140 views | 2 Likes

Museum WR Soepratman: Rumah Bersejarah Pencipta Lagu Indonesia Raya

5 star (from 3 people)
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Category: Historical Places

Posted on 01 March 2019, 11:38:12
fauzi
Tourist

WR Soepratman adalah salah satu tokoh bangsa dan seorang pahlawan yang cukup kita kenal. Beliau adalah pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya....

How to Get There

Jalan-jalan ke Museum di Surabaya lagi nih guys. Setelah beberapa Minggu lalu aku jalan-jalan ke Museum Surabaya, kali ini aku mau jalan-jalan ke salah satu museum yang ngga kalah kerennya, yaitu Museum WR Soepratman yang berada di kawasan Tambaksari Surabaya, tepatnya di Jalan Mangga no 21, Surabaya.

Untuk menuju kesini juga jalannya ngga susah guys, kalian tinggal arahkan kendaraan menuju GOR 10 Nopember kemudian di depan GOR ada sebuah taman kota. Di taman ini kalian bisa temukan plang bertuliskan Museum WR Soepratman, nah kalian tinggal ikuti aja petunjuk plang tersebut.

What to Do

WR Soepratman adalah salah satu tokoh bangsa dan seorang pahlawan yang cukup kita kenal. Beliau adalah pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya. Beliau sempat tinggal dan kemudian wafat di Surabaya yang kemudian dimakamkan di Surabaya juga. Museum ini sebenernya adalah rumah wafat beliau yang kemudian dijadikan sebuah museum oleh Pemkot Surabaya. 

Bangunan museum ini ngga terlalu besar tapi di dalamnya menyimpan beragam cerita, foto hingga biola peninggalan beliau. Memasuki museum ini pengunjung sama sekali ngga dikenakan biaya. Museum ini bisa dikunjungi setiap hari Selasa sampai Minggu mulai jam 9 pagi sampai jam 5 sore.

Di depan museum, kalian bisa melihat patung WR Soepratman yang lumayan besar dengan membawa biolanya. Sebelum masuk ke museum, pengunjung diwajibkan membuka alas kaki. Kebetulan kemaren aku cuma dateng bertiga bareng temen-temenku dan ternyata disana kondisinya sepi pengunjung, jadi kita bisa bebas explore deh.

Masuk di ruang pertama yang merupakan ruang tamu, disini terdapat foto-foto dan artikel tentang perjalanan hidup WR Soepratman, bagaimana beliau memulai karirnya menjadi seorang pencipta lagu. Menuru ceritanya sih, beliau semasa mudanya diasuh oleh kakak iparnya yang bernama WM Van Eldik dan diajari bermain gitar juga biola. Di ruang ini juga kalian bisa melihat setelan jas milik beliau.


Di ruangan kedua yang lebih mirip seperti kamar yang kecil. Disini adalah ruangan yang menyimpan biola beliau. Biola ini bukan biola asli ya guys, tapi cuma replikanya aja. Sama seperti di ruang pertama tadi, di ruangan ini juga ada foto kenangan beliau yang merupakan hasil hibah dari keluarga. Kemaren pas main di Museum Surabaya juga disana menyimpan biola beliau.


Kemudian di ruang kedua yang juga sebuah kamar kecil, disini juga menyimpan foto-foto juga artikel tentang beliau. Selain itu, disini juga ada sebuah peta Provinsi Jawa Timur yang menunjukkan di kota mana saja ada Jalan bernama WR Soepratman. Ngga cuma itu guys, di ruangan ini juga tersimpan beberapa mata uang dan perangko yang ada gambar beliau.

Sementara itu, di bagian belakang rumah ada sebuah ruangan terbuka dimana terdapat lukisan beliau yang lumayan besar dan tulisan beliau. Disini juga kalian bisa mendengarkan diorama tentang tulisan beliau juga lagu Indonesia Raya saat pertama kali diputar. Langsung deh merinding kalo denger lagu Indonesia Raya ini. 

Fyi nih guys, lagu Indonesia Raya pertama kali diperdengarkan pada bulan Oktober 1928 saat diadakan sebuah Kongres Pemuda di Jakarta. Lagu ini sebagai sebuah perwujudan dari keinginan seluruh warga Indonesia untuk sebuah kemerdekaan. Sayangnya, beliau meninggal sebelum Indonesia merdeka, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1938, dengan sebuah keyakinan bahwa Indonesia akan meredeka. Dan bener aja, 7 tahun setelah wafatnya WR Soepratman Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945.

Museum WR Soepratman ini aku rekomendasiin buat kalian kunjungi saat traveling ke Surabaya. Disini, kita akan belajar tentang sejarah agar kita juga bisa selalu ingat tentang jasa-jasa beliau. Selain itu, dengan mengunjungi museum ini aku juga mendapatkan pelajaran bahwa untuk berjuang ternyata ngga harus dengan ikut perang, bahkan WR Soepratman pun bisa menjadi sosok pahlawan dengan lagunya yang hingga saat ini masih sering kita nyanyikan saat Upacara Bendera.

Tips and Trick

  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Jangan lupa ajak teman, keluarga juga kerabat ke museum ini.
  • Jaga kebersihan.

Gallery (11)

Comments (1)