Cantiknya Candi Arimbi / Candi Ngrimbi di Jombang Jawa Timur

candi arimbi

Effida | Explorer
Jombang, Jawa Timur, Indonesia | Historical Places
07 Mar 2020


Cantiknya Candi Arimbi / Candi Ngrimbi di Jombang Jawa Timur
Finally dapet kesempatan buat mampir ke Candi Arimbi Jombang

How to Get There

Setelah list itinerary liburan ke daerah Wonosalam Jombang udah kudatangi semua, ternyata Candi Arimbi menjadi tujuan dadakan yang kami kunjungi terakhir sebelum pulang. Awalnya nggak kepikiran buat mampir ke candi yang satu ini, tapi berhubung nggak sengaja lewat 2x dan kayaknya keren, jadi mau sekalian masuk dan review aja.

Untuk lokasinya, kalian bisa cek pake google maps yaa. Lokasinya memang nggak berada di tengah Kabupaten Jombang, tapi carinya juga nggak sulit kok. Alamatnya ada di daerah Bareng, Jombang, Jawa Timur. Kalian bisa dateng dengan menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4. Sepanjang perjalanan, kalian akan disuguhkan dengan hijaunya sawah di kanan kiri jalan. Disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada kendaraan umum untuk menuju ke Candi Arimbi.

candi arimbi

What to Do

Candi Arimbi juga memiliki sebutan lain yakni Candi Rimbi. Karena penasaran dengan bangunan candi yang satu ini, aku memutuskan untuk mampir. Untuk masuk ke Candi Arimbi, pengunjung dikenakan biaya sukarela. Yap, tidak ditentukan harga tiket masuknya. Sebelum masuk kawasan candi, pengunjung juga diharuskan lapor dulu kepada penjaga yang ada di Candi Arimbi yaa.

Meskipun tampak sepi jika dilihat dari depan, tapi di dalem Candi Arimbi cukup rame lho. Candi Arimbi merupakan candi peninggalan Kerajaan Majapahit. Candi Arimbi juga masih sangat terawat seperti beberapa candi peninggalan Majapahit lainnya yang ada di Trowulan, Mojokerto.

candi arimbi

candi arimbi

candi arimbi

Pertama masuk Candi Arimbi, yang pertama kali bikin salfok adalah tempatnya yang bersih banget. Rumput di kawasan sekeliling bangunan candi juga hijau dan terawat. Ada yang unik dari Candi Arimbi, yakni bangunan puncaknya yang terlihat setengah. Yap, kalau dilihat lebih jeli, puncak Candi Arimbi terlihat seperti hancur di setengah sisinya. Tapi meskipun begitu, Candi Arimbi tetap terlihat megah dan kokoh. Candi Arimbi dibangun dengan menggunakan batu andesit, agak berbeda dengan candi peninggalan Majapahit lainnya yang dibangun menggunakan batu bata merah.

candi arimbi

candi arimbi

candi arimbi

Bebatuan bekas runtuhnya puncak Candi Arimbi juga masih disimpan dengan baik dan ditata rapi di sekitar Candi Arimbi. Puncak Candi Arimbi dibiarkan alami dan tidak diubah. Kalau kebanyakan candi peninggalan Majapahit gak boleh dinaiki, beda halnya dengan candi yang satu ini. Pengunjung yang datang ke Candi Arimbi bisa naik sampe ke puncak. Dari puncak, pengunjung bisa melihat indahnya pemandangan di sekitar Candi Arimbi.  

candi arimbi

candi arimbi

Kalau ngomongin soal Sejarah, Candi Arimbi dipercaya sebagai pintu gerbang Kerajaan Majapahit bagian selatan. Nama Candi Arimbi juga diambil dari nama salah satu tokoh pewayangan yakni Dewi Arimbi. Oh iya, kalau kalian pengen tau lebih jelas soal sejarah Candi Arimbi, bisa tanya langsung ke bapak penjaga yaa.

candi arimbi

Pengunjung Candi Arimbi cukup beragam, tak hanya datang dari dalam kota melainkan juga dari luar kota. Sempet ngobrol juga sama beberapa mahasiswa dari Kediri yang melakukan penelitian di Candi Arimbi. Uniknya bentuk Candi Arimbi juga menjadikan banyak orang tertarik untuk berfoto dengan candi yang satu ini.

Nggak perlu jauh-jauh ke Mojokerto, Jombang juga punya Candi Arimbi yang nggak kalah keren dari peninggalan Majapahit lainnya. Sempetin mampir yaa kalo ke Jombang Jawa Timur!

Tips and Trick
  • Jangan mambuang sampah sembarangan
  • Gunakan pakaian sopan
  • Waktu tepat untuk mengunjungi adalah pagi dan sore hari
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY