Pasar Laron, Tempat Hunting Oleh-Oleh dan Kuliner di Kota Batu

pasar laron batu

gizeline | Traveler
Batu, Jawa Timur, Indonesia | Night Market
28 Apr 2020


Pasar Laron, Tempat Hunting Oleh-Oleh dan Kuliner di Kota Batu
Berjalan-jalan di Alun-alun Batu tentunya tak lepas dari berwisata kuliner dan hunting oleh-oleh. Pasar Laron ini bisa jadi alternatif untuk berwisata kuliner ataupun mencari oleh-oleh yang unik..

How to Get There

Kenyang makan Ketan di Pos Ketan Legenda dan nyusu di Rumah Susu Sudiro, akhirnya kita lanjut jalan-jalan lagi nih guys. Sambil nurunin makanan yang masih on the way ke dalam perut kita. Wkwkwk.. Sebelumnya kita udah berkeliling Alun-Alun Batu dan naik bianglala, sekarang saatnya jalan-jalan cari oleh-oleh buat keluarga di rumah. Di kawasan Alun-Alun Batu ini kalian bisa temukan sebuah pasar bernama Pasar Laron yang lokasinya pas disamping Alun-Alun Batu, tepatnya di Jalan Sudiro no 2.

pasar laron batuArea Parkir Pasar Laron

What to Do

 

Pasar Laron ini sebenernya tempat penampungan sementara para Pedagang Kaki Lima yang berjualan di Alun-Alun kota Batu. Tempat ini menjadpi tempat penampungan sementara karena nantinya para pedagang akan dipindahkan ke depan Plaza Batu dan Gor Ganesha. Kedua tempat tersebut memang disediakan untuk para PKL, tapi mereka harus mengunggu sampe kedua tempat itu siap untuk ditempati. Selagi nunggu, mereka berjualan di Pasar Laron ini.

pasar laron batu

Disebut sebagai Pasar Laron karena sesuai dengan kondisi pasar yang dipenuhi pengais rezeki. Hewan laron memiliki sifat yang selalu mendekati sumber cahaya. Hal ini sesuai dengan aktivitas yang tampak ramai saat sore hari hingga malam hari ditengah gemerlapnya lampu kota Batu.

pasar laron batu

Pasara Laron memang lebih ramai di malam hari, tapi aku pernah dateng kesini saat siang hari pun banyak juga pedagang yang membuka lapak. Keramaian pasar ini memang ngga luput dari pengaruh tempat sekitarnya yang juga ramai, yaitu Alun-Alun Batu yang memang tak pernah sepi pengunjung. Apalagi kalo kalian dateng saat weekend, pasar ini seolah tak pernah sepi pengunjung.

pasar laron batuBeberapa streetfood dan camilan khas yang dijual disini

Disini kalian bisa menemukan lebih dari 70 pedagang yang menjajakan dagangannya. Mulai dari makanan ringan,makanan berat, minuman hingga oleh-oleh khas Batu. Biasanya kalo aku kesini aku suka jajan street food, tapi karena udah kenyang, akhirnya kemaren aku hanya jalan-jalan mencari oleh-oleh yang unik. 

Beberapa oleh-oleh yang bisa kalian temukan disini seperti gantungan kunci, aksesoris, kacamata, baju dan kaos. Kalian juga bisa menemukan berbagai macam mainan anak disini dengan harga yang terangkau.

Beberapa aksesoris unik yang bisa jadi oleh-oleh

pasar laron batu
pasar laron batu
pasar laron batu

Banyak sajian kuliner yang bisa kalian cicipi disini dan yang paling terkenal adalah Lok-lok Malaysian Satay yang selalu dikerumuni pembeli. Sayangnya, pas kemaren kita mau mampir ternyata mereka udah tutup lapak. Udah kemaleman juga kali ya, aku dateng juga ngga di akhir pekan.

pasar laron batu
pasar laron batu
So, guys kalo kalian bingung mau cari oleh-oleh di kota Batu bisa langsung menuju ke Pasar Laron ini ya.

Video by Gotravelly

Tips and Trick
  • Bawa cash yang cukup ya guys.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman.
  • Kalian harus pinter nawar untuk berbelanja disini.
  • Pasar Laron buka setiap hari Senin - Sabtu mulai jam 16.00 - 24.00 & Hari Minggu mulai jam 07.00 - 24.00.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY