111 views | 0 Likes

Menikmati Indah dan Alaminya Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

0 star (from 0 people)
Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 26 February 2019, 12:53:23
icha123
Tourist

Untuk masuk ke kawasan pantai ini, pengunjung dikenakan biaya tike tantara Rp 3000,- hingga Rp 15.000,- per orang satu kali masuk. Banyak pantai di...

How to Get There

Setelah liburan ke Alamanda Flower Garden, rasanya ada yang kurang kalau nggak mantai :p

Youtube : Pribadi Andik

 

Kalau denger kata Gunung Kidul, apa sih yang kalian ingat? Kalau aku tentu aja pantai pantainya yang bikin kangen. Kawasan Gunung Kidul emang jadi kawasan yang paling dikenal dengan deretan pantainya yang indah. Kalau kalian main ke Yogyakarta dan pengen main ke kawasan pantai, Gunung Kidul adalah tujuannya guys!

Pantai yang akan kami kunjungi kali ini adalah pantai yang emang belum pernah kami kunjugi sebelumnya. Namanya adalah Pantai Pok Tunggal. Kalau denger namanya sih aku nggak asing, kayak udah pernah denger gitu ya.

Pantai Pok Tunggal berlokasi di kawasan Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Berhubung kami dateng kesini ramai bareng dengan rombongan, nggak perlu susah cari jalan deh karena pak sopir udah hafal sama jalan menuju ke Pantai Pok Tunggal.

 

What to Do

Untuk masuk ke kawasan pantai ini, pengunjung dikenakan biaya tike tantara Rp 3000,- hingga Rp 15.000,- per orang satu kali masuk. Banyak pantai di kawasan Pantai Pok Tunggal ini yang masih belum banyak dijamah, oleh karena itu, lburan di pesisir gini emang paling enak deh, asyik dan tenang aja bawaannya.

Di kawasan Pantai Pok Tunggal akan ada banyak perbukitan yang tentunya bikin mata makin meleleh akan keindahannya. Tebing tebing yang ditumbuhi dengan bebatuan maupun pepohonan juga sangat memanjakan mata wisatawan.


Ada yang pensaran nggak sama asal usul nama pantai yang satu ini? Nama Pantai Pok Tunggal diambil dari adanya satu pohon tua yang ada di kawasan pantai ini. Pohon tua yang ada di kawasan pantai ini disebut dengan Pohon Pok Tunggal atau Pohon Duras. Banyak juga yang menjadikan Pohon Pok Tunggal sebagai spot foto favorit saat berkunjung ke pantai ini.

Masih asri dan alam banget suasananya. Selain masih banyak pepohonan, kalian juga masih bisa menemukan monyet-monyet yang berlompatan di pepohonan. Unik banget dah! Ets, keran takut monyetnya masih liar, oleh karena itu kalian yang berkunjung ke pantai ini pastikan aman dari serangan monyet yaa.

Yang hobi berenang, kalian bisa melakukannya di Pantai Pok Tunggal. Kawasan pantainya masih cukup aman dan tidak berbahaya untuk berenang. Yang jelas, jangan lupa patuhi segala aturan dan arahan yang ada. Selain berenang, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan air lain seperti diving, snorkeling, dan menyelam. Yap, air disini masih sangat bening dan cukup tenang.

Buat kalian yang pernah liat foto sekilas pantai ini kalian pasti melihat payung-payung yang berjajar rapi di pinggiran pantai kan? Payung payung yang ada adalah payung yang bisa disewa sebagai tempat berteduh, sembari menikmati keindahan Pantai Pok Tunggal. Harga sewa satu payung besar ini adalah Rp 20.000,- tanpa batas alias sepuasnya yaa. Kalau kalian pengen lebih bagus dan lebih luas, ada sewa gazebo atau saung yang dibandrol dengan harga Rp 60.000,-.

Fasilitas seperti tempat makan, tempat ibadah, hingga kamar kecil sudah tersedia lengkap disini. Oh iya, penginapanpun juga udah tersedia, jadi kalian nggak perlu bingung kalau mau bermalam dengan suasana pantai di kawasan Pantai Pok Tunggal.

Bisa ngecamp? Bisa dong! Kalau mau ngecamp, pastikan kalian udah bawa alat camp lengkap ya. Untuk biaya masuk area camping dibandrol dengan harga Rp 5000,- hingga Rp 10.000,- per malam. Karena keterbatasan alat camping yang ada disini, jangan harap bakal disediain ya, so jangan lupa siapkan dari rumah!

Main ke Pantai Pok Tunggal kemaren adalah hal yang sangat asyik. Jangan lupa bawa camera biar pas pulang dapet stok foto banyak, keren, dan instagenic tentunya. Yoayoo, bisa jadi referensi kalian kalau mau liburan ke Gunung Kidul!

Tips and Trick

Jangan lupa bawa camera guys, dateng pagi lebih asyik dan seger!

Where to Stay

Banyak penginapan seperti hotel dan villa. Selain itu, yang suka ngecamp juga bisa ngecamp disini lho!

Gallery (6)

Comments (1)