85 views | 1 Likes

Art Science Museum: Kerennya Perpaduan Seni dan Sains Dalam Satu Museum

4 star (from 1 people)
Singapore, Singapore, Singapore
Category: Museum

Posted on 26 February 2019, 11:20:19
Farah
Sightseeing

Sesampainya di depan Art Science Museum, dari kejauhan museum ini terlihat seperti bunga teratai yang mekar dan arsitekturnya keliatan seperti sesak....

How to Get There

Hai guys, udah lama juga yah gue ngga sharing-sharing cerita liburan. Anyway, gue lagi liburan lagi nih ke Singapore setelah sekian lama gue ngga main ke Singapore. Kunjungan ke Singapore kali ini emang pengen jalan-jalan aja, sekalian shopping kalo lagi ada diskonan. Hehehe.. So, dari Jakarta gue berangkat bareng kakak gue dan sesampainya disana setelah check in hotel kita langsung pergi ke Art Science Museum yang merupakan bagian dari Marina Bay Sands.

Untuk menuju kesini kalian ngga usah bingung naik apa, banyak banget transportasi yang bisa kalian gunakan. Art Science Museum berada di depan Marina Bay Sands, tepatnya di 6 Bayfront Ave. Kalian yang mau naik MRT, tinggal turun di Stasiun Bayfront melalui jalur biru atau jalur kuning kemudian tinggal ikuti petunjuk Marina Bay Sands setelah sampai di stasiun. Trus lanjut deh jalan kaki. Tapi kalo kalian ngga mau ribet, tinggal pergi aja naik taxi atau grab yang bisa turunin langsung di Marina Bay Sands.




What to Do

Sesampainya di depan Art Science Museum, dari kejauhan museum ini terlihat seperti bunga teratai yang mekar dan arsitekturnya keliatan seperti sesak. Tapi ternyata didalamnya luas banget. Museum ini dibuka sejak tahun 2011 oleh Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, dan menjadi museum Art Science (Seni-Sains) pertama di dunia. Kalo kalian nginep di Marina Bay Sands Hotel, kalian bisa melihat penampakan museum ini dari kejauhan yang nampak megah, bernilai seni dan pastinya berteknologi canggih.

Untuk masuk ke Art Science Museum, pengunjung harus bayar tiket sebesar 17 SGD per orangnya. Tapi nih, gue punya tips buat kalian kalo pengen dapet harga murah, kalian tinggal bikin member cardnya Marina Bay Sands dan kalian bakal dapet tiket Art Science Museum dengan harga murah, yaitu 19 SGD buat dua orang. Bikin membernya juga gampang dan gratis kok guys, cuma tunjukin ada passport kalian di Concierge Marina Bay Sands.

Art Science Museum memang belakangan ini menjadi destinasi yang cukup ikonik di Singapura, soalnya museum ini diklaim sebagai museum perwujudan nyata dari tema art science. Disini pengunjung bebas menjelajah karya-karya kreatif seni, teknologi dan budaya warga Singapura yang ditunjukkan didalam museum ini. Museum ini memadukan seni dan ilmu pengetahuan yang didalamnya terdapat bagian khusus untuk menceritakan kisah-kisah menarik.

Spot pertama yang gue suka banget antara lain adalah Nature. Di section ini ada sebuah karya seni yang bernama Black Waves dimana seluruh dinding tembok disorot semacam proyektor yang bergerak berputar sehingga menghasilkan paparan yang menyerupai ombak yang seolah-olah berputar mengelilingi ruangan. Apalagi juga terdengar suara ombak, jadi berasa ada di pantai. Anyway, disini juga ada air terjun ala ala yang merupakan refleksi mesin proyektor. Keren banget!

Spot kedua yang gue suka adalah section town. Di section ini kalian bisa cobain mewarnai sebuah gambar yang udah disediakan, crayonnya juga udah disediakan lho, jadi kalian tinggal berkreasi deh. Setelah mewarnai, kertas kalian bisa dimasukkan ke dalam mesin scanner yang hasilnya akan muncul di layar yang super besar.

Dan spot terakhir yang gue suka adalah Space Section dimana disini bisa kalian temukan Crystal Universe. Spot ini merupakan instalasi lampu yang terbuat dari kristal dan keren banget buat foto-foto. Meskipun sebenernya bagian ini ngga terlalu besar, yang berupa sebuah lorong kecil dengan lampu kristal di kiri dan kanan kemudian juga ada musiknya. Kristal-kristal ini akan berubah-ubah warnanya, hal ini yang menjadi tempat ini begitu istimewa.


Sebenernya, selain tiga spot yang gue sebutin diatas tadi, ada banyak banget spot lain yang ngga kalah keren dan pastinya bagus banget buat foto-foto. Seperti section Scetch Aquarium, Exhibition dan masih banyak lagi lainnya.


Keren banget an Art Science Museum ini? So guys, kalo kalian main ke Singapore jangan lupa buat mampir ke museum ini ya. Beneran deh, ngga bakal nyesel!

Video by Denise Teo

Tips and Trick

Buat kalian yang mau mampir ke museum ini, gue punya beberapa hal buat diperhatikan:

  • Museum ini buka setiap hari mulai jam 10 pagi sampe jam 7 malam. Saran gue, kalian dateng agak pagi pas museum dibuka biar ngga terlalu rame dan ngga terlalu antri buat foto-foto.
  • Jangan lupa buat bawa kamera yang bagus.
  • Kalo kalian masuk kesini bawa tas ransel, disarankan buat taruh tasnya didepan aja biar ngga nyenggol kristal.
  • Jangan lupa ajak teman biar ada yang fotoin.
  • Jaga kebersihan selalu.

Gallery (11)

Comments (1)