78 views | 0 Likes

Mengulik Peninggalan Majapahit di Candi Brahu Mojokerto

0 star (from 0 people)
Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia
Category: Historical Places

Posted on 22 January 2020, 16:00:00
Effida
Traveler

Candi Brahu menjadi salah satu tujuan yang wajib dikunjungi di Mojokerto. Peninggalan Majapahit yang satu ini masih sangat indah dan terawat!

How to Get There

Liburan kemaren, aku nyemepetin dateng ke kota tetangga yakni Mojokerto. Niatnya sih mau jalan sekaligus kulineran. Setelah nyobain Wader Bu Tin dan dateng ke Candi Tikus, aku melanjutkan perjalanan menuju ke arah Candi Brahu, Candi Gentong, Budha Tidur, dll.

Tujuan kali ini adalah ke Candi Brahu. Candi Brahu beralamat di daerah Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Letaknya juga masih cukup dekat dengan situs peninggalan Majapahit lainnya.

Perjalanan dari Candi Tikus menuju ke Candi Brahu ditempuh dengan waktu kurang lebih 10 menit perjalanan. Pengunjung bisa mendatangi Candi Brahu dengan berbagai macam transport, mulai dari motor, mobil, hingga bus. Jalan menuju Candi Brahu sangat bagus dan mulus, nggak perlu khawatir deh.

What to Do

Setibanya di Candi Brahu, kami langsung memarkir kendaraan di tempat yang telah disediakan. Untuk kendaraan roda 2 dikenakan tarif Rp 2000,- untuk parkir. Jarak tempat parkir ke candi juga nggak jauh kok, tepat ada di depan gerbangnya. Kalau weekend, parkiran Candi Brahu ini rame dengan pengunjung yang banyak datang dari luar kota. 

Sebelum menikmati indahnya Candi Brahu, pengunjung harus membeli tiket yang dibandrol Rp 3000,- per orang. Cukup terjangkau bukan? Harga tiket di kawasan Trowulan memang rata rata ramah di kantong.

candi brahu mojokerto

candi brahu mojokerto

Masih sama seperti candi lainnya, Candi Brahu juga memiliki hamparan rumput luas di sekitar candinya. Jam berkunjung yang pas untuk dateng kesini memang pagi atau sore hari sih, dan berhubung aku dateng sekitar pukul 1 siang alhasil panas bangettt.

Meskipun panas, tak surut niat kami buat mengabadikan indahnya peninggalan Majapahit ini. Candi Brahu memiliki desain yang unik dan yang jelas beda dengan candi lainnya. Penataan batu bata yang membentuk candi ini juga masih sangat alami. Batu bata ditata tanpa menggunakan semen. Hebat ya orang orang jaman dulu, hihi.

candi brahu mojokerto

candi brahu mojokerto

Hingga saat ini juga masih terdapat sesajen di tangga Candi Brahu. Masih kental akan budaya.

candi brahu mojokerto

Keren banget bebatuannya, rapih dan masih bertahan hingga saat ini

Sekitar tahun 2009, aku pernah kesini dan kalau dilihat fotonya sih kondisi candi ini masih sama seperti waktu aku kesini 10 tahun lalu. Hamparan rumputnya juga masih hijau dan rapi. Pengelolaan candi candi di Trowulan memang patut diacungi jempol, keren!

Pengunjung dilarang naik ke Candi Brahu, mungkin itu menjadi salah satu penyebab Candi Brahu masih cantik dan bisa dinikmati dinikmati hingga saat ini. Selain itu, kebersihan di candi ini juga sangat terjaga. Hampir nggak melihat sampah berserakan di sekitar candi ini.

candi brahu mojokerto  candi brahu mojokerto

Candi Brahu juga biasa digunakan sebagai spot photoshoot hingga prewed. Udah nggak perlu diragukan lagi soal keindahannya kan? Kalau belum pernah, langsung coba mengunjunginya ya!

Tips and Trick

  • Datang pagi atau sore hari
  • Kalau mau sepi, dateng pas weekday ya
  • Patuhi peraturan yang ada
  • Jangan rusak fasilitas atau apapun yang ada di sekitar Candi Brahu
  • Jangan membuang sampah sembarangan..

Gallery (7)

Comments (0)