131 views | 2 Likes

Berwisata Sejarah ke Candi Bajang Ratu Mojokerto

4 star (from 2 people)
Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia
Category: Historical Places

Posted on 19 February 2019, 16:05:21
albertak
Sightseeing

Setelah melakukan perjalanan selama kurang lebih 1 jam, sampailah kami di kawasan candi candian yang ada di Mojokerto. Sebenernya pas jaman SMA udah...

How to Get There

Weekend kemaren aku menyempatkan buat liburan nih, yah meskipun liburan deket deket yang penting liburan ya biar ngga suntuk dirumah. Liburannya kali ini nggak jauh, masih sekitar Jawa Timur dan deket rumah. Liburanku kali ini adalah meuju ke kota onde onde. Tau nggak kalian dimana kota onde onde? Iyaap, Kota Mojokerto.

Ada banyak wisata yang akan aku kunjungi disana, salahsatunya adalah candi candi an. Ada banyak candi sih sebenernya di Kota Mojokerto ini, banyak sejarahnya juga. Tujuan pertama di Mojokerto, aku akan mengunjungi Candi Bajang Ratu sebagai awalannya. Di sekitar Candi Bajang Ratu juga banyak candi candi peninggalan Majapahit lainnya. Tapi kali ini Candi Bajang Ratu dulu deh.

Untuk menuju kesini, aku dan rombongan berangkat pagi setengah siang, dengan menggunakan kendaraan roda 2, backpackeran ceritanya wkwk. Jalanan menuju ke Candi Bajang Ratu ini cukup sepi jadi nggak macet deh saat menuju kesini. Lokasi Candi Bajang Ratu cukup mudah dicari, kami menggunakan bantuan googlemaps dan papan penunjuk jalan. Saking banyaknya wisata bersejarah di Mojokerto, akan banyak sekali papan penunjuk jalan yang kalian liat, jadi kemungkinan tersesat sangat kecil wkwk.

What to Do

Setelah melakukan perjalanan selama kurang lebih 1 jam, sampailah kami di kawasan candi candian yang ada di Mojokerto. Sebenernya pas jaman SMA udah pernah main ke Candi Bajang Ratu, tapi berhubung waktu itu lagi ada aara, jadi pengunjung nggak boleh masuk. Maka dari itu saya memutuskan buat kesini lagi karena masih pensaran wkwk.

Kami sampai sekitar pukul 11 siang, masih cukup sepi padahal weekend. Masuk ke Candi Bajang Ratu seakan pengen belajar sejarah dan mengulik sejarahnya nih. Candi Bajang Ratu memiliki bentuk menyerupai gapura, yang konon katanya digunakan sebagai pintu belakang Kerajaan Majapahit.

Untuk masuk ke Candi Bajang Ratu, pengunjung perlu membeli tiket yang dibandrol dengan harga 300 rupiah per orang. Cukup murah bukan? Kawasan Candi Bajang Ratu memiliki kebersihan yang sangat dijaga, untuk itu kalian juga wajib ikut menjaganya ya!

Meskipun nggak begitu paham soal sejarah khususnya candi candian, aku dan rombongan tetep menikmati liburan kali ini wkwk. Candi Bajang Ratu ini bisa dimasuki sebenernya, tapi berhubung mungkin untuk menjaga, kali ini kami nggak bisa masuk ke tengah kawasan Candi Bajang Ratu ini.

Candi Bajang Ratu memiliki arsiterktur yang unik, dengan berbagai relief dengan banyak makna, Candi Bajang Ratu terkesan elegan. Susunan bebatuan yang membentuk candi ini juga masih terlihat sangat jelas. Meskipun tumpukan batu yang membentuk candi ini sudah agak keropos tapi masih terlihat kokoh kok. Banyak juga yang datang ke Candi Bajang Ratu sambil membawa camera dan catatan, seperti arkeolog atau apa itu sebutannya wkwk.

Main ke Candi Bajang Ratu nggak hanya dapet ilmu sejarah aja kok. Pengunjung masih bisa melakukan banyak hal lain. Hal yang bisa kalian lakukan di kawasan Candi Bajang Ratu ini salahsatunya adalah berfoto. Pengunjung bisa memanfaatkan banyak spot foto yang ada. Kawasan Candi Bajang Ratu ini cukup luas, hamparan rumput dan tanaman juga bikin Candi Bajang Ratu terkesan seger. Menikmati angin di Candi Bajang Ratu emang merupakan hal yang mengasikkan, luasnya kawasan Candi Bajang Ratu menjadikan angin semilirnya makin kerasa wkw. Dengan perawatan yang baik, Candi Bajang Ratu bisa berdiri gagah hingga sekarang.

Tips and Trick

Jangan lupa siapkan camera dan buku catatan, berjati-hatilah di jalan dan jangan membuang sampah seembarangan.

Selamat berwisata sejarah!

Youtube : Abna Dian

Gallery (5)

Comments (2)