Effida | Explorer
Jombang, Jawa Timur, Indonesia | City Trip
28 Feb 2020


Jombang Rasa Yogyakarta : Wana Wisata Bukit Pinus Carang Wulung Wonosalam
Nggak perlu jauh-jauh ke Yogyakarta, Jombang punya Wana Wisata Bukit Pinus Carang Wulung Wonosalam yang mirip dengan Hutan Pinus Yogyakarta!

How to Get There

Wana Wisata Bukit Pinus Carang Wulung Wonosalam – beralamat di Daerah Carangwulung, Wonosalam, Jombang. Kalian bisa datang dengan menggunakan google maps, akurat dan cukup mudah dicari lokasinya. Pas perjalanan ke Bukit Pinus Carang Wulung, aku langsung keingat sama jalanan menuju Hutan Pinus Pengger Yogyakarta hehe, seneng aja nggak perlu jauh jauh ke Yogyakarta lagi kalo pengen main ke hutan pinus.

Untuk menuju ke Bukit Pinus Carang Wulung ini hanya dibutuhkan skill nyetir yang mumpuni hihi. Jalanan yang nanjak dan berkelok jadi tantangan, tapi untungnya jalanan Wonosalam mulus dan gak rusak.

Dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan dari pusat Kabupaten Jombang. Kami berangkat sekitar pukul 6.30 pagi dan tiba di Bukit Pinus Carang Wulung pukul 7.30 pagi. Btw, Bukit Pinus Carang Wulung baru buka jam 8 jadi  ngemper 30 menit boleh lah ya wkwk.

What to Do

Sambil nunggu bapak yang penjaga tiket datang, kami memutuskan buat sarapan dulu di depan Bukit Pinus Carang Wulung. Yap, untungnya ada penjual pagi itu jadi nggak gabut banget deh. Penjual makanan berat atau warung dan beberapa jajanan tersedia di depan Bukit Pinus Carang Wulung.

Untuk masuk ke dalam Bukit Pinus Carang Wulung, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5000,- per orang. Selain itu, bagi kalian yang datang dengan menggunakan kendaraan roda 2 dikenakan biaya parkir Rp 5000,- dan roda 4 Rp 10.000,-.

wana wisata bukit pinus carang wuluh wonosalam

dari loket saja kami udah nemu quotes “melbu kuat metu sambat”, langsung mikir apakah bakal sambat beneran?

wana wisata bukit pinus carang wuluh wonosalam

pager masih di gembok-pun kami udah semangat dateng wkwk

wana wisata bukit pinus carang wuluh wonosalam

Finally setelah beberapa menit nunggu di luar aku bisa masuk ke Bukit Pinus Carang Wulung pukul 08.00 tepat hihi. Suasana hutan pinus bikin langsung keinget sama suasana Yogyakarta *dan kenangannya wkwk. Pengunjung yang dateng akan disuguhkan dengan banyaknya spot foto di Bukit Pinus Carang Wulung. Anak Jombang sering nih dateng ke Bukit Pinus Carang Wulung buat berburu foto keren. Kalian sudah pernah coba?

wana wisata bukit pinus carang wuluh wonosalam

Ini adalah spot foto pertama yang aku lihat di dekat tempat parkir. Untuk main dan berfoto di ayunan ini, pengunjung diharuskan memasukkan uang Rp 2000,- ke tempat yang sudah disediakan. Selain ayunan, ada banyak spot foto lain yang bisa kalian gunakan untuk berfoto. Ada spot kupu-kupu, rotan, sepeda terbang dan masih banyak lagi. Beberapa spotnya ada yang berbayar, tak sedikit juga yang gratis.  

wana wisata bukit pinus carang wuluh wonosalam

Nah karena lagi musim hujan dan pas aku kesana kebetulan juga baru hujan malamnya, jadi Bukit Pinus Carang Wulung Wonosalam cukup becek. Siap-siap sepatu dan sendal bakal tebel sama lumpur hihi.

wana wisata bukit pinus carang wuluh wonosalam

wana wisata bukit pinus carang wuluh wonosalam

wana wisata bukit pinus carang wuluh wonosalam

kalau nggak salah untuk naik sepeda terbang ini dibandrol Rp 25.000,-

wana wisata bukit pinus carang wuluh wonosalam

Pengunjung juga bakal menemukan banyak quotes di pohon pinus selama di Bukit Pinus Carang Wulung

wana wisata bukit pinus carang wuluh wonosalam
Fasilitas di Bukit Pinus Carang Wulung cukup lengkap mulai dari banyaknya gazebo atau tempat istirahat, tempat parkir yang luas, hingga banyaknya penjual makanan di dalam Bukit Pinus Carang Wulung. Disana juga disediakan banyak tempat sampah, so, nggak ada alasan untuk buang sampah sembarangan yaa. 

wana wisata bukit pinus carang wuluh wonosalam

Jangan lupa mampir ke Bukit Pinus Carang Wulung saat lagi ke Jombang yaa!

Tips and Trick
  • Jangan lupa bawa spray anti nyamuk : entah karena dateng kepagian atau kenapa, kemaren banyak banget nyamuk hutan yang nempel alhasil males foto-foto dan langsung capcus tujuan berikutnya.
  • Jangan membuang sampah sembarangan
  • Gunakan ootd keren sekalian ajak fotografer oke juga nih
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY