94 views | 0 Likes

Ngarai Sianok, Wisata Andalan Bukittinggi Selain Jam Gadang

5 star (from 1 people)
Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 18 February 2019, 11:15:47
sendi
Tourist

Ngarai Sianok adalah wisata yang wajib banget dikunjungi kalo kalian lagi jalan-jalan ke Sumatera Barat. Menjadi wisata utama di Bukittinggi,...

How to Get There

Bukittinggi memang salah satu kota favorit saya dan saya ngga pernah bosen buat mengeksplore keindahannya. Awal bulan lalu, saya sengaja mengambil cuti untuk jalan-jalan lagi ke Bukittinggi, kota dimana kakek nenek saya tinggal. Terakhir saya pergi ke Bukittinggi, saya sempet mengunjungi beberapa tempat wisata seperti Goa Jepang dan Fort De Kock. Nah, kali ini saya juga akan mengunjungi wisata yang lokasinya masih deket situ, yaitu Ngarai Sianok. Pasti udah pada tau kan sama wisata yang satu ini? Soalnya wisata ini menjadi ikon kota Bukittinggi setelah Jam Gadang.

Turun dari Bandara Padang, perjalanan saya lanjutin dengan transportasi darat menuju Bukittinggi yang memakan waktu sekitar 2 jam. Ngarai Sianok terletak tak jauh dari pusat kota Bukittinggi, dari pusat kota pun banyak sekali angkutan umum yang bisa kalian temukan yang memiliki tujuan ke Ngarai Sianok. Tapi karena saya stay di rumah nenek, jadi saya diantar dengan paman saya dengan kendaraan pribadi. Lumayan menghemat ongkos lah. Hahaha!




 

What to Do

Ngarai Sianok adalah wisata yang wajib banget dikunjungi kalo kalian lagi jalan-jalan ke Sumatera Barat. Menjadi wisata utama di Bukittinggi, pastinya Ngarai Sianok punya pemandangan keren dan sayang banget buat dilewatkan. Untuk menikmati keindahan ini, pengunjung cukup membayar retribusi sebesar Rp 4000 aja per orangnya. Harga tiket masuknya memang terjangkau banget guys, tapi pemandangannya bener-bener priceless.

Ngarai Sianok menyajikan pemandangan yang indah sekali. Dengan kedalaman jurang 100 meter yang membentang sepanjang 15 kilometer dengan lebar sekitar 200 meter. Ngarai Sianok merupakan patahan yang memisahkan pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang yang disebut Patahan Semangko. Pada sepanjang patahan ini dindingnya sangat curam dan tegak lurus membentuk lembah hijau yang merupakan hasil gerakan turunnya kulit bumi. 

Ngarai Sianok juga dikenal sebagai Lembah Pendiam, julukan ini disematkan karena suasananya sangat tenang dan damai. Bahkan pada era kolonial Belanda, Ngarai Sianok dikenal sebagai Kerbau Sanget karena banyaknya kerbau liar yang berada di dasar ngarai. 

Menurut saya, tempat ini cocok banget buat menikmati udara segar karena hawanya sejuk dan udaranya masih bersih. Rasanya beban pikiran terlepas sejenak dan rasa lelah karena rutinitas sehari-hari juga menguap. Karena banyak pepohonan, kalian juga bisa mendengar kicauan burung dan suara gemericik air sungai yang bikin tenang.

Selain menikmati udara di Ngarai ini, kalian juga bisa menjelajahi Sungai Sianok dengan menggunakan kano atau kayak. Rute yang bisa ditempuh adalah dari Nagari Lambah hingga Jorong Sitingkai Nagari Palupuh dengan waktu tempuh sekitar 3,5 jam. Cukup melelahkan, tapi pemandangannya luar biasa keren. 

Sementara itu, pada bagian tepi Ngarai, kalian bisa menjumpai berbagai Flora dan fauna seperti tanaman obat-obatan dan bunga langka yang terkenal itu, yaitu Rafflesia. Fauna yang hidup bebas disini antara lain monyet ekor panjang, macan tutul, simpai, tapir dan masih banyak lagi lainnya.

Keren banget kan Ngarai Sianok ini? So, kalo kalian main ke Sumatera Barat wajib banget mampir ke wisata andalan Bukittinggi ini. Dijamin bakal betah!

Video by arie marmata

Tips and Trick

  • Kalian yang datang dari luar kota, saya sarankan untuk sewa kendaraan dari Kota Padang atau Bukittinggi untuk menghemat waktu.
  • Jangan lupa bawa perbekalan seperti makanan ringan dan air mineral.
  • Bawa kamera.
  • Pakai alas kaki yang nyaman karena kalian akan trekking disini.
  • Cicipi Kuliner khas Bukittingi di warung-warung makan yang ada di sekitar Ngarai Sianok.
  • Jaga kebersihan.
  • Selalu berhati-hati.

 

Gallery (6)

Comments (1)