1,577 views | 1 Likes

Coban Talun

3 star (from 1 people)
Batu, Jawa Timur, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 11 November 2016, 14:36:09
nur
Sightseeing

Air terjun Coban Talun merupakan salah satu tempat wisata alam yang cukup terkenal di kota Batu.
Berlokasi di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

How to Get There

Untuk ke Coban Talun dari arah Malang kita akan melalui rute berikut:

  • Berangkat dari kota Malang menuju kota Batu.
  • Sampai di kota Batu lurus saja hingga menemui pertigaan satu arah.
  • Di pertigaan ini ambil arah ke kiri kemudian ambil lajur kanan dan belok ke kiri pada pertigaan berikutnya (arah menuju ke Jatim Park 1 dan Museum Angkut).
  • Setelah berada di perempatan Museum Angkut, belok ke kanan, ikuti jalan hingga terlihat papan petunjuk Coban Talun.
  • Setelah melewati gapura Wisata Coban Talun, lurus terus sampai tikungan ke kanan. Tibalah kita di area parkir kendaraan.

 

Setelah memarkirkan kendaraan dengan biaya parkir Rp. 4.000 untuk mobil, kami harus membayar tiket masuk seharga Rp. 7.500 per orang.

 

 

 

What to Do

Mulai dari loket pembayaran tiket, kami mulai berjalan kami. Ternyata di Coban Talun ini selain air terjun, kita dapat melihat DAM / bendungan yang indah jelita.

 

Seringkali pengunjung yang datang ke sini hanya ingin menikmati pemandangan di sekitar bendungan saja, karena lokasinya sangatlah dekat dengan area parkir, tepatnya di bawah tikungan. Untuk menuju ke bendungan, dari area parkir, kita tinggal menuruni beberapa anak tangga. Kalau debit airnya tidak tinggi, kita dapat langsung menyebrangi bendungan ini. Namun bila debit airnya tinggi, kita harus menyusuri jalan yang ada di bagian samping dari bendungan ini.

 

Untuk menuju lokasi air terjun Coban Talun sendiri, kita harus melewati bendungan ini kemudian harus menempuh perjalanan panjang dengan menyusuri jalan setapak yang ada di antara hutan pinus. Medan yang harus dilalui terbilang cukup sulit karena masih banyak semak belukar dan jalan setapak, belum ada anak tangga untuk menuju lokasi air terjun ini. Karena jalan licin, saya mencari batang pohon yang dapat saya gunakan sebagai tongkat.

 

      

 

Pemandangan yang terlihat di selama perjalanan sungguh asri, tak heran bila Coban Talun ini dapat digunakan juga sebagai area camping.

 

 

Setelah berjalan cukup lama, akhirnya suara air terjun mulai terdengar jelas. Rasa lelah berangsur menghilang, malah semangat saya tambah besar, ingin segera menikmati keindahan air terjun gitu. Dan akhirnya tiba di dekat air terjun.

 

Setelah puas mengabadikan pemandangan yang ada, saya segera bermain di kolam air terjun ini. Suasananya begitu tenang diimbangi dengan kicauan burung ini menambah kesan alami dari tempat wisata ini. Sayangnya masih terlihat beberapa sampah yang dibuang di lokasi air terjun ini.

 

Selama perjalanan seringkali saya menjumpai beberapa orang yang sedang mencari kayu bakar, ternyata ini merupakan salah satu mata pencaharian penduduk sekitar Coban Talun ini lho. Meski sudah tua, namun semangatnya luar biasa untuk mengangkat kayu-kayu ini. Luar biasa.

 

Oh iya, tempat wisata ini buka setiap hari lho, dari pukul 08.00 - 16.00 WIB.

Tips and Trick

  • Gunakan alas kaki yang kondisinya bagus (tidak licin dan tidak rusak)
  • Bawa minum, payung, topi
  • Gunakan sun block
  • Amankan barang bawaan (terutama barang elektronik) pada saat memasuki area air
  • Bawa pakaian ganti beserta handuk

 

Gallery (1)

Comments (0)