148 views | 2 Likes

Air Terjun Tanggedu, Grand Canyon ala Sumba Timur

4 star (from 2 people)
Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 15 February 2019, 15:04:35
icha123
Tourist

jernihnya aliran air di Air terjun Tanggedu Sumba Timur.

How to Get There

Sumba Timur, masih menjadi lokasi yang bikin aku jatuh hati. Gimana tidak? Ada banyak sekali wisata di Sumba Timur yang bikin aku seneng dan males pulang kalo udah disini wkwk. Nama lokasi yang akan aku kunjungi kali ini adalah Air Terjun Tanggedu. Lokasi tepat dari Air Terjun Tanggedu ini ada di kawasan Desa Ndapayami, Kecamatan Kaanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Dari pusat Kota Sumba Timur, kami membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai di Air Terjun Tanggedu, kurang lebih 2,5 jam. Jarak yang ditempuh berkisar 63 kilometer. Meskipun memakan waktu yang lama, aku ngga bosen karea udara dan pemandangan Sumba emang canteek.

Jalanan yang dilalui dari pusat Kota Sumba Timur menuju ke Air Terjun Tanggedu ini cukup baik. Tapi beberapa kilometer didekat Air Terjun Tanggedu, pengunjung akan sesekali melewati jalanan yang berlubang dan sulit dilalui.

Yang belum pernah kesini, bisa tanya rute ke mbah google yaa. Berhubug aku lagi ikutan tour kantor, jadi tinggal ngikut aja deh tanpa paham arah jalan haha.

What to Do

 

Setelah melalui perjalanan yang cukup panjang, tibalah kami di kawasan Air Terjun Tanggedu. Seperti biasa, sebelum masuk ke kawasan Air Terjun Tanggedu, pengunjung diharuskan membeli tiket masuk. Nggak mahal kok, hanya dibandrol dengan harga Rp 5000,- aja per orangnya. Cukup terjangkau ya?

Setelah membeli tiket, tentunya pengunjung harus berjlalan kaki dengan medan yang cukup berat. Ini nih yang jadi hal penting, pastikan fisik kalian kuat ya. Siapkan fisik dulu dan pastikan kalian dalam kondisi fit, biar bisa menikmati indahnya Air Terjun Tanggedu dengan puass wkwk.

air terjun tanggedu sumba timur

air terjun tanggedu sumba timur

Air Terjun Tanggedu terkenal memiliki pemandangan yang cantik banget. Nggak heran kalau tempat yang satu ini banayk dikunjungi fotografer dan para pecinta fotografi. Melewati jalan setapak menuju ke Air Terjun Tanggedu pun nggak melelahkan, kalian akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan di kanan kiri jalan sebelum tiba di lokasi.

Uweee, soal indahnya Air Terjun Tanggedu ini jangan diragukan lagi. Air Terjun Tanggedu memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Aliran airnya super jernih banget. Bisa sejernih itu ya. Aliran air terjun yang jatuh ke bawah seakan memiliki warna biru gitu, saking jernihnya sungai di Air Terjun Tanggedu ini berwarna biru.

air terjun tanggedu sumba timur

air terjun tanggedu sumba timur

Selain aliran airnya yang jernih, suasana di Air Terjun Tanggedu ini masih alam banget. Cocok buat kalian yang lama nggak ngerasain wisata alam, main ke Air Terjun Tanggedu sangat mengasyikkan. Menghirup udara tanpa polusi disini nih tempatya. Kalau Sumba mah udah jadi surganya wisata ya!

Banyak juga yang menyebut Air Terjun Tanggedu sebagai Grand Canyon nya Indonesia. Bagaimana tidak? Tebing tebing yang ada di kawasan Air Terjun Tanggedu ini emang mirip banget sama yang ada di Grand Canyon. Asli, apik banget deh kalau dibuat lokasi foto. Kalau udah main kesini, jangan lupa smepatkan untuk main air ya wkwk.

air terjun tanggedu sumba timur

air terjun tanggedu sumba timur

Membawa camera ke Air Terjun Tanggedu adalah hal yang wajib mungkin ya. Karena indahnya Air Terjun Tanggedu emang wajib banget diabadikan. Banyak spot yang bisa kalian pake untuk berfoto, jangan foto cuma satu ya, rugi jauh jauh kesini wkwk.

Pulangnya, jangan lupa beli oleh oleh khas kawasan Sumba Timur ya. Kalau ke Sumba Timur, kalian jangan lupa mampir ke Air Terjun Tanggedu ini ya!

 

Tips and Trick

  1. Jangan lupa bawa camera
  2. Siapkan kondisi tubuh yang fit 
  3. Video by TRANS TV Official

Gallery (6)

Comments (2)