239 views | 1 Likes

Berwisata Sejarah di Taman Wisata Goa Sunyaragi Cirebon

4 star (from 1 people)
Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Category: Historical Places

Posted on 28 February 2019, 16:22:36
redjo
Tourist

Sambil jalan-jalan dan mengetahui sejarah yang ada di Taman Wisata Goa Sunyaragi yang ada di Cirebon!

How to Get There

Lagi ada di Cirebon Jawa Barat nih. Kemanapun tempatnya, selalu nyempetin rekreasi tipis tipi, biar gap using mikiran tugas sama kerjaan mulu wkwk. Karena rekreasi kali ini sangat ndadak dan tanpa persiapan, kami rencananya mau ke tempat yang nggak jauh jauh amat dari lokasi saat ini.

Kami akan coba jalan ke suatu tempat yang terkenal dengan sebutan Taman Wisata Goa Sunyaragi Cirebon. Lokasinya ada di Jalan Brigjend AR Dharsono, Kelurahan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat. Kalau dari Terminal Bus Cirebon, kalian hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja untuk sampai di lokasi Taman Wisata Goa Sunyaragi Cirebon.

Karena kami datang dengan menggunakan mobil, alhasil kami hanya mengkuti arahan mbah google untuk sampai di lokasi Taman Wisata Goa Sunyaragi Cirebon. Kami sampai sekitar pukul 1 siang dan untungnya masih buka.

What to Do

Taman Wisata Goa Sunyaragi Cirebon ini bisa dikunjungi dari jam 8 pagi sampai jam setengah 6 sore. Perhatikan jamnya ya kalau kalian pengen mengunjungi Taman Wisata Goa Sunyaragi Cirebon ini. kalau kalian bawa kendaraan roda 2, parkir dikenakan Rp 2000,- sedangkan untuk roda 4 Rp 5000,- per kendaraannya.

Untuk masuk ke kawasan Taman Wisata Goa Sunyaragi Cirebon, kalian hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang.  Cukup murah bukan? Oh iya, di kawasan Taman Wisata Goa Sunyaragi Cirebon juga terdapat pemandu wisata yang bisa dimanfaatkan untuk bertanya ataupun akan menjalaskan tentang apapun yang ada di Taman Wisata Goa Sunyaragi ini. nah untuk pemandu wisatanya, kalian harus bayar nih, bayarnya sekitar Rp 40.000,- hingga Rp 50.000,- satu kali perjalanan.

Taman Wisata Goa Sunyaragi

Taman Wisata Goa Sunyaragi

Nama Taman Wisata Goa Sunyaragi ini memiliki asal usul lho. Yakni Sunya yang berarti Sepi dan Ragi yang berarti Raga. Sehingga Taman Wisata Goa Sunyaragi ini memiliki arti meditasi. Nggak heran kalau tempat ini masih cukup sepi dan terkesan mistis wkwk.

Setibanya di Taman Wisata Goa Sunyaragi, aku yakin sih kalian bakal ternganga liat desainnya yang keren. Taman Wisata Goa Sunyaragi emang memiliki desain atau arsitektur yang keren, nggak heran kalau banyak yang memanfaatkan tempat ini untuk berfoto karena bangunannya yang keren.

Taman Wisata Goa Sunyaragi

Taman Wisata Goa Sunyaragi

Selain melihat wisatawan dan arkeolog, aku juga ngeliat beberapa orang yang ngefoto maupun ngerecord indahnya Taman Wisata Goa Sunyaragi ini. indahnya bangunan Taman Wisata Goa Sunyaragi emang nggak bisa diragukan lagi.

Taman Wisata Goa Sunyaragi

Taman Wisata Goa Sunyaragi

Taman Wisata Goa Sunyaragi memiliki area dengan luas 15 hektar. Jangan kaget ya kalau area seluas ini semuanya memiliki aura yang mistis wkwk. Karena memang dulunya tempat ini dikhusukan untuk bersemedi para sultan. Taman Wisata Goa Sunyaragi juga pernah digunakan sebagia tempat untuk mengatur strategi perang lawan Belanda. Jadi jangan ketinggalan untuk mampir ke Taman Wisata Goa Sunyaragi ya kalau ke Cirebon!

Nggak sia sia deh liburan kali ini, selain bisa refresh otak juga dapet ilmu banyak wkwk. Kalau ke Cirebon dan bingung mau kemana, kesini aja guys!

Tips and Trick

  1. Jangan lupa bawa camera ya, karena indahnya Taman Wisata Goa Sunyaragi wajib banget diabadikan
  2. Dateng weekend aja biar seru dan nggak mistis banget wkwk
  3. Paling enak sih pakai jasa pemandu wisata, karena kalian bisa berwisata sekaligus nambah wawasan di Taman Wisata Goa Sunyaragi ini
  4. Ets, jangan mengotori kawasan Taman Wisata Goa Sunyaragi ya!
  5. Buang sampah pada tempatnya sob!

Gallery (6)

Comments (1)