74 views | 2 Likes

Terpesona Indahnya Bukit Telang: Hamparan Rumput Hijaunya Bikin Seger

4 star (from 3 people)
Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 27 February 2019, 11:30:55
redjo
Tourist

Kebanyakan orang-orang sih ngga mengira kalau Kalimantan Selatan juga punya bukit sekeren ini. Awalnya saya juga ngga percaya, tapi setelah saya...

How to Get There

Hai guys, sudah lumayan lama nih ngga share cerita liburan lagi setelah terakhir kemaren saya share liburan ke Desa Adat Pampang. Sebenernya, liburan imlek kemaren saya sempet jalan-jalan dengan beberapa sodara tapi baru kali ini saya sempet nulis dan share ke kalian. Hehehe.. By the way, perjalanan saya kemaren saya pergi ke Bukit Telang.

Bukit Telang berada di Kota Pelaihari yang berjarak sekitar 65 km dari Banjarmasin. Dari Banjarmasin, kemarin kami naik mobil dan butuh waktu sekitar 2,5 jam perjalanan. Rutenya, dari Banjarmasin kami langsung menuju kota Pelaihari dan tak jauh dari gerbang selamat datang di kota Pelaihari, kami melewati Wisata Gunung Kayangan. Kemudian belok kiri menuju perkebunan sawit untuk menuju ke kawasan Bukit Lintang. Jalanan menuju pondok terakhir memang lumayan rusak guys dan beberapa titiknya juga berlubang, apalagi pas musim hujan udah pasti licin. Setelah sekitar 1 jam perjalanan, kami pun tiba di sebuah pondokan yang ada di kaki bukit. Disinilah kami memarkirkan mobil dengan biaya sekitar Rp 5.000 - Rp 10.000.




What to Do

Kebanyakan orang-orang sih ngga mengira kalau Kalimantan Selatan juga punya bukit sekeren ini. Awalnya saya juga ngga percaya, tapi setelah saya datang dan lihat sendiri bukit ini bener-bener keren. Mirip sama bukit yang ada di Sumba. Bukit Telang ini mulai dikenal kalangan traveler beberapa tahun belakangan ini sejak kemunculannya di Instagram dan saya juga ngga nyangka kalo ternyata bukit ini tempatnya ngga terlalu jauh dari rumah saya.

Untuk menuju puncaknya, tentu saja kalian harus jalan kaki dulu guys. Sepanjang perjalanan menuju puncak, pemandangan yang tersaji didepan pun sangat memanjakan mata. Ditambah lagi dengan angin khas pegunungan yang sejuk. Jadi meskipun jalur pendakian menuju puncak bukit ini ngga mudah, apalagi saat musim hujan, banyak sekali genangan air yang harus kami hindari, tapi lelahnya perjalanan ini akan terbayar nanti saat udah sampe di puncak bukit ini. Perjalanan juga jadi ngga terlalu berasa karena pemandangannya yang bener-bener indah.

Dari puncak Bukit Telang ini, saya bisa melihat hijaunya rumput yang menghiasi bukit ini. Seolah permadani hijau yang membentang. Saya jadi teringat sama acara kesukaan saya waktu kecil dulu, yaitu Teletubbies dimana mereka punya rumah yang dikelilingi bukit hijau dan mereka sering bermain di bukit-bukit hijau itu. Keren banget!

Buat kalian yang suka berpetualang di alam, jangan lewatkan kesempatan buat camping di bukit ini ya. Soalnya lokasinya asyik banget buat camping, kalo sore dari bukit ini kalian bisa menikmati indahnya sunset. Kalo malem, kalian bisa menikmati heningnya malam dengan hamparan bintang di langitnya. Sementara di pagi harinya, udah pasti kalian bisa menikmati indahnya matahari terbit. Perfect banget kan?

Sayangnya, fasilitas disini masih belum terlalu memadai. Cuma ada pondokan tempat kami parkir mobil tadi yang juga menjual berbagai makanan dan minuman ringan, seperti mie instan, kopi, teh dan lainnya. 

So guys, segera jadwalkan perjalanan kalian ke Bukit Telang ini!

Video by Wijadwiantovf

Tips and Trick

  • Buat kalian yang mau ke Bukit Telang ini, saya sarankan untuk naik kendaraan pribadi dari kota Banjarmasin menuju ke kota Pelaihari. 
  • Gunakan kendaraan yang kondisinya masih bagus juga ya guys, soalnya jalanan menuju kesini ngga terlalu bagus.
  • Saya sarankan buat dateng di musim kemarau aja.
  • Buat kalian yang mau camping, jangan lupa bawa tenda dan perlengkapan berkemah.
  • Pakai alas kaki yang nyaman.
  • Bawa perbekalan.
  • Bawa obat-obatan.
  • Bawa kamera.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Gallery (6)

Comments (2)