuh dengan waktu perjalanan 2 hingga 3 jam. Dari Pantai Ungapan menuju pantai ini jaraknya ngga terlalu jauh kok guys, karena masih berada di Jalur Lintas Selatan.

pantai bajul mati malangJalur Lintas Selatan

 

What to Do

Untuk masuk ke pantai ini, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000 aja per orangnya. Karena kemaren kita datengnya pas weekday dan kondisi menjelang sore dimana hanya ada beberapa pengunjung aja yang dateng ke pantai ini. Akhirnya kita cuma harus bayar tiket masuk aja tanpa bayar parkir kendaraan.

pantai bajul mati malang

pantai bajul mati malangDisambut dengan buaya nih guys

Sama halnya dengan Pantai Ungapan, Pantai Bajul Mati juga punya karakteristik ombak yang besar dan pasir yang putih, kemudian dipadukan dengan pemandangan hamparan bebatuan karang yang sangat indah. Karena ombaknya yang besar inilah, pengunjung dilarang keras untuk berenang di pantai ini. Tapi tak usah khawatir guys karena kalian masih tetep bisa bermain air atau memancing di tepian pantainya dan tetep harus extra hati-hati ya.

pantai bajul mati malangCantik banget kan pantainya?

Untuk penamaannya, beberapa ada yang mengatakan jika di sekitaran pantai ini dulunya pernah ditemukan seekor buaya mati. Kejadian inilah yang kemudian menjadi tanda ditemukannya pantai Bajul Mati. Namun, versi lain mengatakan jika pantai ini diberi nama bajul mati karena adanya batu karang panjang yang bentuknya menyerupai seekor buaya. Saat menjelang malam, ketika batu karang tersebut disapu ombak, batu karang akan tampak seperti seekor buaya yang hidup.

pantai bajul mati malang

Ngga tau ya yang mana yang bener, tapi emang sih kalo diperhatikan sekilas batu karang itu agak mirip sama kepala buaya. What do you think, guys?

Selain Pantai Ungapan, Pantai Bajul Mati ini juga kerap dijadikan spot untuk berkemah karena memiliki garis pantai yang cukup panjang. Tak hanya itu, fasilitas di pantai ini pun cukup lengkap. Kalian bisa menemukan warung-warung kecil penjual makanan dan juga toilet untuk bersih-bersih setelah kalian main di pantai.

pantai bajul mati malangPapan petunjuk menuju spot lainnya

 

Video by Gotravelly

Tips and Trick

Nah, buat kalian yang suka banget mantai, ngga ada salahnya buat dateng ke Pantai Bajul Mati ini guys. Kalian bisa camping kalo pengen menikmati sunset ataupun sunrise. Tapi sebelumnya, beberapa hal berikut ini perlu kalian perhatikan:

  • Menuju pantai ini sama sekali ngga ada transportasi umum, kalian harus bawa kendaraan pribadi.
  • Jalanan menuju kesini cukup jauh dan berliku, persiapkan energy dan cek kondisi kendaraan kalian.
  • Kalian bisa bawa bekal dari rumah, just in case penjual disini pada tutup. Biar ngga kelaperan kayak aku kemaren.
  • Pake sunblock ya biar ngga gosong.
  • Pake alas kaki yang nyaman.
  • Jangan buang sampah ke laut.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY