Wat Chedi Luang: Beribadah dan Menengok Sekolah Biksu di Chiang Mai

wat chedi luang

sugengcool | Traveler
Chiang Mai, Chiang Mai, Thailand | Religious Place
27 Feb 2020


Wat Chedi Luang: Beribadah dan Menengok Sekolah Biksu di Chiang Mai
Chiang Mai memang terkenal dengan wisata religi kuil. Salah satu kuil yang wajib dikunjungi adalah Wat Chedi Luang. Tak hanya ada kuil, disini kalian juga bisa melihat sekolah biksu lho..

How to Get There

Masih di seputar wisata di Kota Chiang Mai, beberapa wisatanya udah sempet aku kunjungi seperti desa wisata Baan Tong Luang, Wat Phra Doi Suthep, Wat Suan Dok dan Wat Phra Singh. Hari ini aku mau bercerita soal wisata lainnya yang wajib kalian kunjungi saat traveling ke Chiang Mai, adalah Wat Chedi Luang.

Wat Chedi Luang ini juga berlokasi di Old City Chiang Mai, tepatnya di 103 Prapokkloa Rd, Tambon Si Phum, Mueang Chiang Mai District. Kuil ini bisa kalian tempuh dengan jalan kaki sekitar 15 menit dari pintu gerbang kota lama Chiang Mai.

What to Do

Wat Chedi Luang ini berada di kawasan seluas 10 hektar dan didominasi oleh bangunan batu bata merah setinggi 30 meter. Wat Chedi Luang adalah stupa yang dibangun di abad ke-15 dan digunakan untuk menyimpan relik Buddha penting. Kondisi stupa ini sebagian emang hancur akibat gempa bumi yang terjadi berulang kali, namun hal ini justru menghadirkan nuansa misterius dan keberadaannya sangat menonjol di pusat kota yang bersejarah. 

Kuil ini memiliki bagian terpenting yaitu replika patung Buddha Zamrud yang terbuat dari batu giok. Replika Buddha ini diberikan sebagai hadiah bagi raja Thailand di tahun 1995. Dari lima patung gajah yang menghiasi bagian bawah fasad bagian selatan stupa ini, hanya oatung gajah di sisi paling kanan yang merupakan satu-satunya ukiran asli yang tersisa.

wat chedi luang

Bangunan utama kuil ini memiliki tinggi 60 meter dan lebar 44 meter. Di salah satu bagian candi terdapat sebuah bangunan vihara megah dimana di dalamnya kalian bisa menyaksikan para biksu cilik belajar ajaran sang Buddha dan menyanyikan lagu religi dengan bahasa Sansekerta. Fyi nih guys, di Thailand anak-anak kecil banyak yang masuk ke sekolah Buddhis untuk menjalani keseharian sebagai biksu.

wat chedi luang

Kalian yang datang ke kuil ini juga bisa bertatap muka dengan para biksu cilik tersebut lho guys. Bahkan, kalian juga bisa ngajak mereka ngobrol untuk mengetahui wawasan mereka. Biasanya, setelah selesai sekolah biksu ada sebuah tradisi perayaan sebagai akhir pengabdian mereka sebagai biksu cilik. 

wat chedi luang

Selain itu, kalian juga bisa mengelilingi beberapa kapel dan melihat patung Phra ChaoAttarot Buddha yang diapit muridnya. Dibelakangnya juga terdapat patung Buddha berbaring yang berukuran besar.

wat chedi luang

Tak hanya bangunan kuil, kalian juga bisa melihat pilar kota yang dibangun oleh Raja Mengrai di tahun 1296. Tapi, kalo menurut aturan agama Buddha, cuma pria yang boleh masuk paviliun untuk melihat pilar. Bangunan ini juga sempat mengalami kerusakan akibat gempa bumi, sehingga UNESCO harus merenovasi keseluruhan kompleks di tahun 1990. 

wat chedi luang

Wat Chedi Luang ini akan semakin terlihat indah saat malam hari karena semburat lampu menghiasi seluruh candi tersebut. Ngga jauh dari sini, kalian juga bisa temukan pusat kuliner yang menjual berbagai macam makanan yang menggiurkan dengan harga yang super terjangkau. 

So guys, kalo kalian ada rencana liburan ke Chiang Mai, ngga ada salahnya untuk sejenak mampir ke Wat Chedi Luang ini.

Video by Liakoth

Tips and Trick
  • Wat Chedi Luang bisa kalian kunjungi setiap hari dari pagi hingga petang.
  • Ngga ada tiket masuk, kalian cukup membayar sumbangan seikhlasnya.
  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Jaga kebersihan kuil ini dengan buang sampah pada tempatnya.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY