gizeline | Traveler
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | Historical Places
02 Mar 2020


Kampung Lawas Maspati, Destinasi Wisata Heritage Hits Surabaya
Sebagai ibukota Jawa Timur dan pusat...

How to Get There

Kampung memang kerap identik dengan kata kumuh dan padat penduduk. Namun, banyak juga kawasan perkampungan yang indah sehingga terkesan jauh dari kata kumuh, bahkan bisa menjadi objek wisata. Beberapa waktu lalu, aku sempet jalan-jalan ke Kampung Tridi Malang. Lalu sempat berpikir kira-kira di Surabaya ada ngga ya kampung secantik ini yang juga dijadikan objek wisata? Setelah searching di Instagram, akupun menemukan Kampung Lawas Maspati yang belakangan ini cukup hits di Surabaya.

Kampung Lawas Maspati ini berada tak jauh dari Tugu Pahlawan Surabaya, jaraknya sekitar 500 meter aja. Lokasi tepatnya berada di Jalan Maspati V, Bubutan, Surabaya. Karena lokasinya ada di pusat kota, ngga susah untuk menemukan transportasi menuju ke kampung wisata ini.

Memasuki Kampung Lawas Maspati ini pengunjung sama sekali ngga dikenakan biaya. Parkir motor pun gratis. Kalo parkir mobil kayaknya sih bayar guys, karena parkirnya di pinggiran jalan gitu. Nah, setelah masuk kesini, kira-kira ada apa aja?

Kampung Lawas Maspati Surabaya

What to Do

Kampung Lawas Maspati memiliki bangunan-bangunan asli perkampungan tempo dulu yang masih dipertahankan hingga saat ini. Bangunan-bangunan tua inilah yang menjadi daya tarik utama dari Kampung Lawas Maspati ini. 

Kampung Lawas Maspati SurabayaJalanan Kampung Lawas Maspati

Bangunan-bangunan tua ini tak hanya bersejarah, tapi juga cukup instagramable lho guys. Hal ini dikarenakan warga dari Kampung Lawas Maspati ini berinisiatif untuk menghias kampung mereka. Mereka gotong royong untuk membuat kampungnya menjadi kawasan yang kreatif, ramah dan edikatif sehingga mampu menginspirasi para pengunjung yang datang ke Kampung Maspati ini.

Kampung Lawas Maspati Surabaya

Kampung Lawas Maspati SurabayaSalah satu rumah tua di kawasan ini

Beberapa bangunan bersejarah yang bisa kalian kunjungi. Misalnya seperti Rumah Raden Sumomiharjo. Beliau adalah keturunan keraton Solo yang dulunya menjadi mantri kesehatan di kampung ini.

Kampung Lawas Maspati SurabayaRumah Sumomiharjo

Tak hanya itu, ada juga Sekolah Ongko Loro yang dulunya adalah bekas sekolah rakyat. Selain itu, kalian juga bisa menemukan rumah era 1907 yang dulunya digunakan oleh Pemuda Surabaya untuk menyusun strategi peperangan 10 November 1945.

Kampung Lawas Maspati Surabaya

Kampung Lawas Maspati ini juga dihiasi oleh tumbuhan obat yang berada di masing-masing teras rumah warga. Warga di kampung ini mengusung konsep penghijauan dengan menggunakan tanaman obat. Tanaman-tanaman ini nantinya akan mempunyai nilai jual sehingga bisa membantu perekonomian warga.

Kampung Lawas Maspati Surabaya

Ngga cuma itu lho guys, jalanan di kampung ini juga dihiasi dengan gambar 3D yang temanya beragam. Ngga heran kalo jalanan di Kampung Lawas Maspati ini bisa jadi spot foto yang mampu menarik minat para pengunjung. Mirip Kampung Tridi Malang kan? Berikut ini beberapa gambar yang sempet aku abadikan.

Kampung Lawas Maspati Surabaya
Kampung Lawas Maspati Surabaya
Kampung Lawas Maspati Surabaya
Kampung Lawas Maspati Surabaya

Setiap RT di kampung ini punya keunggulan tersendiri lho guys. Ada yang memproduksi makanan, minuman dan juga membuat sesuatu menjadi barang yang bernilai jual. Ada juga lho mereka yang memproduksi tumbuhan obat. Pengunjung yang datang bisa belajar membuat cincau ataupun sirup markisa. Tak hanya itu, anak-anak yang berkunjung ke kampung lawas ini juga akan dimanjakan dengan aneka permainan tradisional.

Kampung Lawas Maspati SurabayaSalah satu permainan jaman dulu, pernah main?

Ohya, buat kalian yang pengen pake guide untuk menyusuri kampung juga udah disediakan lho guys. Jadi sambil explore kalian juga bisa mendengarkan cerita sejarah dari guide yang akan menemani kalian berkeliling. 

Tertarik untuk berkunjung? Yuk segera agendakan perjalanan kalian ke Kampung Lawas Maspati.

Video by Gotravelly

Tips and Trick
  • Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah pagi hingga sore hari.
  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Jaga kebersihan kampung ini.
  • Ajak teman-teman dan keluarga kalian.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY