Berwisata Murah Meriah di Alun-Alun Kota Batu

alun alun kota batu

gizeline | Traveler
Batu, Jawa Timur, Indonesia | City Trip
12 Apr 2020


Berwisata Murah Meriah di Alun-Alun Kota Batu
Siapa bilang liburan ke Kota Batu semua wisatanya mahal? Kalian bisa kok berwisata murah meriah di Kota Batu dengan mengunjungi Alun-alunnya. Kira-kira ada apa disana?

How to Get There

Akhirnya nih, setelah sekian lama aku jalan-jalan lagi ke kota Wisata Batu. Kota Batu memang menjadi favorit wisatawan di saat berkunjung ke Jawa Timur. Kota kecil yang berada di daerah pegunungan ini memang memiliki udara yang sejuk dan juga banyak wisata yang menarik untuk dijelajahi. Salah satu wisata yang menarik di Kota Batu adalah Alun-alunnya yang tak pernah sepi pengunjung.

Alun-alun Batu ini berlokasi di Jalan Agus Salim, Kota Batu. Ngga susah buat cari Alun-alun ini karena bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Kalo dari kota Malang, kalian bisa langsung menuju kota Batu dengan melewati kampus UMM. Tapi karena kemaren kebetulan aku dan temenku stay di kawasan Kota Araya, kami akhirnya mutusin buat lewat Karanglo. Dari perempatan underpass, kalian tinggal belok kiri dan tinggal mengikuti petunjuk jalan.

alun alun kota batu

What to Do

 

Alun-Alun Kota Batu bukanlah alun-alun kota biasa yang umumnya berisi lapangan dan taman dengan berbagai macam tumbuhan. Disini, kalian akan disuguhi dengan berbagai fasilitas pendukung yang sangat keren. Ada air mancur yang cantik, playground untuk bermain anak-anak, ruang informasi yang berbentuk buah strawberry, toilet umum yang berbentuk buah apel dan yang paling ikonik adalah bianglala.

alun alun kota batu

Fyi nih guys, Alun-Alun Kota Batu adalah satu-satunya alun-alun di Indonesia yang memiliki wahana bianglala permanen. Ngga heran tiap aku mampir ke Alun-Alun Batu ini selalu ramai pengunjung mengantri untuk naik wahana bianglala. Dan Alhamdulillah, pas ke Batu kemaren aku bisa naik bianglala ini dan ngga terlalu ngantri banget karena bukan weekend.

alun alun kota batuLoket pembelian tiket Bianglala

alun alun kota batu
Antrian menuju Bianglala, ngga separah pas weekend sih guys..

alun alun kota batu
Aturan sebelum naik bianglala

Bianglala ini memiliki 17 kabin dan bisa kalian naiki dengan harga tiket sebesar Rp 5.000 aja per orangnya. Murah banget kan? Bianglala ini beroperasi mulai jam 11.00 – 12.30, 14.30 – 15.30 dan 17.00 – 19.00. Dengan menaiki bianglala ini, kalian jadi bisa menikmati indahnya kota Batu dari ketinggian. Karena aku naiknya pas malam hari, jadinya aku ngga bisa melihat pegunungan yang mengelilingi Kota Batu tapi aku tetep bisa menikmati pemandangan kota dengan kerlap kerlip lampunya yang romantis.

alun alun kota batuPemandangan dari atas Bianglala

alun alun kota batu
Kota Batu dari ketinggian

alun alun kota batu
Selain Bianglala, juga ada Merry Go Round tapi for kids only ya

Kawasan wisata Alun-Alun Batu ini memiliki memang ditujukan untu memberikan hiburan kepada masyarakat dan wisatawan yang berlibur di kawasan ini. Saat pagi hari, kawasan ini biasa digunakan warga untuk berolahraga seperti jogging atapun lari-lari kecil. Saat malam hari, biasanya lebih ramai karena alun-alun ini akan dipenuhi dengan lampu-lampu dengan bentuk yang unik.

alun alun kota batu

alun alun kota batu

Untuk soal kuliner, kalian ngga perlu khawatir akan kelaparan saat berkunjung kesini karena banyak sekali sajian kuliner khas hingga kuliner kekinian yang bisa kalian cobain. Beberapa kuliner yang wajib kalian cobain sata berkunjung kesini adalah Pos Ketan Legendadan Susu KUD.

Tak jauh dari sini, kalian bisa berkunjung ke Pasar Laron untuk mencoba berbagai kuliner dan juga oleh-oleh khas untuk keluarga di rumah.

So, kalo kalian liburan ke Kota Batu, pastikan untuk berkunjung ke Alun-Alun Batu ya guys.

Video by Gotravelly

Tips and Trick
  • Masuk ke Alun-Alun Batu sama sekali ngga dikenakan biaya. Kalian cukup bayar parkir kendaraan aja sebesar Rp 2.000 – Rp 5.000.
  • Alun-Alun Batu bisa dikunjungi setiap hari selama 24 jam.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman.
  • Jaga kebersihan tempat ini dengan ngga buang sampah sembarangan.
  • Jangan datang sendirian, ajak keluarga, pasangan ataupun teman-teman kalian.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY