187 views | 1 Likes

Indahnya Pantai Alau Alau Kalianda, Pantai Pasir Putih Terindah Di Lampung

4 star (from 1 people)
Lampung Selatan, Lampung, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 15 February 2019, 11:29:48
Melanie
Tourist

Sama halnya dengan pantai-pantai lainnya, Pantai ini juga punya ciri khasnya tersendiri. Hamparan pasirnya yang berwarna putih dan halus, jadi...

How to Get There

Udah lama banget ngga liburan bareng temen-temen. Terakhir kemaren saya pergi liburan bareng mereka ke Pantai Tanjung Setia, dan bulan depannya saya explore pantai di Lampung lagi nih guys. Seperti yang udah saya ceritain sebelumnya, Lampung punya banyak banget wisata pantainya dan ngga kalah keren sama pantai-pantai yang ada di Bali. Salah satu pantai keren yang pernah saya kunjungi adalah Pantai Alau Alau Kalianda yang ada di Lampung Selatan. Fyi, saya pergi ke pantai ini sekitaran awal Bulan Desember 2018 dimana Tsunami masih belum menerjang pantai ini. Saat ini, pantai ini masih dalam proses recovery.

Lokasi Pantai Alau Alau Kalianda ini berada di sekitar 37 km dari Pelabuhan Bakauheni atau sekitar 65 km dari Terminal Rajabasa Bandar Lampung dan 82 km dari Bandara Radin Inten 2 Lampung. Saran saya sih, kalau kalian ngga pengen ribet, mending naik kendaraan pribadi aja menuju ke pantai ini, tapi kalo mau naik transportasi umum saat ini juga udah mulai banyak tersedia.

Rute yang bisa kalian pilih untuk menuju ke pantai ini dengan kendaraan pribadi, langsung aja arahkan kendaraan kalian menuju Kota Kalianda hingga tiba di pertigaan dan jalan lintas Sumatera, belok kiri dan masuk ke jalan 2 jalur. Setelah ketemu dengan kantor Bupati Lampung Selatan, nah dari situ kalian akan menemukan petunjuk jalan menuju ke pantai ini. 

Kalo kalian naik kendaraan umum, dari Pelabuhan Bakauheni, kalian bisa naik bus menuju Rajabasa dan turun di pertigaan Kota Kalianda. Dilanjutkan dengan naik ojek yang mangkal dipertigaan itu menuju ke lokasi pantai.




What to Do

Sama halnya dengan pantai-pantai lainnya, Pantai ini juga punya ciri khasnya tersendiri. Hamparan pasirnya yang berwarna putih dan halus, jadi pengunjung bisa betah banget berlama-lama disini. Sementara itu, diujung pasirnya ada jajaran batu karang yang indah dan juga berfungsi untuk memagari bibir pantai. 

Karena ada banyaknya batu karang yang mampu menahan ombak, membuat ombak di pantai ini jadi ngga terlalu besar. Jadi kalian bisa berenang atau bermain air di pinggir pantai ini. Tapi meskipun begitu, kalian juga harus tetap hati-hati ya guys. Kegiatan lainnya yang bisa kalian lakukan di pantai ini adalah bermain pasir atau bermain voli pantai. Atau sekedar bersantai di pinggir pantai aja udah seru kok guy, kalian bisa duduk-duduk diatas pasir sambil menghirup udara khas pantai dan dengerin suara ombak.

Keindahan lain yang ditawarkan oleh Pantai Alau Alau Kalianda ini selain pasirnya yang berwarna putih dan air lautnya yang berwarna biru adalah pemandangan gunung yang terlihat dari kejauhan. Dari bibir pantai, kalian bisa melihat megahnya Gunung Krakatau. Pastinya jangan lupa untuk menjadikannya sebagai background foto yang keren ya guys.

Kalo main ke pantai, tentunya jangan sampai melewatkan pemandangan sunset dan sunrisenya. Apalagi Pantau Alau Alau Kalianda ini terkenal memiliki spot matahari terbenam yang indah. Kebetulan kemaren saya dan teman-teman memutuskan untuk bermalam di pantai ini karena ngga pengen melewatkan keindahan sunset dan sunrise di pantai ini.

Saya pun menyarankan kalian buat bermalam di pantai ini, kenapa? Soalnya pantai ini indah banget dan fasilitasnya juga udah lengkap. Disini ada cottage yang bisa kalian sewa dengan harga yang cukup terjangkau dan fasilitasnya juga lengkap, mulai dari tempat tidur yang nyaman, ac, tv, lemari es dan kamar mandi. Tapi kalo kalian ngga pengen nginep di cottage, kalian juga bisa camping seru bareng temen-temen.

Gimana guys? Tertarik buat main ke Lampung? Jangan lupa buat mampir ke Pantai Alau Alau Kalianda ini ya.

Video by Putri Nova - Kitting

Tips and Trick

  • Tiket masuk pantai ini sekitar Rp 10.000 per orang.
  • Saya sarankan untuk bawa kendaraan pribadi, kalau kalian dari luar Lampung kalian bisa sewa kendaraan di pusat kota.
  • Karena kawasan pantai ini mataharinya lumayan terik, jangan lupa untuk pakai sunscreen, kacata hitam dan topi.
  • Bawa baju ganti dan perlengkapan mandi.
  • Bawa bekal.
  • Bawa action cam.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

 

Gallery (7)

Comments (2)