155 views | 2 Likes

Liburan Singkat Di Candi Tridharma: Satu-satunya Candi di Cianjur!

4 star (from 2 people)
Cianjur, Jawa Barat, Indonesia
Category: Historical Places

Posted on 08 March 2019, 10:59:52
sandal
Tourist

Candi Tridharma ini punya bentuk yang mirip banget sama Candi Borobudur yang ada di Magelang. Beda banget sama candi-candi kebanyakan di Indonesia...

How to Get There

Setelah lumayan lama ngga liburan, akhirnya kemaren aku sempetin buat jalan-jalan di sekitaran Cianjur. Kalo di sekitar Cianjur biasanya aku explore banyak curug atau pantai, kali ini aku bakalan share cerita liburan aku kemaren di sebuah candi di Cianjur, yaitu Candi Tridharma.

Untuk menuju Candi Tridharma, kalian bisa menuju Pasar Cipanas lalu belok kanan, kalo kalian dari arah Jakarta, kemudian melewati jalan menuju Gunung Putri. Petunjuk jalannya masih minim guys, jadi kalo kalian bingung kalian bisa tanya sama penduduk sekitar. Akses jalannya juga cukup mulus, bisa diakses dengan motor ataupun mobil. Kebetulan kemaren aku motoran bareng sepupuku dan kami bisa menikmati pemandangan yang indah banget, soalnya kalian bakal ngelewati perkebunan dan persawahan yang tehampar luas, plus bonus merasakan bawa pegunungan yang segar.




What to Do

Candi Tridharma ini punya bentuk yang mirip banget sama Candi Borobudur yang ada di Magelang. Beda banget sama candi-candi kebanyakan di Indonesia dan candi ini merupakan satu-satunya candi yang ada di Cianjur. Kalo biasanya candi-candi di Indonesia itu dibangun pada awal masehi dan berlangsung di abad kerajaan Hindu-Buddha, Candi Tridharma ini dibangunnya di era milenial yaitu sekitar tahun 2000an dan tanpa adanya pengaruh dari sebuah kerajaan.

Awalnya bangunan candi ini dibangun sebagai tempat ibadah umat Buddha, yaitu Vihara yang berbentuk candi. Bangunan ini dulunya bernama Vihara Bumi Tridharma dan pembangunannya masih belum 100 persen selesai. Pembangunan vihara ini baru selesai sekitar 70 persen dan harus dihentikan karena tidak ada ijin resmi dari pemerintah daerah. Selain itu juga adanya penolakan dari warga sekitar menjadi alasan dihentikannya pembangunan tempat ibadah ini. Ngga heran kalo candi ini akhirnya menjadi terbengkalai dan dibiarkan berlumut.

Meskipun candi ini masih belum 100 persen selesai dan dibiarkan terbengkalai, hal ini justru menyedot perhatian masyarakat sekitar untuk datang berkunjung. Jelas aja sih, soalnya candi ini adalah satu-satunya bangunan candi di Cianjur dan kemudian belakangan ini menjadi tempat wisata yang instagramable di Cianjur. Ngga heran kalo banyak banget pengunjung yang menjadikan tempat ini sebagai spot untuk foto-foto, bahkan banyak juga pasangan yang menjadikan tempat ini sebagai spot foto prewedding mereka.

Keunikan lain dari Candi Tridharma ini dibandingkan dengan candi lainnya yang ada di Indonesia, dimana notabene candi-candi di bangun dari tumpukan batu dengan ukuran yang besar dan memiliki ruangan kecil di dalamnya tanpa adanya materi modern seperti kayu dan semen. Nah, candi ini dibangun dengan menggunakan peralatan dan bahan modern. Batu yang digunakan pun berukuran kecil. Di dalamnya juga terlihat seperti bangunan rumah yang ada ruangan besarnya seperti sebuah vihara. 

Sayangnya, masih belum ada fasilitas yang memadai dibangun disekitar candi ini. Meskipun begitu, Candi Tridharma ini bisa menjadi jujugan wisata yang menarik buat kalian yang lagi liburan di Cianjur atau sekitarnya. Misalnya ada kayak libur Nyepi kemaren, banyak banget wisatawan yang datang berkunjung ke candi ini. 

Aku pribadi sih rekomendasiin wisata ini ke kalian soalnya selain tempatnya yang unik dan instagramable, kalian juga bisa sekalian berwisata budaya disini. So, ngga ada ruginya deh kalo berkunjung!

Video by GIMY28

Tips and Trick

Buat kalian yang mau datang kesini, aku punya beberapa tips nih:

  • Karena wisata ini masih belum dibuka resmi, jadi tidak dikenakan tiket masuk yang pasti.
  • Disini belum ada penjual makanan dan minuman, jadi kalian wajib bawa sendiri ya kalo ngga mau kelaparan.
  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Pakai alas kaki yang nyaman.
  • Pakai baju hangat atau jaket soalnya udaranya cenderung dingin.
  • Jangan rusak bangunan disini, soalnya udah ada beberapa yang rusak dan dicorat-coret.
  • Jaga kebersihan.

Gallery (5)

Comments (1)