Menikmati Asrinya Masjid Edu Park, Gabungan Taman Edukasi dengan Religi

Masjid Agung Surabaya Edu Park

gizeline | Traveler
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | Theme Park
05 Apr 2020


Menikmati Asrinya Masjid Edu Park, Gabungan Taman Edukasi dengan Religi
Main ke Masjid Al Akbar Surabaya, jangan lupa untuk singgah di Taman Edukasi yang satu ini. Wisata asri yang menjadi gabungan dari Lingkungan dan religi..

How to Get There

Setelah turun dari Menara Masjid Agung Surabaya, aku menemukan sebuah taman kecil di sampingnya. Ukuran taman ini memang ngga terlalu besar tapi penataannya cukup baik dan sangat hijau. Taman ini masih berada dalam satu kawasan dengan Masjid Al Akbar Surabaya, untuk itulah taman ini diberi nama Masjid Edu Park.

Masjid Edu ParkTaman ini ada disebelah barat menara

What to Do

Konsepnya adalah sebuah Edu Park atau taman yang mengedukasi pengunjungnya. Jadi, Masjid Al Akbar Surabaya ngga cuma wisata religi aja guys, tapi disini pengunjung juga bisa menikmati asrinya taman yang rimbun akan pepohonan tinggi. 

Masjid Edu Park

Masjid Edu ParkPintu masuk taman

Masjid Edu Park ini dibangun dengan tujuan agar pengunjung yang datang untuk beribadah di masjid bisa sekaligus bersantai di taman ini dan belajar tentang dunia flora. Ngga cuma itu guys, kalian disini juga bisa berselfie ria lho.

Sebelum menjadi taman secantik ini, area ini dulunya adalah sebuah lahan kosong yang hanya ada beberapa pohon di beberapa sisinya. Tempat ini ngga terawat dan ngga bermanfaat, namun pihak manajemen Masjid pun berinisiatif untuk membuatnya menjadi sebuah taman rekreasi yang asri. 

Diresmikan pada 1 Muharram tahun lalu oleh Gubernur Jawa Timur, taman ini pun akhirnya dibuka untuk umum. Disini kalian bisa menikmati udara yang segar dan mengenal berbagai macam tumbuhan. Pembagian taman di taman ini pun berdasarkan fungsinya guys, dari depan ada Destinasi Toga. Di bagian ini kalian bisa melihat berbagai macam tamanam obat keluarga, seperti jahe, kumis kucing, temuireng, binahong, serre, jinten, rosela, daunt minta dan minyak kayu putih.

Masjid Edu Park
Masjid Edu Park

Destinasi selanjutnya ada Destinasi Buah. Pada bagian ini kalian bisa temukan beragam jenis buah mulai dari kelengkeng, mangga, nangka, matoa, durian, kurma, pisang, pepaya hingga sawo.

Masjid Edu Park

Lanjut, ada Destinasi Bunga. Pada destinasi ini kalian bisa melihat aneka jenis bunga seperti Melati, Puring Mahkota, Puring Teri, Pucuk Merah dan Rombusa. Bunganya cantik-cantik sih guys, tapi jangan dipetik ya.

Masjid Edu Park

Destinasi selanjutnya kalian bisa berkunjung ke Destinasi Urban Farming. Pada lahan ini kalian bisa temukan berbagai tanaman yang biasanya ditanam di kebun, seperti terong ungu, cabai dan tomat. Cabai yang ditanam disini pun berbagai macam jenis lho guys.

Masjid Edu Park

Ngga cuma itu guys, kalian juga bisa menemukan berbagai macam tanaman hidroponik di Destinasi Hidroponik. Disini ada berbagai macam tanaman hidroponik yang siap di panen, misalnya seperti selada air, pakcoy, seledri, kangkung dan sawi. Seger banget lihatnya.

Masjid Edu Park
Masjid Edu ParkSayuran Hidroponik yang siap dipanen

Ohya, Masjid Edu Park ini juga punya Destinasi Terapi lho. Kalian bisa nyobain dengan cara melepas alas kaki kalian dan berjalan diatas bebatuan untuk merasakan terapi pijatan alaminya. Ngga cuma itu, disini juga ada destinasi air mancur yang ngga kalah cantik untuk dijadikan spot berfoto.

Masjid Edu Park

Karena lokasinya berada di kawasan Masjid Agung Surabaya, di taman ini pun ada spot bernama Destinasi Ngaji Milenial. Jadi spot ini adalah sebuah lahan yang agak luas dengan beberapa kursi duduk. Spot ini biasa digunakan untuk ngaji atau mendengarkan ceramah.

Masjid Edu Park
Masjid Edu Park

Lengkap banget ya spot-spot di Masjid Edu Park ini. Makanya, kalo kalian mampir ke Masjid Agung Surabaya, pastikan untuk mengunjungi taman ini ya.

Video by Gotravelly

Tips and Trick
  • Taman ini dibuka sesuai dengan jam operasional Masjid Al Akbar Surabaya, tapi kalo saran aku sih mending kalian datengnya pas pagi atau sore hari.
  • Jangan lupa pakai pakaian yang sopan.
  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Jangan rusak tanaman yang ada disini.
  • Jaga kebersihan taman ini.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.