107 views | 1 Likes

Mengintip Dari Dekat Perkampungan Suku Baduy. Etnik Banget!

5 star (from 2 people)
Pandeglang, Banten, Indonesia
Category: Meet Locals

Posted on 19 February 2019, 11:02:54
stella
Sightseeing

Perkampungan Suku Baduy ini emang udah lama banget ada di Bucket list gue dan baru tahun ini bisa sampe disini. Rasanya masih belum percaya akhirnya...

How to Get There

Akhirnya setelah sekian lama gue ngga jalan-jalan nih guys. Suntuk banget sama kerjaan, akhirnya gue mutusin buat ambil cuti buat jalan-jalan ke Banten bareng sama temen-temen SMA gue. Anyway, Banten memang baru aja kena musibah Tsunami dan sedang dalam proses recovery, tapi kali ini gue ngga mau main ke pantainya kok, melainkan ke sebuah perkampungan Suku Baduy. Pasti udah pada tahu donk ya sama Suku Baduy ini, soalnya Suku Baduy udah terkenal mendiami sebuah perkampungan di Banten dan hingga saat ini masih teguh memegang adat mereka. 

Untuk menuju ke Baduy, gue dan temen-temen menuju Stasiun Rangkasbitung. Kalo kalian dari Serang, butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan naik kereta Rangkasjaya. Gue saranin naik kereta soalnya selain lebih efisien, kalian juga bisa menikmati keindahan alam Banten. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan menuju terminal Rangkasbitung dengan elf. Perjalanan ini butuh waktu sekitar 1,5 sampe 2 jam. Sebelum sampai Desa Kanekes, elf akan melewati beberapa Kampung Baduy luar dan Taman Nasional Ujung Kulon Pandeglang.

Setibanya di Cibolger akan disambut dengan pemandu lokal yang akan mengantarkan wisatawan ke pintu gerbang Desa Kanekes Banten. Setelah ini, perjalanan akan dilanjutkan dengan jalan kaki. Meskipun terasa melelahkan, tapi pemandangan kampung ini keren banget.




 

What to Do

Perkampungan Suku Baduy ini emang udah lama banget ada di Bucket list gue dan baru tahun ini bisa sampe disini. Rasanya masih belum percaya akhirnya gue menginjakkan kaki di salah satu wisata budaya adat dari banyaknya budaya adat di Indonesia. Suku Baduy berasal dari daerah Banten dan lokasinya ada di pedalaman kaki pegunungan kendeng. Karena lokasinya ada di pegunungan, pastinya Kampung Baduy dalam punya udara yang sejuk khas pegunungan.

Keunikan dari kampung Baduy ini adalah keadaan alamnya yang masih terjaga, namun kearifan lokal adat istiadat kampung Baduylah yang menjadi daya tarik utama pariwisata disini. Jadi, pas baru mulai perjalanan dengan jalan kaki, gue lihat rumah-rumah suku Baduy luar dan bisa foto-foto sama masyarakatnya kalo pas ketemu. Rumah-rumah di perkampungan Baduy ini terbuat dari bambu dan ijuk serta semua rumah menghadap ke arah yang sama. Berjalan terus, gue akhirnya tiba di jalanan yang agak sedikit berbatu dan naik turun. Disini juga gue banyak melewati sungai kecil dan lumbung milik Suku Baduy.


Sebelum memasuki perkampungan Baduy dalam, gue ngelewati sebuah jembatan kayu yang ngga terlalu lebar. Wilayah ini masih alami banget dan lebih sepi dibandingkan wilayah Baduy luar. Di wilayah ini gue bisa melihat perbukitan yang masih hijau dan sungai yang masih jernih.  


Ohya, Suku Baduy ini terbagi menjadi dua, yaitu Suku Baduy Dalam dan Suku Baduy Luar. Suku Baduy dalam adalah mereka yang masih memegang teguh adat istiadat secara utuh. Mereka sama sekali ngga menerima adanya pengaruh modernisasi dan beberapa peraturan yang harus ditaati oleh Suku Baduy dalam adalah ngga diperbolehkan menggunakan kendaraan dan ngga boleh pakai alas kaki. Pantes aja wisatawan yang datang diwajibkan jalan kaki.

Sementara Suku Baduy Luar, masyarakatnya memang masih memegang adat istiadat namun mereka juga terkontaminasi oleh budaya modern. Kebanyakan mereka udah kenal teknologi dan lebih maju dibandingkan masyarakat Baduy dalam. Dari segi pakaian pun mereka cenderung menggunakan pakaian gelap yang melambangkan kalo mereka udah ngga suci lagi. Sementara Suku Baduy dalam adalah kebalikannya, masyarakat Suku Baduy dalam menggunakan pakaian putih yang melambangkan bahwa mereka masih suci dan masih mempertahankan adat istiadat.

Tertarik mengunjungi kampung Baduy ini guys? Segera jadwalkan yuk :)

Video by Netmediatama

Tips and Trick

Sebelum kesini, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan nih guys:

  • Karena dilarang menggunakan kendaraan dan haru jalan kaki, siapkan fisik dan tenaga yang cukup ya.
  • Gunakan juga baju dan alas kaki yang nyaman.
  • Bawa obat-obatan pribadi, soalnya pertolongan pertama di kampung ini adalah obat-obatan tradisional.
  • Kalo kalian berencana buat nginep disini, jangan lupa bawa bahan makanan sendiri. 
  • Wisatawan harus menghormati sumber air disini. Diperbolehkan mandi, tapi ngga boleh menggunakan barang yang mengandung detergen.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Jangan sampai meninggalkan barang-barang.
  • Dilarang mengambil gambar di sekitar kampung Baduy dalam.

Gallery (8)

Comments (2)