252 views | 1 Likes

Kebun Strawberry Kalisat: Kebun Cantik di Kaki Gunung Ijen

5 star (from 1 people)
Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 05 March 2019, 11:57:23
pian
Tourist

Kebun Strawberry ini luasnya sekitar 1,5 hektar dan wisatawan yang datang akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan pastinya terdapat...

How to Get There

Kalo di tanya soal wisata apa yang keren di Bondowoso, jawabannya udah pasti Kawah Ijen. Nah, kebetulan Minggu lalu aku sempet explore kawasan Ijen bareng temen-temen kampus aku. Karena ngga ada persiapan buat trekking sebelumnya, akhirnya kami mutusin buat jalan-jalan di sekitar kaki Gunung Ijen dan ketemulah sama sebuah kebun strawberry di kawasan Kalisat.

Kami pun langsung menuju Gardu Atak yang merupakan pertigaan menuju Ijen. Sepanjang perjalanan, kami disuguhkan pemandangan hutan hijau yang menyegarkan mata. Jalannya sih cukup bagus guys, tapi lumayan nanjak dan berliku. Setelah sampe di pos pertama, lanjut menuju agrowisata yang jaraknya sekitar 5 kilometer aja. Tak jauh dari situ ada kebun strawberry dan sayuran.




What to Do

Kebun Strawberry ini luasnya sekitar 1,5 hektar dan wisatawan yang datang akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan pastinya terdapat hamparan tanaman strawberry yang bisa dipetik sendiri. Kebun ini dimiliki oleh PTPN XII Bondowoso dan belakangan ini menjadi perbincangan banyak warga soalnya bisa jadi alternatif wisata warga Jawa Timur, khususnya lagi warga Bondowoso. 

Tiket masuk ke kebun ini cukup terjangkau kok guys, cuma Rp 2.500 aja per orangnya. Dengan tiket segitu kalian udah bisa puas-puasin memetik strawberry dan memakannya sampe kenyang. Kebetulan kemaren pas strawberry nya lagi berbuah banyak dan besar-besar lho. Rasanya pengen aku makan aja semua. Anyway, kalo kalian mau bawa strawberry ini pulang harganya juga cukup terjangkau kok guys, harganya Rp 12.500 aja kalian udah bisa membawa pulang 250 gram strawberry organik. 

Selain strawberry, disini juga kalian bisa melihat banyak sayuran, seperti Pokchoy yang ukurannya gede-gede banget. Semua tanaman yang ada disini adalah organik ya guys, bebas pestisida, jadi sehat banget buat dikonsumsi. Termasuk strawberry tadi juga organik, jadi aman banget buat dimakan segala usia. Anyway, kemaren aku juga sempet beli pokchoy ini dengan harga murah buat oleh-oleh keluarga di rumah. Kan lumayan kalo dimasak, aku juga doyan sih sama sayuran yang satu ini.

Lelah berkeliling kebun buat petik strawberry dan belanja sayuran, aku dan teman-teman pun mutusin buat bersantai sejenak di sebuah cafe yang ada di deket pos tadi buat menikmati secangkir kopi Ijen yang rasanya mantap. Rasanya super fresh banget dengan secangkir kopi sambil melihat pemandangan hijau di depanmata serta udara khas pegunungan yang sejuk. Rasanya betah banget berlama-lama disini. 

Karena pemandangannya yang super cantik ini, jangan lupa buat mengabadikan momen ya guys bareng sahabat-sahabat kalian disini. Deretan perbukitan yang eksotis serta hijaunya tanaman di kebun ini pastinya bisa jadi background foto yang keren buat isi feed Instagram kalian. 

Overall, kebun strawberry ini bisa jadi alternatif wisata buat kalian yang berencana jalan-jalan ke Bondowoso. Jadi, setelah naik ke Gunung Ijen kalian bisa mampir sejenak di kebun ini untuk memetik strawberry dan sayuran organik. So, segera jadwalkan perjalanan ke Bondowoso yuk!

Video by Ricky Irfandi

Tips and Trick

  • Untuk menuju ke kebun strawberry ini kalian bisa naik mobil atau motor. Tapi kalian harus ekstra hati-hati soalnya jalannya lumayan berliku, apalagi kalau musim hujan jalanan sekitar sini juga licin. 
  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Ajak teman dan kerabat kalian.
  • Jangan merusak tanaman yang ada disini, soalnya nanti udah dijelasin gimana cara memetik buah dan sayuran yang benar.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Where to Stay

Arabica Guesthouse bisa jadi pilihan kalo kalian pengen bermalam disini.

Gallery (7)

Comments (2)