112 views | 2 Likes

Taman Ujung Water Palace: Istana Air Termegah Juga Penuh Sejarah

4 star (from 1 people)
Karangasem, Bali, Indonesia
Category: Historical Places

Posted on 04 March 2019, 13:17:09
clarissaputri
Sightseeing

Taman Ujung adalah salah satu tempat wisata yang ada di Bali Timur, tepatnya di Karangasem. Wisata ini cukup hits karena terkenal dengan keindahan...

How to Get There

Hai guys, finally aku jalan-jalan lagi nih! Kali ini aku mau explore Kawasan Karangasem lagi nih. Ngga tau kenapa kayaknya Karangasem ini jadi salah satu tempat favorit aku buat jalan-jalan selain Ubud. Belakangan ini juga Karangasem mulai hits dikalangan traveler, jadinya aku pengen share sama kalian. Beberapa wisata di Karangasem yang udah pernah aku kunjungi adalah Pura Luhur Lempuyang, Savana Tianyar, Danau Yeh Malet dan Virgin Beach. Semua tempat-tempat itu belakangan ini jadi hits banget lho guys! Anyway, wisata yang baru aja aku kunjungi adalah Taman Ujung Water Palace.

Taman Ujung Water Palace berlokasi di Banjar Ujung, Desa Tumbu, Karangasem. Untuk menuju kesini, dari kota Denpasar kalian butuh waktu sekitar 2 jam dengan jarak tempuh sekitar 80 km. Saran aku sih, mending kalian naik kendaraan pribadi aja menuju kesini. Kalo kalian dari luar kota, kalian bisa sewa motor atau mobil di pusat kota Denpasar dengan harga yang cukup terjangkau.

 

What to Do

Taman Ujung adalah salah satu tempat wisata yang ada di Bali Timur, tepatnya di Karangasem. Wisata ini cukup hits karena terkenal dengan keindahan tamannya yang tertata rapi jadi terlihat begitu cantik. Untuk menikmati keindahan ini pun pengunung cukup dengan merogoh kocek Rp 15.000 aja per orangnya. Harga yang menurut aku cukup terjangkau dibandingkan dengan keindahan yang tersaji didepan mata.

Taman ini menawarkan panorama padang rumput hijau dan deretan pohon palem serta berbagai tanaman hias. Ngga cuma itu guys, disini juga ada bangunan indah yang berdiri ditengah danau buatan yang dulunya biasa digunakan oleh para raja Karangasem. Sedikit cerita nih guys, konon pembangunan taman ini udah mulai sejak tahun 1909 dan baru selesai di tahun 1921. Bangunan yang ada di taman ini memiliki 3 konsep, yaitu gaya Bali, China dan Eropa.

Pantesan aja bangunan ini keren banget soalnya bangunan ini merupakan akulturasi budaya antara barat dan timur jadi nuansa bangunan ini punya corak dan gaya yang bervariasi. Bangunan ini dibangun menggunakan bahan-bahan yang berkualitas tinggi, seperti beton, ngga heran kalo bangunannya kokoh berdiri sampe sekarang. Bangunan ini didirikan sebagai tujuan untuk menjamu tamu kehormatan yang datang. 

Taman ini punya dua danau buatan dan satu kolam yang ngga kalah indah. Ketiganya dipisahkan dengan padang rumput yang luas juga akses jalan sebagai jalur untuk berjalan keliling taman. Diatas danau sebelah selatan, ada bangunan berbentuk pendopo terbuka dengan taman rumput dimana sekelilingnya adalah air. Pendopo ini dijuluki sebagai Balai Kambang. Balai Kambang ini bentuknya cukup sederhana, cuma lantai bertingkat dengan atap yang ditopang banyak tiang. Disekelilingnya ada pot berbagai tanaman yang bikin sejuk.

Untuk menuju ke Balai Kambang ini ada sebuah jembatan kecil dan akan melewati sebanyak enam gapura yang berderet, membuat kita seolah ada disebuah kerajaan. Kalian juga bisa menikmati danau buatan ini dengan mengendarai perahu lho guys, tapi kebanyak yang perahunya sih anak-anak jadi kemaren aku mengurungkan niat buat naik perahu, cukup foto-foto aja di sekitar taman ini.

Foto-foto emang jadi kegiatan yang paling wajib saat kalian berkunjung ke taman ini. Kemarin juga aku lihat ada beberapa pasangan yang lagi foto prewedding di taman ini. Keren banget deh! 

Nah, kalian yang pengen foto-foto dengan latar belakang bangunan bersejarah, aku saranin buat dateng aja langsung ke Taman Ujung ini. Ngga cuma bisa foto-foto, kalian juga bisa belajar sejarah tentang Kerajaan Karangasem jaman dulu lho. Tertarik untuk datang?

Youtube by Sonic Raga

Tips and Trick

  • Taman Ujung bisa kalian kunjungi setiap hari mulai jam 08.00 - 17.00.
  • Siapkan kamera smart phone kalian kalo pengen gratisan, soalnya kalo kalian bawa DSLR akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 50.000 per kamera.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Jangan datang sendirian, ajak keluarga dan teman kalian.

 

Gallery (6)

Comments (2)