Megahnya Wat Phra That Doi Suthep, Kuil Buddha diatas Gunung

wat phra tay doi suthep

sugengcool | Traveler
Chiang Mai, Chiang Mai, Thailand | Religious Place
08 Feb 2020


Megahnya Wat Phra That Doi Suthep, Kuil Buddha diatas Gunung
Wat Phra That Doi Suthep merupakan sebuah kuil megah yang berada diatas gunung. Konon, dibalik pembangunan kuil ini terselip kisah menarik dibaliknya..

How to Get There

Perjalanan hari kedua di Chiang Mai ini berlanjut guys. Dari desa wisata Baan Tong Luang, perjalanan kami sekeluarga berlanjut ke Wat Phra That Doi Suthep atau yang biasa dikenal sebagai Doi Suthep. 

Doi Suthep lokasinya ada di atas gunung, jadi ngga usah heran kalo jalan menuju kesana berkelok-kelok dan naik turun. Jadi, siap-siap bakal pusing sepanjang perjalanan ya.

What to Do

Setelah membeli tiket masuk, kami langsung naik ke lift menuju puncak Gunung Doi Suthep atau kalo kalian mau naik tangga juga bisa, ada tangga sebanyak 309 anak tangga. Kalo naik tangga bisa sekalian olahraga guys.

wat phra tay doi suthep

Sesampainya diatas, kalian bisa melihat suasana Chiang Mai dari atas. Pemandangannya cantik banget guys. Dari sini kalian bisa melihat keseluruhan kota Chiang Mai, bahkan kalian juga bisa melihat pesawat yang akan mendarat di Bandara Chiang Mai. Disini terdapat sebuah kuil Buddha dan juga area sembahyang. Untuk masuk ke area sembahyang ini, semua pengunjung diharapkan mengenakan pakaian sopan dan melepaskan alas kaki. 

wat phra tay doi suthepPemandangan Kota Chiang Mai dari Wat Phra That Doi Suthep

Sejarah dari kuil Buddha ini masih menjadi misteri guys, ada banyak versi cerita yang berbeda. Ada yang menyebutkan jika kuil ini ditemukan di tahun 1383, kemudian berabad-abad setelahnya kuil ini bertambah luas hingga megah seperti saat ini. Menurut legenda, seorang pendeta Buddha, Sumanathera dari Sukhothai Kingdom pernah bermimpi dimana dalam mimpinya, ia diminta untuk pergi ke Pang Ca dan mencari sebuah relik. Sumanathera kemudian pergi ke Pang Cha dan menemukan sebuah tulang.

wat phra tay doi suthep

Banyak orang yang menganggap kalo tulang tersebut adalah tulang pundak Gautama Buddha. Tulang ini konon memiliki kemampuan magis karena bisa menghilang, bercahaya dan mampu merefleksikan dirinya. 

Kemudian Sumanathera membawa relik tersebut kepada Raja Dhammaraja yang saat itu memerintah Sukhitai. Sang Raja menyajikan persembahan dan membuat sebuah ritual untuk menyambut Sumanathera. Tapi, relik tersebut memperlihatkan karakteristik yang abnormal sehingga raja meragukan keaslian relik tersebut dan meminta Sumanathera menyimpannya. Pada tahun 1368, relik tersebut dibawa ke sebelah utara Thailand atas perintah Raja Nu Naone dan sekarang dikenal dengan nama Lamphun.

wat phra tay doi suthep

Setibanya disana, relik tersebut terpecah menjadi dua. Satu potongan kecil ditanam di sebuah kuil di Suandok. Sisanya ditempatkan di punggung gajah putih yang kemudian dilepaskan di hutan. Gajah outih inilah yang dikatakan naik ke Gunung Doi Suthep. Diatas gunung ini, gajah tersebut meniup terompet sebanyak 3 kali kemudian mati. Inilah yang direpresentasikan sebagai sebuah pertanda sehingga Raja Bu memerintahkan untuk membangun sebuah kuil disana.

wat phra tay doi suthep

Banyak wisatawan ataupun umat Buddha yang datang ke Doi Suthep, entah itu untuk berwisata ataupun bersembahyang, memohon keselamatan, meminta peruntungan hingga menghaturkan persembahan. 

wat phra tay doi suthep

Well, puas berkeliling dan berfoto, kami akhirnya melaksanakan sembahyang di kuil ini. 

wat phra tay doi suthep

So guys, kalo kalian pengen main ke Chiang Mai, jangan lupa untuk singgah ke Doi Suthep ya.

Tips and Trick
  • Karena ini tempat ibadah, mohon gunakan pakaian yang sopan. Jika tidak, kalian bisa sewa kain disini.
  • Jaga ketertiban agar ngga ganggu umat yang sedang beribadah.
  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Jaga kebersihan tempat ini.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY