Tha Pae Gate: Gerbang Masuk Menuju Kota Tua Chiang Mai yang Bersejarah

tha pae gate

sugengcool | Traveler
Chiang Mai, Chiang Mai, Thailand | Historical Places
05 Mar 2020


Tha Pae Gate: Gerbang Masuk Menuju Kota Tua Chiang Mai yang Bersejarah
Kota Tua Chiang Mai memang memiliki banyak wisata menarik. Salah satu yang paling menarik adalah gerbang pintu masuk menuju kota tua yang sangat artistik dan juga bersejarah..

How to Get There

Hari berikutnya di Chiang Mai, satelah kami menyusuri beberapa tempat wisata wajib di Chiang Mai sepeti Baan Tong Luang, Wat Phra That Doi Suthep, Wat Suan Dok, Wat Phra Singh dan Wat Chedi Luang, akhirnya aku dan keluarga melanjutkan menuju destinasi kekinian di Chiang Mai yaitu Art in Paradise. Tapi sebelum menuju kesana, kami sempet berhenti di Tha Phae Gate karena terpesona dengan bentuk bangunannya yang sangat megah dan insgramable.

Tha Pae Gate berada di Thapar Rd, Chang Khlan Sub-district, Chiang Mai. Untuk menuju kesini, banyak transportasi umum yang bisa digunakan karena memang tempat ini adalah sebuah landmark yang cukup terkenal di Chiang Mai.

What to Do

Seperti yang aku sebutkan sebelumnya, Tha Pae Gate merupakan salah satu landmark yang cukup populer di Chiang Mai. Tha Pae adalah sebuah gerbang yang merupakan bagian dari tembok kota runtuh yang dulunya adalah benteng Kota tua Chiang Mai. Kota Tua Chiang Mai memang jadi pusat wisata guys dan Tha Pae ini adalah gerbangnya, jadi ngga heran setelah kalian memasuki gerbang ini kalian bisa menemukan banyak hotel, bar, restoran, toko souvenir hingga cafe.

tha pae gate

Tha Pae Gate Chiang Mai ini punya sejarah yang cukup panjang dan menarik untuk diulik guys. Sedikit cerita aja nih ya, saat di sekitar abad ke-13 hingga 18, provinsi ini merupakan ibukota Kerajaan Lanna. Selama pembentukan kota di abad ke-13, dibangunlah dinding dan parit yang berdekatan dan juga beberapa gerbang besar untuk melindungi kota dari serangan dari tentara Kekaisaran Mongol di dekat Burma.

tha pae gate

Karena serangan selama berabad-abad dan juga ulah pengunjung yang suka memanjat diatasnya, membuat sebagian tembok ini pun runtuh, meskipun sebagian besar bagian gerbang Tha Pae ini masih utuh. Kemudian gerbang ini pun dibangun kembali untuk tetap mempertahankan warisan Chiang Mai yang kaya. 

tha pae gate

Kalo kalian pengen melihat langsung Tha Pae Gate ini, jalanlah ke arah timur Old City Chiang Mai. Gerbang ini berada diantara Rachadmnoen Street dan Tha Phae Road. Bangunan gerbang ini cukup instagramable lho guys untuk kalian singgahi sejenak dan mengambil gambar.

tha pae gate

Setelah puas berfoto di depan Tha Pae Gate, aku dan keluarga kemudian melanjutkan perjalanan menuju destinasi selanjutnya, yaitu Art in Paradise. So guys, kalo kalian ada rencana liburan ke Chiang Mai, pastikan untuk berfoto di depan Tha Pae Gate ya guys. 

Video by Daneger and Stacey

Tips and Trick
  • Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan momen.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Pakai alas kaki yang nyaman.
  • Ajak teman atau keluarga kalian untuk datang kesini.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY