gizeline | Traveler
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | Religious Place
27 Mar 2020


Megahnya Masjid Al Akbar yang Jadi Kebanggan Surabaya
Liburan di Surabaya belum lengkap kalau belum mengunjungi wisata religi yang cukup ikonik ini. Masjid Al Akbar Surabaya tak hanya menawarkan tempat ibadah yang megah, tapi juga pemandangan indah

How to Get There

Sebagai ibukota Provinsi Jawa Timur, Kota Surabaya memang layak dikunjungi sebagai destinasi liburan. Banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi dan juga destinasi kulinernya yang khas untuk dicoba. Nah, ngomongin soal destinasi di Surabaya, kemaren aku sempet mengunjungi salah satu destinasi wisata religi di Surabaya yang bisa dibilang cukup ikonik yaitu Masjid Al Akbar atau yang sering disebut sebagai Masjid Agung Surabaya.

Masjid Al Akbar berlokasi di kawasan Pegesangan Surabaya Selatan, tepatnya di Jalan Mesjid Agung Timur no 1. Masjid ini juga akan terlihat dari tepi jalan tol Surabaya-Malang. 

What to Do

Masjid Al Akbar Surabaya ini berdiri diatas lahan seluas 11,2 hektar dengan ukuran bangunan 28.509 meter persegi. Masjid termegah di Surabaya ini mampu menampung kapasitas hingga 36.000 jamaah lho guys. Tak hanya itu, masjid yang mulai di bangun pada tanggal 4 Agustus 1995 ini mempunya bentuk bangunan yang sangat unik.

Masjid Al Akbar SurabayaMasjid Al - Akbar bagian depan

Salah satu keunikan dari Masjid Agung Surabaya ini adalah kubahnya. Tak seperti kubah masjid pada umumnya, bentuk kubah masjid ini menyerupai setengah telur dengan 1,5 layer yang memiliki tinggi sekitar 27 meter. Bentuk seperti menumpu pada bentuk piramida terpancung 2 layer setinggi 11 meter dengan diameter 54 meter x 54 meter. 

Keunikan lain dari masjid ini adalah corak dan ukiran kaligrafinya. Saat kalian memasuki Masjid Agung ini, kalian akan disambut dengan 45 pintu ukir dari kayu jati dan juga bedug yang ada di teras masjidnya. Lalu, ada ukiran yang di dinding masjid bernuansa kekhasan Indonesia yang cantik dan anggun. Apalagi didukung dengan konsep penerangan yang indah, jadi semakin cantik.

Masjid Al Akbar SurabayaBagian dalam Masjid

Masjid Al Akbar Surabaya
Area ibadah

Masjid Al Akbar Surabaya

Pintu Masuk Masjid

Masjid Al Akbar Surabaya

Masjid Al Akbar Surabaya
Bedug untuk penanda waktu sholat

Keunikan lain dari Masjid Al Akbar ini adalah adanya menara setinggi 99 meter. Menara ini dibuka untuk umum setiap hari mulai pagi hingga sore hari, biasanya saat jam sholat menara ini di tutup. Saat berkunjung kemarin, aku pun sempat naik keatas menara setinggi 21 lantai ini. Sebelum naik keatas, setiap pengunjung diwajibkan membayar tiket infaq sebesar Rp 7.000 per orangnya. Kemudian kalian akan diantar naik keatas dengan lift.

Masjid Al Akbar SurabayaMenara Masjid Al - Akbar dari kejauhan

Masjid Al Akbar Surabaya
Jalan menuju Menara

Dari atas menara ini, kalian bisa menikmati keindahan kota Surabaya dari ketinggian. Mulai dari rumah-rumah warga, gedung-gedung tinggi, jalan tol hingga kubah Masjid Agung itu sendiri. Indah sekali guys. Mungkin kalo kalian dateng pas sore hari sebelum matahari terbenam akan terlihat lebih cantik.

Masjid Al Akbar SurabayaPemandangan Masjid Al - Akbar dari ketinggian

Masjid Al Akbar Surabaya

Masjid Al Akbar Surabaya


Puas berkeliling dan berfoto di menara Masjid Agung ini, akhirnya aku memutuskan untuk turun dan melanjutkan perjalanan menuju sebuah taman kecil di samping menara ini. Penasaran seperti apa tamannya? Simak ulasan aku berikutnya ya.

Video by Gotravelly

Tips and Trick
    • Memasuki Masjid Agung Surabaya ini pengunjung ngga dikenakan biaya, cukup membayar parkir kendaraan aja.
    • Masjid ini buka selama 24 jam.
    • Kalian yang ingin naik keatas menara, bisa berkunjung setiap hari mulai jam 8 pagi hingga jam 4 sore.
    • Jangan lupa memakai pakaian yang sopan ya.
    • Jangan berisik dan mengganggu orang beribadah.
    • Jaga kebersihan masjid ini.

 

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY