134 views | 2 Likes

Air Terjun Matayangu, Si Cantik dari Sumba Nusa Tenggara Timur

4 star (from 3 people)
Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 06 March 2019, 11:33:32
jangkaru
Sightseeing

  Air Terjun Matayangu ini memiliki 2 air terjun, tapi nggak keduanya memuncukan debit air. Yang satu adalah air terjun dengan tinggi 75 meter, dan...

How to Get There

Sumba. Kawasan yang tentunya kalian tau sendiri kan gimana indahnya. Salahsatu lokasi di Indonesia yang pengen aku explore keindahannya selain Bali. Yap, Sumba memang menyimpan banyak sekali wisata alam.

Salahsatu wilayah di Nusa Tenggara Timur ini nggak hanya punya pantai yang keren dan pulau Komodo yang terkenal, ada satu air terjun yang nggak kalah keren dari pantai pantainya. Ada air terjun terpencil di tengah hutan yang bikin kami pensaran banget. Namanya adalah Air Terjun Matayangu.

Kalau kalian cari di internet soal Air Terjun Matayangu, kalian tentunya akan menemukan foto atau gambar yang indah dari Air Terjun Matayangu. Lokasinya yang berada di tengah hutan sepertinya membuat Air Terjun Matayangu ini masih indah dan belum terkena polusi baik sampah maupun yang lainnya.

Dari Kupang, kalian bisa menempuh perjalanan udara untuk sampai di Waingapu. Perjalanan Kupang – Waingapu ditempuh dengan waktu kurang lebih satu jam perjalanan. Ets, nggak berhenti sampai disitu, kami masih harus menempuh perjalanan darat yang ditempuh dengan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Setelah sampe di Waikabubak, yakni desa terakhir, pengunjung masih harus menempuh perjalanan lagi sekitar 3 jam perjalanan lho, hingga akhirnya sampe di Taman Nasional Manupe. Taman Nasional Manupe merupakan lokasi tempat Air Terjun Matayangu berada.

Jangan tanya soal rasa capek, jelas capek ya. belum lagi kami harus menempuh perjalanan dengan trek yang sulit.  Tapi semua akan terbayar kunas saat kalian tiba di kawasan Air Terjun Matayangu, melihat biru dan bersihnya air, pegel langsung ilang hehe. Jangan lupa siapkan kondisi tubuh yang fit kalau mau berkunjung ke Air Terjun Matayangu.  

Youtube : umbu moto

What to Do

 

Air Terjun Matayangu ini memiliki 2 air terjun, tapi nggak keduanya memuncukan debit air. Yang satu adalah air terjun dengan tinggi 75 meter, dan yang satu lagi setinggi 130 meter. Nah yang 130 meter ini nih baru memunculkan debit air saat musim hujan saja jadi kalau pengen menikmati indahnya Air Terjun Matayangu dengan sempurna, kalian bisa datang di bulan bulan musim hujan ya.

Jangan heran alau kebanyakan warga menyebut Air Terjun Matayangu sebagai tempat keramat. Emang sih, Air Terjun Matayangu sering digunakan warga Merapu untuk beribadah. Mereka percaya bahwa Air Terjun Matayangu adalah tempat bersemayamnya para leluhur Merapu.



Air Terjun Matayangu ini juga memiliki gua lho. Tapi hanya bisa dilihat di saat saat tertentu. Kalau airnya lagi deras, kalian tidak akan melihat gua di Air Terjun Matayangu. Tapi kalau debit air lagi kecil, gua yang ada disini akan terlihat jelas.

Indahnya Air Terjun Matayangu emang selalu bikin gagal fokus. Jangan lupa siapkan camera dengan baterai yang full, karena kalian nggak akan puas nih kalau pulang nggak membawa oleh oleh foto yang banyak. Biasanya cewek cewek nih yang rempong banget kalau foto, apalagi melihat pemandangan yang sekeren ini, dijamin nggak mau pulang haha!

Nggak hanya airnya yang jernih yang bikin Air Terjun Matayangu ini cantik dipandang. Barisan tebingnya yang keren juga menambah indahnya pemandangan disini, selain itu, pepohonan yang ada juga bikin kawasan wisata Air Terjun Matayangu makin sejuk.

Nggak sia sia perjalanan explore Sumba kali ini. Finally nemu tempat baru di Sumba. Meskipun butuh waktu dan perjuangan keras untuk sampai di Air Terjun Matayangu, tapi bener bener memanjakan mata dan bikin puas.

 

Tips and Trick

  • Gunakan kendaraan yang memadai
  • Pastikan kondisi tubuh fit!
  • Jangan lupa bawa baju ganti kalau mau main air
  • Jangan lupa bawa camera juga hehe
  • Selamat liburan ke indahnya Air Terjun Matayangu Sumba!

Gallery (4)

Comments (2)