Candi Gentong : Peninggalan Majapahit Yang Penuh Teka Teki

candi gentong

Effida | Explorer
Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia | Historical Places
05 Feb 2020


Candi Gentong : Peninggalan Majapahit Yang Penuh Teka Teki
Salahsatu Candi di Mojokerto yang wajib dikunjungi adalah Candi Gentong..

How to Get There

Candi Gentong. Denger namanya saja aku udah penasaran sama candi yang satu ini. Candi Gentong berlokasi di deket Candi Brahu. Tepatnya ada di daeah Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Yang belum tahu lokasinya, kalian bisa search pake gmaps kok.

Akses jalan menuju Candi Gentong sangat mudah dilalui. Candi Gentong juga merupakan salahsatu candi yang selalu didatengin sama wisatawan lho. Hanya butuh waktu beberapa menit dari Candi Brahu untuk menuju ke Candi Gentong.

What to Do

Beda dengan candi lain yang ada di Mojokerto, untuk masuk ke Candi Gentong pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis. Yang bikin salut adalah, meskipun masuknya gratis, Candi Gentong memiliki fasilitas yang nggak kalah dengan candi lainnya lho. Diliatnya juga keren, bersih banget!

Karena beberapa tahun lalu aku pernah ke Candi Gentong dan tutup, nah kali ini aku ga sabar banget buat masuk dan menyaksikan bentuk candi ini, akanah semegah candi lainnya?

Diantara banyak candi yang aku datengin, Candi Gentong menjadi salah satu candi yang paling bikin aku seneng hari itu. Ya bagaimana tidak, di Candi Gentong ada bapak penjaga bisa dibilang yang tahu soal candi ini lah ya. Dan disitu aku dijelasin soal sejarah banyak banget. Jadi dapet pengetahuan baru soal peninggalan Majapahit ini.

candi gentong

candi gentong

Dan untuk menjawab rasa penasaran, langsung to the point deh aku tanya si bapak “Pak, disini candinya bentuk gentong atau gimana sih?”. Bapaknya tertawa kecil dan bilang enggak hihi. Jadi, Candi Gentong ini emang nggak ada gentongnya guys. Candi Gentong juga bisa dibilang candi yang paling nggak berbentuk kalau dibanding candi lainnya. Bangunannya sudah banyak yang hancur dan pengelola candi sengaja tidak menata ulang bebatuan yang hancur. Candi Gentong sangat dijaga dan dibiarkan alami, tidak ditambah batu, maupun semen.

candi gentong

begini nih penampakan candinya, nggak berbentuk tapi seneng liatnya karena masih alami 

Seperti candi lainnya, kawasan Candi Gentong juga memiliki area hijau. Di area tersebut terdapat rumput dan pepohonan, makin adem dengan ditambah semilir angin. Betah banget berada di Candi Gentong bersama bapak yang super informatif ini.

candi gentong

candi gentong

Oh iya, Candi Gentong yang aku kunjungi merupakan Candi Gentong 1 dan 2. Kata bapaknya sih dulu dipercaya ada 4 candi yang mengelilingi Candi Brahu, yakni Candi Gentong 1, Candi Gentong 2, dan 2 candi lainnya belum ditemukan. Semoga cepet ketemu deh biar makian banyak wisata sejarah di Mojokerto.

Kalau kalian lagi ada di Mojokerto jangan lupa mampir ke Candi Gentong ini ya!

Tips and Trick
  • Datang pas weekday biar sepi hehe
  • Kalau ketemu sama bapak penjaga atau yang tahu sejarah, tanya tanya deh biar dapet ilmu gratis
  • Bawa alat dokumentasi buat kenang kenangan hehe
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY