109 views | 2 Likes

Berwisata Sambil Belajar di Baron Techno Park Gunung Kidul

4 star (from 2 people)
Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia
Category: Techno Park

Posted on 28 February 2019, 12:18:20
lizbeth
Sightseeing

Sebagian orang mungkin masih asing dengan wisata edukasi yang ini, pasalnya masih jarang juga pengunjung yang datang kesini, atau mungkin karena aku...

How to Get There

Saatnya menjelajah Jogja lagi! Udah lumayan lama aku ngga jalan-jalan guys, terakhir pas liburan kuliah kemaren aku pergi ke Upside Down World. Nah, kebetulan kemaren aku lagi kosong kuliah dan ngisi waktu buat jalan-jalan ke Gunung Kidul. Sebenernya aku perginya bareng temen-temen kampus dan pengen pergi ke wisata yang ada pemandangan sekaligus bisa edukasi, akhirnya kita pun mutusin buat pergi ke Baron Techno Park.

Baron Techno Park berada di kawasan pantai Parangrucuk, tepatnya di desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Jogjakarta. Aksesnya gampang banget kok guys, kalian tinggal arahkan kendaraan menuju pantai Baron dan udah banyak petunjuknya. Kalo bingung, kalian bisa tanya aja sama penduduk setempat.

What to Do

Sebagian orang mungkin masih asing dengan wisata edukasi yang ini, pasalnya masih jarang juga pengunjung yang datang kesini, atau mungkin karena aku berkunjungnya di hari kerja ya makanya tempatnya lumayan sepi. Jadi sebenernya, Baron Techno Park ini adalah kawasan dari Balai Pengkajian Dinamika Pantai atau yang biasa disebut BPDP. Balai ini dibangun di kawasan pantai sebagai tempat penelitian dan pengembangan sumber energy alternatif. Meskipun tempat ini menjadi lokasi penelitian, tapi pemandangannya keren banget. Untuk itu, akhirnya tempat ini dijadikan sebuah sarana wisata edukasi. Jadi pengunjung ngga cuma bisa berwisata tapi juga belajar.

Hal yang paling menarik perhatian adalah adanya Jam Matahari yang menjadi ikon dari Baron Techno Park ini. Bukan cuma jadi spot foto-foto yang instagramable aja, jam matahari ini juga bisa jadi media pembelajaran yang unik lho guys soalnya ada alat penanda waktu dengan mengandalkan jarum jam raksasa yang menjulang dan terkena pancaran sinar matahari itu menghasilkan bayangan. Nah bayangan ini akan menunjuk ke angka romawi yang ada di bawahnya. Bentuk dari jam matahari ini cukup sederhana sih, tapi bisa membuat kita belajar membaca waktu dengan cara yang berbeda.

Lokasi jam matahari ini punya pemandangan yang bagus banget lho soalnya menghadap ke laut bebas dan berada diatas puncak tebing karang yang menjorok ke laut. Dari sini, jangan lupa buat foto-foto dengan background laut selatan yang indah.

Selain jam matahari, disini juga ada beberapa hal yang bisa kalian pelajari sebagai wahana edukasi seperti kincir angin turbin, solar panel raksasa, tanaman energi, mesin pembangkit listrik tenaga angin dan mesin pembuat bakar alternatif. 


Hingga saat ini Baron Techno Park masih terbuka untuk umum dan sering juga dikunjungi oleh banyak kalangan. Disini kita ngga hanya dimanjakan dengan pemandangan laut lepas yang menawan, tapi pengunjung yang datang juga akan dibekali pengetahuan tentang proses dan kegunaan dari masing-masing fasilitas. Semoga kedepannya akan semakin banyak fasilitas yang bisa ditambah di Baron Techno Park ini, jadi bisa makin banyak pengunjungnya yang mau dateng.

Overall, wisata ini cukup rekomended buat kalian yang pengen banget berwisata edukasi di Jogja. Bisalah jadi alternatif wisata edukasi selain Taman Pintar Jogja. Apalagi pemandangannya yang keren ini, jadi bisa belajar sekaligus main ke pantai. So guys, jangan lupa mampir ke Baron Techno Park ya.

Video by Randibolt Channel

Tips and Trick

  • Pengunjung sama sekali ngga dikenakan tiket masuk.
  • Baron Techno Park buka setiap hari mulai jam 8 pagi sampe jam 6 sore.
  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Gunakan topi dan kacamata hitam, soalnya kalo dateng siang-siang mataharinya terik banget.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Ajak teman dan kerabat kalian buat belajar sama-sama disini.

Gallery (6)

Comments (2)